Usaha Tanpa Disertai Doa Akan Gagal, Kenapa?

Banyak orang yang ingin sukses dalam hidupnya, namun terkadang mereka lupa untuk memohon doa kepada Allah SWT. Usaha tanpa doa seringkali tidak akan membuahkan hasil yang diinginkan. Hal ini dikarenakan manusia sebagai hamba Allah SWT, tidak memiliki kendali penuh atas hasil yang akan diperoleh dari usaha yang dilakukan. Ada beberapa alasan mengapa usaha tanpa doa akan gagal. Berikut penjelasannya:

1. Kekuasaan Allah Atas Segala Sesuatu

Sebagai hamba Allah SWT, manusia harus menyadari bahwa kekuasaan Allah atas segala sesuatu tidak dapat diganggu gugat. Apapun usaha yang dilakukan oleh manusia, baik itu keras maupun tidak, tidaklah sepenuhnya dapat menjamin keberhasilan. Sebab, keberhasilan hasil usaha tersebut bukan hanya sepenuhnya ditentukan oleh usaha yang dilakukan, melainkan juga campur tangan Allah SWT. Dalam Al Quran Surah Al-Mulk ayat 2 disebutkan,

Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya.

Dapat dilihat bahwa kehidupan dan kematian manusia ditentukan oleh kehendak Allah SWT. Jadi, manusia harus bersyukur atas setiap nikmat dan dalam setiap usaha yang dilakukan, manusia harus memohon doa kepada Allah SWT agar memudahkan jalannya dan diberikan hasil yang diinginkan.

2. Doa Sebagai Doa Permintaan dan Doa Penyembahan

Doa merupakan permintaan manusia kepada Allah SWT. Namun, manusia harus menyadari bahwa doa juga merupakan bentuk penyembahan kepada Allah SWT. Dalam Al Quran Surah Al-Fatihah ayat 5-6 disebutkan,

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan merupakan bentuk kesadaran manusia bahwa segala sesuatu ditentukan oleh kehendak Allah SWT dan manusia tidaklah bisa berbuat apa-apa tanpa campur tangan-Nya. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh juga akan memperkuat ikatan antara manusia dengan Allah SWT.

3. Menghindari Kesombongan dan Kebahagiaan yang Sesungguhnya

Manusia seringkali lupa bahwa keberhasilan yang didapat dari usaha yang dilakukan tidaklah sepenuhnya berasal dari dirinya sendiri. Sebab, ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan tersebut. Jika manusia tidak menyertai usaha yang dilakukan dengan doa, manusia berpotensi untuk merasa sombong dan merasa bahwa keberhasilan yang diraih adalah berasal dari dirinya sendiri. Hal ini sangat berbahaya karena kesombongan dapat menjauhkan manusia dari keberkahan Allah SWT.

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh juga dapat memberikan kebahagiaan yang sesungguhnya bagi manusia. Dalam Al Quran Surah Ar-Ra’d ayat 28 disebutkan,

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat membawa ketenangan dan kebahagiaan yang sejati bagi manusia. Kebahagiaan ini tidaklah bersifat sementara tetapi bersifat abadi.

4. Tidak Mengabaikan Usaha

Doa bukanlah jaminan keberhasilan tanpa usaha. Manusia harus tetap berusaha dengan sungguh-sungguh dan tidak mengabaikan usaha yang dilakukan. Doa dilakukan untuk meminta keberkahan dalam usaha yang dilakukan, agar diberikan kemudahan dalam menjalankannya, dan agar hasilnya dapat memuaskan. Doa juga dilakukan untuk menjaga hati agar tidak sombong atas keberhasilan yang dicapai. Namun, manusia tidak boleh mengabaikan usaha tersebut karena keberhasilan bukanlah berasal dari doa saja tetapi juga usaha yang dilakukan.

5. Keberhasilan adalah Ancaman Terbesar

Keberhasilan seringkali menjadi ancaman terbesar dalam hidup manusia. Kebanyakan manusia yang meraih keberhasilan cenderung lupa akan keberadaan Allah SWT dan merasa bahwa mereka sendirian yang berhasil. Hal ini merugikan diri sendiri karena dapat menjauhkan manusia dari keberkahan Allah SWT.

Manusia yang menyertai usaha yang dilakukan dengan doa akan selalu ingat akan keberadaan Allah SWT dan merasa bersyukur atas setiap nikmat yang diberikan. Hal ini dapat menjaga diri dari kesombongan dan menjaga hati agar tidak jauh dari keberkahan Allah SWT.

6. Menghadapi Kegagalan dengan Iman

Manusia seringkali merasa putus asa dan kecewa ketika mengalami kegagalan dalam hidupnya. Namun, manusia yang menyertai usaha yang dilakukan dengan doa akan memiliki kekuatan iman yang besar sehingga dapat menghadapi kegagalan dengan sabar dan ikhlas. Dalam Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 153 disebutkan,

Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kegagalan dapat menjadi pelajaran berharga bagi manusia untuk menjadi lebih baik di masa depan. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh juga dapat memberikan kekuatan iman yang besar bagi manusia untuk menghadapi segala tantangan dan cobaan dalam hidup.

7. Menjadi Manusia yang Bersyukur

Manusia yang menyertai usaha yang dilakukan dengan doa akan selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dalam Al Quran Surah Ibrahim ayat 7 disebutkan,

Ingatlah, jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat (yang lain) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

Bersyukur adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan bersyukur, manusia akan merasa lebih tenang dan damai dalam hidupnya. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat memperkuat rasa syukur tersebut.

8. Doa sebagai Penyembuh Hati

Manusia seringkali mengalami kesedihan, kekecewaan, dan kegelisahan dalam hidupnya. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat menjadi penyembuh hati bagi manusia. Dalam Al Quran Surah Ar-Ra’d ayat 28 disebutkan,

Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat membuat hati manusia menjadi tenang dan damai. Hati yang tenang dan damai akan membuat manusia lebih bahagia dalam hidupnya.

9. Doa Mampu Mengubah Nasib

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat mengubah nasib manusia. Dalam Al Quran Surah Ar-Ra’d ayat 11 disebutkan,

…Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri…

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh merupakan bentuk perubahan yang dimulai dari dalam diri manusia. Perubahan ini akan membawa keberkahan dan kebahagiaan dalam hidup manusia. Namun, perubahan tersebut harus dimulai dari diri sendiri dan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

10. Doa Mendorong Manusia untuk Berbuat Baik

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat mendorong manusia untuk berbuat baik dalam hidupnya. Dalam Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 195 disebutkan,

…sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Manusia yang menyertai usaha yang dilakukan dengan doa akan selalu berusaha untuk berbuat baik dalam hidupnya. Berbuat baik merupakan salah satu bentuk peribadatan kepada Allah SWT.

11. Doa Meningkatkan Kualitas Hidup

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Dalam Al Quran Surah At-Thalaq ayat 2-3 disebutkan,

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membawa keberkahan dan rezeki yang tiada disangka-sangka dalam hidup manusia. Doa juga akan membawa ketenangan dan kedamaian dalam hidup manusia.

12. Doa Membuat Manusia Lebih Berserah Diri

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh membuat manusia lebih berserah diri kepada Allah SWT. Dalam Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 45 disebutkan,

…maka berdoalah kamu kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan doamu…

Doa merupakan bentuk pengakuan manusia bahwa segala sesuatu ditentukan oleh kehendak Allah SWT dan manusia hanya bisa berusaha sebaik mungkin. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh membuat manusia lebih berserah diri kepada Allah SWT dan merasa tenang dan damai dalam hidupnya.

13. Doa Membawa Berkah dalam Hidup

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh membawa berkah dalam hidup manusia. Dalam Al Quran Surah Al-Maidah ayat 12 disebutkan,

…maka barangsiapa yang memohon ampun kepada Allah dan bertaubat, niscaya Allah akan menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa merupakan bentuk permohonan manusia kepada Allah SWT agar diberikan keberkahan dan kebahagiaan dalam hidupnya. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membawa keberkahan dalam hidup manusia.

14. Doa Membawa Ketenangan Hati

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh membawa ketenangan hati bagi manusia. Dalam Al Quran Surah Al-Ra’d ayat 28 disebutkan,

…hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh membuat hati manusia menjadi tenang dan damai. Hati yang tenang dan damai akan membuat manusia lebih bahagia dalam hidupnya.

15. Doa Membuat Manusia Lebih Beriman

Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh membuat manusia lebih beriman kepada Allah SWT. Dalam Al Quran Surah Al-Maidah ayat 35 disebutkan,

…barangsiapa

Leave a Comment