Tahun Islam Sekarang: Sejarah, Arti, dan Maknanya

Islam adalah agama yang didirikan oleh Nabi Muhammad pada abad ke-7 di Arab. Sejak itu, umat Islam di seluruh dunia merayakan tahun Islam sebagai awal kalender hijriyah. Apa itu tahun Islam? Bagaimana sejarahnya dan apa arti atau maknanya? Mari kita bahas lebih dalam dalam artikel ini.

Sejarah Penetapan Tahun Islam

Tahun Islam pertama dimulai pada 16 Juli 622 Masehi ketika Nabi Muhammad dan pengikutnya pindah dari Mekah ke Madinah. Pada saat itu, orang Arab menggunakan kalender lunar yang terdiri dari 12 bulan, masing-masing terdiri dari 29 atau 30 hari. Namun, kalender ini tidak sinkron dengan tahun matahari, sehingga perlu adanya koreksi agar tidak terjadi pergeseran musim.

Setelah hijrah, Nabi Muhammad menyadari bahwa pengikutnya membutuhkan kalender yang lebih teratur dan dapat diandalkan untuk mengatur jadwal ibadah dan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, beliau memerintahkan para sahabatnya untuk merancang kalender hijriyah yang dimulai pada tanggal 1 Muharram 1 H (16 Juli 622 Masehi).

Arti atau Makna Tahun Islam

Tahun Islam memiliki arti dan makna yang mendalam bagi umat muslim. Selain sebagai awal kalender hijriyah, tahun Islam juga menjadi pengingat akan hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. Hijrah ini bukan hanya perpindahan fisik, tetapi juga perpindahan mental dan spiritual dalam menghadapi tantangan dan cobaan yang dihadapi di Mekah.

Tahun Islam juga menjadi momen untuk merenungkan atas kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad serta memperkuat ikatan kebersamaan umat muslim di seluruh dunia. Selain itu, tahun Islam juga menjadi momen untuk meningkatkan kualitas ibadah dan menjalankan ajaran Islam dengan lebih baik lagi.

Penanggalan Tahun Islam Sekarang

Sekarang, kita sudah memasuki tahun Islam 1443 H. Jumlah hari dalam satu tahun hijriyah adalah 354 atau 355 hari, sehingga kalender hijriyah terus bergerak mundur sekitar 11 hari setiap tahunnya dibandingkan dengan kalender Gregorian yang digunakan secara internasional. Oleh karena itu, tanggal awal tahun hijriyah tidak selalu jatuh pada tanggal yang sama setiap tahunnya.

Perbedaan Tahun Islam dan Tahun Masehi

Perbedaan antara tahun Islam dan tahun Masehi sangat jelas. Tahun Masehi menggunakan kalender solar yang berdasarkan pada perputaran bumi mengelilingi matahari, sedangkan tahun Islam menggunakan kalender lunar yang berdasarkan pada perputaran bulan mengelilingi bumi.

Tahun Masehi dimulai pada 1 Januari dan terdiri dari 365 atau 366 hari. Sedangkan tahun Islam dimulai pada tanggal 1 Muharram dan terdiri dari 354 atau 355 hari. Oleh karena itu, tanggal awal tahun Islam selalu berbeda dengan tanggal awal tahun Masehi.

Perayaan Awal Tahun Islam

Perayaan awal tahun Islam disebut sebagai Tahun Baru Hijriyah atau Muharram. Pada saat ini, umat muslim melakukan tahlil dan ziarah kubur sebagai bentuk penghormatan kepada para tokoh umat Islam yang telah wafat.

Di beberapa negara, perayaan ini diisi dengan kegiatan seperti pertunjukan seni dan budaya, pawai obor, serta shalat berjamaah di masjid atau surau.

Tabel Penanggalan Tahun Islam

No.Nama BulanJumlah Hari
1Muharram29 atau 30
2Safar29 atau 30
3Rabiul Awal29 atau 30
4Rabiul Akhir29 atau 30
5Jumadil Awal29 atau 30
6Jumadil Akhir29 atau 30
7Rajab29 atau 30
8Sya’ban29 atau 30
9Ramadhan29 atau 30
10Syawal29 atau 30
11Dzulqa’dah29 atau 30
12Dzulhijjah29 atau 30

FAQs (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu tahun Islam?

Tahun Islam adalah awal kalender hijriyah yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia.

2. Mengapa tahun Islam dimulai pada hijrah Nabi Muhammad?

Karena hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah menjadi momen penting dalam sejarah Islam dan menjadi awal perjuangan dan pengembangan ajaran Islam.

3. Apa perbedaan antara tahun Islam dan tahun Masehi?

Perbedaan antara tahun Islam dan tahun Masehi terletak pada jenis kalender yang digunakan dan tanggal awal tahunnya.

4. Bagaimana cara menghitung tahun Islam?

Untuk menghitung tahun Islam, cukup menambahkan 622 pada tahun Masehi saat ini.

5. Apa makna atau arti dari tahun Islam?

Tahun Islam memiliki makna dan arti yang mendalam bagi umat muslim, yaitu sebagai pengingat akan hijrah Nabi Muhammad, momen untuk merenungkan ajaran Islam, serta memperkuat ikatan kebersamaan umat muslim di seluruh dunia.

Kesimpulan

Tahun Islam merupakan momen penting bagi umat muslim di seluruh dunia sebagai awal kalender hijriyah dan pengingat akan hijrah Nabi Muhammad. Tahun Islam juga menjadi momen untuk memperkuat ikatan kebersamaan umat muslim dan merenungkan ajaran Islam. Dengan merayakan tahun Islam, umat muslim dapat meningkatkan kualitas ibadah dan menjalankan ajaran Islam dengan lebih baik lagi.

Disclaimer

Artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi saja dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat keagamaan atau hukum. Pembaca harus melakukan pengecekan dan verifikasi lainnya sebelum mengambil tindakan berdasarkan informasi dalam artikel ini. Penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan apa pun yang diambil pembaca berdasarkan informasi dalam artikel ini.

Leave a Comment