Siapa ISIS Menurut Islam?

ISIS atau Islamic State of Iraq and Syria adalah sebuah organisasi teroris yang mempromosikan ideologi radikalisme Islam. Mereka sering melakukan serangan kekerasan dan pembunuhan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tetapi, apakah ISIS itu sebenarnya sesuai dengan ajaran Islam?

Apa itu ISIS?

ISIS adalah kelompok teroris yang mendukung paham Islam radikal. Mereka juga dikenal dengan nama Daesh atau ISIL. Organisasi ini didirikan pada tahun 1999 di Irak oleh Abu Musab al-Zarqawi.

Apa Tujuan ISIS?

Tujuan utama dari ISIS adalah untuk membangun sebuah negara Islam yang disebut Khilafah. Mereka ingin memperluas wilayah kekuasaan mereka di seluruh dunia dengan menggunakan taktik kekerasan dan terorisme.

Apakah ISIS Sesuai dengan Ajaran Islam?

Mayoritas muslim di seluruh dunia sepakat bahwa ISIS tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya. Mereka menggunakan tafsir ayat-ayat Al-Quran secara keliru dan memperoleh dukungan dari kaum radikal yang hanya berjumlah sedikit.

1. Pemimpin ISIS Menyimpang dari Ajaran Islam yang Sebenarnya

Pemimpin ISIS lebih suka menetapkan hukum berdasarkan interpretasi mereka sendiri, bukan berdasarkan ajaran Islam yang sebenarnya. Mereka mengabaikan prinsip-prinsip Islam yang penting seperti cinta kasih, kedamaian, dan toleransi. Mereka juga sering melakukan tindakan kekerasan dan pembunuhan atas nama agama, yang jelas-jelas bertentangan dengan ajaran Islam.

2. ISIS Tidak Mewakili Mayoritas Umat Muslim

Mayoritas muslim di seluruh dunia menentang tindakan kekerasan dan terorisme. Mereka menolak kekerasan dan menyatakan bahwa tindakan tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya. Jadi, ISIS tidak mewakili mayoritas muslim di seluruh dunia.

3. ISIS Bertentangan dengan Ajaran Islam yang Menghargai Kehidupan Manusia

Ajaran Islam menghargai kehidupan manusia dan melarang pembunuhan tanpa alasan yang jelas. Tetapi ISIS sering melakukan pembunuhan massal tanpa alasan yang jelas dan hanya atas dasar agama. Jadi, tindakan mereka sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang sebenarnya.

Bagaimana Islam Mengajarkan Kedamaian dan Toleransi?

Ajaran Islam mengajarkan kedamaian, toleransi, dan kasih sayang. Islam juga menolak tindakan kekerasan dan mempromosikan perdamaian dan persatuan antara umat manusia. Berikut adalah beberapa ayat Al-Quran yang menunjukkan bahwa Islam mempromosikan kedamaian dan toleransi:

Ayat Al-QuranArtinya
“Dan janganlah sekali-kali kamu memikul dosa orang lain. Dan jika kamu melakukannya, maka sesungguhnya kamu adalah termasuk orang yang zalim.” (QS. Al-An’am: 164)Janganlah memikul dosa orang lain, karena hal tersebut termasuk perbuatan zalim.
“Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku bahwa mereka hendaklah mengucapkan perkataan yang lebih baik. Sesungguhnya setan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (QS. Al-Isra: 53)Ucapkanlah perkataan yang baik dan hindari perselisihan yang ditimbulkan oleh setan.
“Dan janganlah kamu memerangi orang-orang yang tidak memerangi kamu dengan agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang mengadakan pekerjaan yang mungkar.” (QS. Al-Mumtahanah: 8)Janganlah memerangi orang-orang yang tidak memerangi kamu dengan agama atau mengusir kamu dari negerimu.
“Dan jika mereka (musuh-musuhmu) berbuat tenang terhadap kamu, maka janganlah kamu berbuat tenang terhadap mereka dan berlaku adil terhadap mereka. Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berlaku adil.” (QS. Al-Mumtahanah: 8)Berlaku adil terhadap musuh-musuhmu jika mereka bersikap tenang terhadapmu.

Apa yang Harus Dilakukan oleh Umat Muslim terhadap ISIS?

Umat muslim di seluruh dunia harus menolak tindakan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS. Mereka harus menyebarkan ajaran Islam yang sebenarnya dan menunjukkan kepada dunia bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian dan toleransi. Umat muslim juga harus berjuang untuk menghapuskan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS.

Kesimpulan

ISIS adalah organisasi teroris yang mendukung paham Islam radikal. Mereka tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya karena mereka melakukan tindakan kekerasan dan pembunuhan atas nama agama. Mayoritas muslim di seluruh dunia menentang tindakan kekerasan dan terorisme dan menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian dan toleransi.

FAQs

1. Apakah ISIS mewakili mayoritas muslim di seluruh dunia?

Tidak, mayoritas muslim di seluruh dunia menentang tindakan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS.

2. Apakah tindakan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS sesuai dengan ajaran Islam?

Tidak, tindakan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS bertentangan dengan ajaran Islam yang sebenarnya.

3. Apa yang harus dilakukan oleh umat muslim terhadap ISIS?

Umat muslim harus menolak tindakan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS dan menyebarkan ajaran Islam yang sebenarnya.

4. Apa tujuan utama dari ISIS?

Tujuan utama dari ISIS adalah untuk membangun sebuah negara Islam yang disebut Khilafah. Mereka ingin memperluas wilayah kekuasaan mereka di seluruh dunia dengan menggunakan taktik kekerasan dan terorisme.

5. Apa yang harus dilakukan oleh dunia internasional untuk mengatasi masalah ISIS?

Dunia internasional harus bekerja sama untuk memerangi tindakan kekerasan dan terorisme yang dilakukan oleh ISIS dan memperkuat ajaran Islam yang sebenarnya untuk menentang paham radikalisme.

Disclaimer

Artikel ini hanya untuk tujuan informasi saja dan bukan untuk tujuan menghakimi atau merendahkan seseorang atau kelompok tertentu. Tulisan ini juga bukan rekomendasi untuk melakukan tindakan kekerasan atau terorisme.

Leave a Comment