Rukun Islam Syiah: Mengenal Lima Prinsip Dasar Syiah

Islam Syiah adalah salah satu golongan dalam agama Islam yang memiliki pandangan dan keyakinan yang sedikit berbeda dengan Sunni. Salah satu perbedaan tersebut terdapat pada Rukun Islam Syiah yang merupakan lima prinsip dasar dalam Islam Syiah. Pada artikel ini kita akan membahas secara mendalam tentang Rukun Islam Syiah beserta penjelasan masing-masing prinsip.

Rukun Islam Syiah: Lima Prinsip Dasar Syiah

Rukun Islam Syiah terdiri dari lima prinsip dasar yang harus dipatuhi oleh setiap Muslim Syiah. Kelima prinsip ini merupakan pondasi utama dalam ajaran Islam Syiah dan dianggap sebagai kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim Syiah. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelima prinsip Rukun Islam Syiah:

1. Tawhid

Tawhid adalah prinsip dasar dalam Islam Syiah yang menekankan bahwa hanya Allah SWT yang layak disembah dan diibadahi. Prinsip ini juga menolak segala bentuk perantara dalam beribadah. Artinya, setiap manusia harus langsung beribadah kepada Allah SWT tanpa ada perantara.

2. Nubuwwah

Nubuwwah adalah prinsip dasar dalam Islam Syiah yang percaya bahwa kenabian adalah sebuah karunia Allah SWT yang diberikan kepada manusia sebagai pemimpin dan pengarah umat manusia. Dalam Islam Syiah, Nabi Muhammad SAW dan para Imam dianggap sebagai nabi dan rasul yang diutus oleh Allah SWT untuk membawa petunjuk kepada umat manusia.

3. Imamah

Imamah adalah prinsip dasar dalam Islam Syiah yang mengakui keberadaan Imam sebagai pemimpin spiritual umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Dalam Islam Syiah, terdapat 12 Imam yang dianggap sebagai penerus Nabi Muhammad SAW. Imam ini dipilih oleh Allah SWT dan memiliki kewenangan untuk mengajarkan, menafsirkan, menjelaskan, dan memperjelas ajaran Islam.

4. Adalah

Adalah adalah prinsip dasar dalam Islam Syiah yang menekankan pentingnya keadilan sosial dalam kehidupan manusia. Prinsip ini mengajarkan bahwa keadilan sosial adalah salah satu tujuan dari ajaran Islam yang harus dipatuhi oleh umat manusia. Islam Syiah percaya bahwa hanya dengan menerapkan keadilan sosial, umat manusia dapat hidup dalam perdamaian dan kebahagiaan.

5. Ma’ad

Ma’ad adalah prinsip dasar dalam Islam Syiah yang mengajarkan tentang kehidupan setelah kematian. Islam Syiah mengajarkan bahwa setelah kematian, seseorang akan menghadapi pengadilan terakhir di hadapan Allah SWT. Orang yang berbuat baik akan dihargai dan diberi surga, sementara mereka yang berbuat jahat akan dikenai hukuman dan dimasukkan ke dalam neraka.

Pentingnya Rukun Islam Syiah

Rukun Islam Syiah sangat penting dalam ajaran Islam Syiah karena merupakan pondasi utama dalam kepercayaan mereka. Melalui Rukun Islam Syiah, mereka dipersiapkan untuk hidup dalam keadilan sosial, menghormati perbedaan, dan selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Setiap Muslim Syiah harus memahami dan mengamalkan kelima prinsip Rukun Islam Syiah dengan baik dan benar.

Tabel Rukun Islam Syiah

NoPrinsip Rukun Islam Syiah
1Tawhid
2Nubuwwah
3Imamah
4Adalah
5Ma’ad

Kesimpulan

Rukun Islam Syiah adalah lima prinsip dasar dalam ajaran Islam Syiah yang harus dipatuhi oleh setiap Muslim Syiah. Kelima prinsip ini meliputi Tawhid, Nubuwwah, Imamah, Adalah, dan Ma’ad. Rukun Islam Syiah sangat penting dalam kepercayaan mereka karena merupakan pondasi utama dalam kepercayaan mereka.

FAQs Seputar Rukun Islam Syiah

1. Apa itu Rukun Islam Syiah?

Rukun Islam Syiah adalah lima prinsip dasar dalam ajaran Islam Syiah yang harus dipatuhi oleh setiap Muslim Syiah. Kelima prinsip ini meliputi Tawhid, Nubuwwah, Imamah, Adalah, dan Ma’ad.

2. Apa perbedaan antara Rukun Islam Syiah dengan Sunni?

Salah satu perbedaan antara Sunni dan Syiah adalah pada Rukun Islam. Sunni memiliki Rukun Islam yang terdiri dari lima prinsip, sedangkan Syiah memiliki Rukun Islam yang terdiri dari lima prinsip dasar.

3. Mengapa Imamah menjadi prinsip dasar dalam Islam Syiah?

Imamah menjadi prinsip dasar dalam Islam Syiah karena mengakui keberadaan Imam sebagai pemimpin spiritual umat Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW.

4. Apa yang dimaksud dengan Adalah dalam Islam Syiah?

Adalah adalah prinsip dasar dalam Islam Syiah yang menekankan pentingnya keadilan sosial dalam kehidupan manusia. Prinsip ini mengajarkan bahwa keadilan sosial adalah salah satu tujuan dari ajaran Islam yang harus dipatuhi oleh umat manusia.

5. Mengapa Ma’ad menjadi prinsip dasar dalam Islam Syiah?

Ma’ad menjadi prinsip dasar dalam Islam Syiah karena mengajarkan tentang kehidupan setelah kematian. Islam Syiah mengajarkan bahwa setelah kematian, seseorang akan menghadapi pengadilan terakhir di hadapan Allah SWT.

Disclaimer

Artikel ini ditulis semata-mata untuk tujuan informasi dan edukasi. Pandangan yang diungkapkan dalam artikel ini sepenuhnya merupakan pandangan penulis dan tidak merepresentasikan pandangan agama Islam secara keseluruhan. Penulis tidak bertanggung jawab atas tindakan apa pun yang diambil berdasarkan informasi yang diberikan dalam artikel ini.

Leave a Comment