20 Quotes Tentang Islam yang Menyentuh Hati dan Membangkitkan Semangat

Islam adalah sebuah agama yang dianggap sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. Agama yang berasal dari Arab ini memiliki banyak pengikut yang tersebar di seluruh dunia.

Bagi umat Muslim, keyakinan pada Allah SWT adalah hal yang paling penting. Selain itu, ajaran-ajaran Islam juga mengajarkan untuk hidup dalam damai, saling menghormati, dan membantu sesama manusia.

Berikut ini adalah 20 quotes tentang Islam yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi umat Muslim:

Table of Contents

1. “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya.” (QS. Ar-Ra’d: 11)

Artinya, sebagai manusia kita harus berusaha untuk mengubah nasib kita sendiri. Jangan hanya berharap pada keajaiban, tapi juga harus bekerja keras dan berdoa kepada Allah SWT.

2. “Berikan senyummu sebagai sedekah, karena senyummu dapat membuat orang lain bahagia.” – Hadits

Senyum merupakan salah satu bentuk sedekah yang dapat diberikan oleh seorang Muslim. Selain dapat membantu orang lain merasa bahagia, senyum juga dapat memperbaiki suasana hati dan memperindah wajah.

3. “Tidak ada kesalahan yang lebih besar selain dari pada kesalahan yang dibuat oleh manusia ketika ia merasa kuat dalam kemampuannya sendiri.” – Ibnu Qayyim Al-Jauziyah

Kita sebagai manusia harus sadar bahwa kekuatan kita hanya terbatas. Jangan merasa terlalu sombong dan percaya bahwa kita bisa melakukan apa saja tanpa bantuan dari Allah SWT.

4. “Kita tidaklah beriman sampai kita mencintai untuk saudara kita apa yang kita cintai untuk diri kita sendiri.” – Hadits

Cinta kasih dan persaudaraan merupakan salah satu ajaran utama dalam Islam. Sebagai umat Muslim, kita harus saling mencintai dan membantu sesama tanpa memandang suku, agama, atau ras.

5. “Perbanyaklah berdoa, karena doa adalah kunci dari segala pintu.” – Hadits

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam Islam. Dalam setiap kesulitan atau masalah, jangan lupa untuk selalu memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah SWT melalui doa.

6. “Jangan biarkan orang lain merasa jauh darimu karena agamamu. Jadilah orang yang memberikan inspirasi dan menjadi contoh bagi orang lain.” – Yasmin Mogahed

Sebagai seorang Muslim, kita harus selalu berusaha untuk memberikan inspirasi dan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Jangan sampai keberadaan kita sebagai seorang Muslim membuat orang lain merasa jauh dan tidak nyaman.

7. “Ketahuilah, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Sabar merupakan salah satu sifat yang sangat dihargai dalam Islam. Dalam menghadapi setiap kesulitan atau ujian, kita harus selalu bersabar dan percaya bahwa Allah SWT pasti akan memberikan jalan keluar yang terbaik untuk kita.

8. “Janganlah kau jadikan duniamu sebagai hidupmu. Karena sesungguhnya dunia hanyalah sementara, sedangkan kehidupan yang sebenarnya ada di akhirat.” – Ustadz Yusuf Mansur

Sebagai manusia, kita memang harus bekerja dan meraih kesuksesan di dunia. Namun, jangan sampai kita terlalu terlena dengan dunia sehingga melupakan tujuan utama kita sebagai manusia, yaitu meraih kebahagiaan di akhirat.

9. “Bila engkau tidak bisa menjadi pohon, jadilah seperti rerumputan yang tumbuh di bawahnya.” – Ali bin Abi Thalib

Tidak semua orang dapat menjadi yang terbaik dalam segala hal. Namun, sebagai Muslim kita harus tetap berusaha untuk memberikan manfaat dan berguna bagi orang lain, sekecil apapun sumbangannya.

10. “Janganlah kau sukai orang-orang yang sombong karena Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong.” (QS. Luqman: 18)

Sombong merupakan salah satu sifat yang sangat tidak disukai oleh Allah SWT. Sebagai umat Muslim, kita harus selalu menghindari sifat sombong dan selalu bersikap rendah hati.

11. “Tidak ada yang lebih berharga di mata Allah kecuali satu hal yaitu ketakwaan.” – Ustadz Arifin Ilham

Ketakwaan merupakan salah satu hal yang sangat dihargai oleh Allah SWT. Sebagai umat Muslim, kita harus selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang taqwa dan selalu beribadah kepada Allah SWT.

12. “Sesungguhnya yang paling mulia di antara kalian di hadapan Allah adalah yang paling taqwa di antara kalian.” (QS. Al-Hujurat: 13)

Kembali kepada poin sebelumnya, ketakwaan merupakan hal yang paling dihargai oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim kita harus selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang taqwa agar bisa menjadi yang paling mulia di hadapan Allah SWT.

13. “Janganlah kau hina apapun pekerjaan yang dianggap hina, karena di dalamnya ada keberkahan.” – Ustadz Yusuf Mansur

Setiap pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab pasti akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim kita harus selalu menghargai setiap pekerjaan dan tidak menghina apapun pekerjaan yang dianggap hina.

14. “Janganlah engkau takut kepada manusia, tapi takutlah kepada Allah SWT.” – Hadits

Ketakutan hanya kepada Allah SWT adalah salah satu ajaran utama dalam Islam. Sebagai umat Muslim, kita harus selalu mengutamakan takut hanya kepada Allah SWT dan tidak takut kepada manusia atau hal-hal lainnya.

Berikut ini adalah beberapa quotes tentang Islam yang lainnya:

15. “Kamu tidak bisa menutupi kesalahan dengan kesalahan yang lain. Janganlah kamu berbuat baik untuk menghapus kesalahanmu yang lalu, tapi berbuatlah baik karena kamu memang harus berbuat baik.” – Ustadz Arifin Ilham

16. “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar, dan mereka yang berbuat kebaikan.” (QS. Al-Baqarah: 153)

17. “Janganlah kamu membagikan kebahagiaanmu dengan orang yang tidak menginginkannya. Berikanlah kebahagiaanmu hanya pada mereka yang membutuhkannya.” – Ustadz Yusuf Mansur

18. “Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk tubuh atau harta benda, tapi Allah melihat pada hati dan amal perbuatan.” – Hadits

19. “Setiap manusia adalah saudara bagi manusia lainnya. Kita harus saling mencintai dan membantu satu sama lain.” – Ustadz Arifin Ilham

20. “Janganlah engkau berbuat dosa hanya karena takut terhadap manusia. Ketahuilah, Allah SWT selalu melihatmu dan akan menyiksamu di akhirat kelak.” – Ustadz Yusuf Mansur

Tabel 10 Nama Nabi dalam Islam dan Tugasnya

Nama NabiTugas
Nabi Adam ASMerupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dan dijadikan sebagai khalifah di bumi.
Nabi Nuh ASMengajak manusia untuk kembali kepada Allah SWT dan memperingatkan akan adanya bencana besar berupa banjir yang akan datang.
Nabi Ibrahim ASMerupakan pendiri agama Islam dan membangun Ka’bah di Makkah.
Nabi Musa ASMenerima Kitab Taurat dan memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir.
Nabi Isa ASMenerima Injil dan diangkat ke langit oleh Allah SWT.
Nabi Muhammad SAWMerupakan penutup para Nabi dan Rasul, serta diberikan Al-Quran sebagai kitab suci bagi umat Muslim.
Nabi Sulaiman ASDikenal sebagai seorang raja yang sangat bijaksana dan memiliki kekuatan supranatural.
Nabi Yusuf ASDikenal sebagai seorang yang sangat tampan dan pandai dalam bermimpi dan menafsirkan mimpi.
Nabi Zakaria ASMenerima Kitab Zabur dan memimpin orang-orang Yahudi pada masanya.
Nabi Yahya ASDikenal sebagai seorang yang sangat saleh dan jujur.

Kesimpulan

Islam adalah sebuah agama yang mengajarkan untuk hidup dalam damai, saling menghormati, dan membantu sesama manusia. Terdapat banyak quotes tentang Islam yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi umat Muslim, seperti berusaha untuk mengubah nasib sendiri, memberikan senyum sebagai sedekah, tidak merasa sombong, mencintai sesama manusia, dan perbanyak berdoa.

Selain itu, Islam juga mengajarkan untuk selalu bersabar, mengutamakan ketakwaan, menghindari sifat sombong, dan menghargai setiap pekerjaan. Tidak hanya itu, Islam juga memiliki 10 Nama Nabi dalam Islam dan tugasnya, seperti Nabi Adam AS, Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, Nabi Muhammad SAW, Nabi Sulaiman AS, Nabi Yusuf AS, Nabi Zakaria AS, dan Nabi Yahya AS.

FAQs

1. Apa itu Islam?

Islam adalah sebuah agama yang dianggap sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah Kristen. Agama yang berasal dari Arab ini memiliki banyak pengikut yang tersebar di seluruh dunia.

2. Apa saja ajaran-ajaran Islam yang harus dipahami oleh umat Muslim?

Ajaran-ajaran Islam yang harus dipahami oleh umat Muslim antara lain adalah keyakinan pada Allah SWT, hidup dalam damai, saling menghormati, membantu sesama manusia, selalu berdoa, selalu bersabar, menghindari sifat sombong, dan menghargai setiap pekerjaan.

3. Mengapa umat Muslim harus selalu mengutamakan ketakwaan?

Ketakwaan merupakan salah satu hal yang sangat dihargai oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim kita harus selalu berusaha untuk menjadi pribadi yang taqwa dan selalu beribadah kepada Allah SWT.

4. Apa saja Nama Nabi dalam Islam dan tugasnya?

Nama Nabi dalam Islam dan tugasnya antara lain adalah Nabi Adam AS (merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dan dijadikan sebagai khalifah di bumi), Nabi Nuh AS (mengajak

Leave a Comment