Peninggalan Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia. Tak heran jika Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah dari kerajaan-kerajaan Islam yang pernah berkuasa di Indonesia. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa peninggalan sejarah kerajaan Islam di Indonesia.

Berdirinya Kerajaan Islam di Indonesia

Sejarah kerajaan Islam di Indonesia dimulai pada abad ke-13, setelah Raja Kertanegara dari Kerajaan Singhasari menganeksasi Kerajaan Kadiri yang berpusat di Jawa Timur. Setelah keruntuhan Kerajaan Singhasari, munculah Kerajaan Majapahit yang berkuasa hingga abad ke-16. Di masa itulah, kerajaan-kerajaan Islam seperti Demak, Pajang, dan Mataram muncul di Jawa. Kerajaan-kerajaan ini kemudian menggantikan Majapahit sebagai kekuatan yang berkuasa di Jawa.

Peninggalan Kerajaan Demak

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak adalah masjid tertua di Indonesia yang masih berdiri hingga saat ini. Masjid ini dibangun pada tahun 1478 oleh Raden Patah, pendiri Kerajaan Demak. Bangunan Masjid Agung Demak memiliki arsitektur yang khas dengan campuran gaya Hindu dan Islam.

Keris

Keris adalah senjata tradisional yang berasal dari kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Keris memiliki bentuk yang unik dan dianggap sebagai simbol kekuasaan. Keris masih digunakan dalam upacara adat dan seni bela diri di Indonesia.

Peninggalan Kerajaan Mataram

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Di masa kejayaannya, Kerajaan Mataram pernah menguasai wilayah yang mencakup Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi Borobudur dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah penting dari kerajaan Mataram.

Istana Ratu Boko

Istana Ratu Boko adalah bekas istana kerajaan Mataram yang terletak di Yogyakarta. Istana ini dibangun pada abad ke-8 dan dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah penting dari kerajaan Mataram. Istana Ratu Boko memiliki arsitektur yang mirip dengan Candi Borobudur.

Peninggalan Kerajaan Aceh

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman adalah masjid yang terletak di Banda Aceh, Aceh. Masjid ini dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Iskandar Muda. Masjid Raya Baiturrahman memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Arab dan Aceh.

Gunongan

Gunongan adalah bangunan peninggalan kerajaan Aceh yang terletak di Banda Aceh. Bangunan ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada abad ke-17 sebagai hadiah untuk istrinya. Gunongan memiliki arsitektur yang unik dengan nuansa Barat dan Timur yang tercampur.

Peninggalan Kerajaan Banten

Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk adalah benteng peninggalan Kerajaan Banten yang terletak di Cilegon, Banten. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan Ageng Tirtayasa sebagai benteng pertahanan dari serangan Belanda. Benteng Speelwijk memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Eropa dan Asia.

Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati adalah kompleks makam peninggalan Kerajaan Banten yang terletak di Cirebon, Jawa Barat. Sunan Gunung Jati adalah salah satu dari sembilan wali yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jawa Barat. Makam Sunan Gunung Jati memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Jawa dan Islam.

Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

Istana Kasepuhan

Istana Kasepuhan adalah istana peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang terletak di Cirebon, Jawa Barat. Istana ini dibangun pada abad ke-16 oleh Pangeran Wangsakerta, pendiri Kerajaan Cirebon. Istana Kasepuhan memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Jawa dan Islam.

Cirebon Batik Trusmi

Cirebon Batik Trusmi adalah hasil seni kerajinan tangan yang berasal dari Kerajaan Cirebon. Batik Trusmi memiliki corak dan motif yang khas dengan gaya Jawa dan Islam. Batik Trusmi dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah penting dari Kerajaan Mataram Islam.

Peninggalan Kerajaan Palembang

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah benteng peninggalan Kerajaan Palembang yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Benteng ini dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin II sebagai benteng pertahanan dari serangan Belanda. Benteng Kuto Besak memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Melayu dan Eropa.

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II adalah museum peninggalan Kerajaan Palembang yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Museum ini menampilkan berbagai koleksi seni dan artefak sejarah dari Kerajaan Palembang.

Peninggalan Kerajaan Ternate

Fort Oranje

Fort Oranje adalah benteng peninggalan Kerajaan Ternate yang terletak di Ternate, Maluku Utara. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 sebagai benteng pertahanan dari serangan Portugis. Fort Oranje memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Eropa dan Asia.

Istana Kesultanan Ternate

Istana Kesultanan Ternate adalah bekas istana kerajaan Ternate yang terletak di Ternate, Maluku Utara. Istana ini dibangun pada abad ke-17 dan dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah penting dari Kerajaan Ternate. Istana Kesultanan Ternate memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Melayu dan Islam.

Peninggalan Kerajaan Bima

Prasasti Kolewari

Prasasti Kolewari adalah prasasti peninggalan Kerajaan Bima yang terletak di Bima, Nusa Tenggara Barat. Prasasti ini dibuat pada abad ke-14 dan berisi tentang sejarah Kerajaan Bima. Prasasti Kolewari dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah penting dari Kerajaan Bima.

Museum Sultan Salahuddin

Museum Sultan Salahuddin adalah museum peninggalan Kerajaan Bima yang terletak di Bima, Nusa Tenggara Barat. Museum ini menampilkan berbagai koleksi seni dan artefak sejarah dari Kerajaan Bima.

Tabel Peninggalan Sejarah Kerajaan Islam di Indonesia

KerajaanPeninggalanLokasi
DemakMasjid Agung DemakDemak, Jawa Tengah
DemakKerisSeluruh Indonesia
MataramCandi BorobudurMagelang, Jawa Tengah
MataramIstana Ratu BokoYogyakarta
AcehMasjid Raya BaiturrahmanBanda Aceh, Aceh
AcehGunonganBanda Aceh, Aceh
BantenBenteng SpeelwijkCilegon, Banten
BantenMakam Sunan Gunung JatiCirebon, Jawa Barat
Mataram IslamIstana KasepuhanCirebon, Jawa Barat
Mataram IslamCirebon Batik TrusmiCirebon, Jawa Barat
PalembangBenteng Kuto BesakPalembang, Sumatera Selatan
PalembangMuseum Sultan Mahmud Badaruddin IIPalembang, Sumatera Selatan
TernateFort OranjeTernate, Maluku Utara
TernateIstana Kesultanan TernateTernate, Maluku Utara
BimaPrasasti KolewariBima, Nusa Tenggara Barat
BimaMuseum Sultan SalahuddinBima, Nusa Tenggara Barat

Kesimpulan

Peninggalan sejarah kerajaan Islam di Indonesia sangatlah beragam dan berciri khas. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah dari kerajaan-kerajaan Islam yang pernah berkuasa di Indonesia. Dari masjid, candi, istana, hingga senjata dan kerajinan tangan, semua peninggalan sejarah ini memiliki nilai historis yang tinggi dan harus dilestarikan untuk generasi mendatang.

FAQs

1. Apa itu kerajaan Islam di Indonesia?

Kerajaan Islam di Indonesia adalah kerajaan-kerajaan yang berdiri pada masa lampau di Indonesia yang menganut agama Islam sebagai agama resminya.

2. Kapan kerajaan Islam pertama kali berdiri di Indonesia?

Kerajaan Islam pertama kali berdiri di Indonesia pada abad ke-13, setelah Raja Kertanegara dari Kerajaan Singhasari menganeksasi Kerajaan Kadiri yang berpusat di Jawa Timur.

3. Apa saja peninggalan sejarah kerajaan Islam di Indonesia?

Peninggalan sejarah kerajaan Islam di Indonesia sangatlah beragam, antara lain masjid, candi, istana, senjata

Leave a Comment