Masya Allah Tabarakallah Artinya Apa: Mengetahui Makna dan Penggunaan Ungkapan Ini

Sebagai umat muslim, kita sering mendengar ungkapan “masya Allah tabarakallah” dalam berbagai situasi. Namun, apakah kita benar-benar tahu arti dari ungkapan ini? Artikel ini akan membahas arti dan penggunaan “masya Allah tabarakallah” secara lengkap.

Pengertian Masya Allah Tabarakallah

“Masya Allah tabarakallah” adalah ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan kekaguman dan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kebesaran-Nya. Kata “masya” berasal dari bahasa Arab yang berarti “maasya”, yang artinya “apa yang dikehendaki”. Sedangkan “tabarakallah” berasal dari kata “barakah” yang berarti “berkah”. Jadi secara harfiah, “masya Allah tabarakallah” dapat diterjemahkan sebagai “apa yang dikehendaki oleh Allah adalah berkah”.

Penggunaan Masya Allah Tabarakallah

Ungkapan “masya Allah tabarakallah” sering digunakan dalam berbagai situasi untuk mengungkapkan kekaguman dan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Beberapa situasi di mana ungkapan ini sering digunakan antara lain:

1. Melihat Keindahan Alam

Saat melihat keindahan alam yang luar biasa, seperti pemandangan gunung yang menjulang tinggi atau sunset yang indah, kita bisa mengucapkan “masya Allah tabarakallah” sebagai ungkapan kekaguman dan rasa syukur kita pada Allah SWT.

2. Mendapat Rezeki yang Berlimpah

Bila kita mendapat rezeki yang melimpah ruah, seperti mendapat pekerjaan baru yang memberikan gaji yang baik, atau diberikan rezeki yang tidak terduga, kita bisa mengucapkan “masya Allah tabarakallah” sebagai tanda syukur kita pada Allah SWT.

3. Melihat Anak Kecil yang Berbuat Baik

Bila kita melihat anak kecil yang berbuat baik, seperti membantu orang lain atau mendapatkan prestasi yang gemilang di sekolah, kita bisa mengucapkan “masya Allah tabarakallah” sebagai tanda kekaguman kita pada kebaikan yang diberikan oleh Allah SWT melalui anak kecil tersebut.

4. Mendapatkan Berita Baik

Bila kita mendapatkan berita baik, seperti diterima di universitas yang diidamkan atau berhasil menyelesaikan proyek dengan sukses, kita bisa mengucapkan “masya Allah tabarakallah” sebagai tanda syukur kita pada Allah SWT.

Hubungan Masya Allah Tabarakallah dengan Qada dan Qadar

Ungkapan “masya Allah tabarakallah” juga memiliki hubungan dengan konsep qada dan qadar dalam Islam. Qada dan qadar merupakan keyakinan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini telah ditentukan oleh Allah SWT dan tidak ada yang terjadi tanpa seizin-Nya. Dalam konteks ini, “masya Allah tabarakallah” dapat diartikan sebagai ungkapan kepatuhan dan penerimaan kita atas kehendak Allah SWT yang telah ditentukan dalam qada dan qadar.

Kaitan Masya Allah Tabarakallah dengan Sholat

Ungkapan “masya Allah tabarakallah” juga terkait dengan sholat. Dalam sholat, ketika kita membaca surat Al-Fatihah dan ayat-ayat lainnya dalam Al-Quran, kita mengucapkan “masya Allah tabarakallah” setelah membaca ayat tertentu sebagai tanda pengagungan dan kekaguman kita pada Allah SWT. Misalnya, setelah membaca ayat “Alhamdulillahi Rabbil Alamin”, kita mengucapkan “masya Allah tabarakallah” sebagai tanda kekaguman kita pada kekuasaan Allah SWT.

Contoh Kalimat Masya Allah Tabarakallah dalam Berbagai Situasi

Berikut adalah beberapa contoh kalimat “masya Allah tabarakallah” dalam berbagai situasi:

Situasi 1: Melihat Keindahan Alam

  • “Masya Allah tabarakallah, pemandangan ini sungguh menakjubkan.”
  • “Masya Allah tabarakallah, gunung ini sungguh besar dan kokoh.”
  • “Masya Allah tabarakallah, warna langit senja ini begitu indah.”

Situasi 2: Mendapat Rezeki yang Berlimpah

  • “Masya Allah tabarakallah, saya tidak pernah menyangka bisa mendapat pekerjaan dengan gaji sebesar ini.”
  • “Masya Allah tabarakallah, Allah benar-benar murah hati memberikan saya rezeki yang melimpah.”
  • “Masya Allah tabarakallah, saya sangat bersyukur atas rejeki yang diberikan Allah pada saya.”

Situasi 3: Melihat Anak Kecil yang Berbuat Baik

  • “Masya Allah tabarakallah, anak kecil ini benar-benar luar biasa. Dia sudah bisa berbuat sesuatu yang baik untuk orang lain.”
  • “Masya Allah tabarakallah, Allah benar-benar memberikan kebaikan pada anak kecil ini.”
  • “Masya Allah tabarakallah, saya merasa terharu melihat kebaikan yang dilakukan oleh anak kecil ini.”

Situasi 4: Mendapatkan Berita Baik

  • “Masya Allah tabarakallah, saya tidak percaya bahwa saya diterima di universitas yang saya impikan.”
  • “Masya Allah tabarakallah, ini benar-benar berita yang luar biasa.”
  • “Masya Allah tabarakallah, saya merasa terharu dan bersyukur atas berita baik ini.”

Kesimpulan

Ungkapan “masya Allah tabarakallah” adalah ungkapan yang digunakan untuk mengungkapkan kekaguman dan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas kebesaran-Nya. Ungkapan ini sering digunakan dalam berbagai situasi, seperti saat melihat keindahan alam atau mendapat rezeki yang berlimpah. “Masya Allah tabarakallah” juga terkait dengan konsep qada dan qadar dalam Islam serta kaitannya dengan sholat. Dalam berbagai situasi, kita bisa menggunakan contoh kalimat “masya Allah tabarakallah” untuk mengungkapkan kekaguman dan rasa syukur kita pada Allah SWT.

FAQs

1. Apa arti “masya Allah tabarakallah”?

Arti “masya Allah tabarakallah” adalah “apa yang dikehendaki oleh Allah adalah berkah”.

2. Kapan kita bisa menggunakan “masya Allah tabarakallah”?

Kita bisa menggunakan “masya Allah tabarakallah” dalam berbagai situasi, seperti saat melihat keindahan alam atau mendapat rezeki yang berlimpah.

3. Apa hubungan “masya Allah tabarakallah” dengan qada dan qadar?

“Masya Allah tabarakallah” memiliki hubungan dengan konsep qada dan qadar dalam Islam. Ungkapan ini dapat diartikan sebagai ungkapan kepatuhan dan penerimaan kita atas kehendak Allah SWT yang telah ditentukan dalam qada dan qadar.

4. Apa kaitan “masya Allah tabarakallah” dengan sholat?

“Masya Allah tabarakallah” terkait dengan sholat. Dalam sholat, kita mengucapkan “masya Allah tabarakallah” setelah membaca ayat tertentu dalam surat Al-Fatihah atau ayat-ayat lainnya dalam Al-Quran sebagai tanda pengagungan dan kekaguman kita pada Allah SWT.

5. Apa contoh kalimat “masya Allah tabarakallah” dalam berbagai situasi?

Contoh kalimat “masya Allah tabarakallah” dalam berbagai situasi antara lain: “Masya Allah tabarakallah, pemandangan ini sungguh menakjubkan” atau “Masya Allah tabarakallah, Allah benar-benar murah hati memberikan saya rezeki yang melimpah”.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan mengenai “masya Allah tabarakallah”. Artikel ini bukanlah pengganti dari konsultasi dengan ahli agama atau pakar terkait. Penulis dan pihak terkait tidak bertanggung jawab atas tindakan atau pengambilan keputusan yang didasarkan pada informasi yang terkandung dalam artikel ini.

Leave a Comment