Hukum Tidak Membaca Doa Qunut

Doa Qunut adalah salah satu doa yang biasanya dibaca oleh umat muslim pada saat melaksanakan shalat subuh. Doa ini sangat penting karena mengandung makna doa untuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Namun, ada beberapa perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum membaca doa qunut ini. Apakah wajib atau tidak? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Doa Qunut?

Doa Qunut adalah doa yang biasanya dibaca di dalam shalat subuh pada rakaat kedua setelah ruku’. Biasanya doa ini dibaca ketika umat muslim melaksanakan shalat berjamaah di masjid atau di tempat lain. Isi doa qunut sendiri terdiri dari permohonan perlindungan, ampunan dan keberkahan dari Allah SWT. Doa ini juga sering dibaca pada saat umat muslim menghadapi musibah atau bencana alam.

Hukum Membaca Doa Qunut

Di dalam ilmu fiqih, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum membaca doa qunut ini. Ada yang mengatakan bahwa membaca doa qunut itu wajib, ada yang mengatakan bahwa sunnah dan ada juga yang mengatakan bahwa tidak dianjurkan.

1. Pendapat yang Mengatakan Wajib

Beberapa ulama yang mengatakan bahwa membaca doa qunut itu wajib berpendapat bahwa hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Daud. Dalam hadis ini, Rasulullah SAW sering membaca doa qunut pada shalat subuh. Oleh karena itu, membaca doa qunut menjadi wajib dilakukan.

2. Pendapat yang Mengatakan Sunnah

Beberapa ulama yang mengatakan bahwa membaca doa qunut itu sunnah berpendapat bahwa memang ada hadis yang menganjurkan untuk membaca doa qunut. Namun, hadis tersebut tidak bersifat mutawatir atau tidak sampai kepada kita dengan sanad yang kuat. Oleh karena itu, membaca doa qunut menjadi sunnah dilakukan.

3. Pendapat yang Mengatakan Tidak Dianjurkan

Beberapa ulama yang mengatakan bahwa tidak dianjurkan membaca doa qunut berpendapat bahwa Rasulullah SAW tidak selalu membaca doa qunut pada shalat subuh. Oleh karena itu, membaca doa qunut menjadi tidak dianjurkan dilakukan.

Penjelasan Tentang Hadis-hadis yang Menjelaskan Doa Qunut

Di dalam hadis-hadis yang menjelaskan tentang doa qunut, ada beberapa yang menjadi pertimbangan dalam menentukan hukum membaca doa ini. Berikut penjelasan hadis-hadis tersebut:

1. Hadis Riwayat Ahmad dan Abu Daud

Hadis ini menjadi pertimbangan bagi ulama yang mengatakan bahwa membaca doa qunut itu wajib. Dalam hadis ini, Rasulullah SAW sering membaca doa qunut pada shalat subuh. Namun, hadis ini memiliki sanad yang tidak kuat atau dhaif.

2. Hadis Riwayat Ibnu Majah

Hadis ini menjadi pertimbangan bagi ulama yang mengatakan bahwa membaca doa qunut itu sunnah. Dalam hadis ini, ada riwayat yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW membaca doa qunut pada shalat subuh, namun tidak selalu dilakukan.

3. Hadis Riwayat Tirmidzi dan Abu Daud

Hadis ini menjadi pertimbangan bagi ulama yang mengatakan bahwa tidak dianjurkan membaca doa qunut. Dalam hadis ini, Rasulullah SAW tidak membaca doa qunut pada shalat subuh selama beberapa waktu, kemudian beliau membaca doa tersebut kembali.

Keputusan Ulama Tentang Hukum Doa Qunut

Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum membaca doa qunut, namun secara umum, ulama sepakat bahwa membaca doa qunut adalah sunnah. Hal ini didasarkan pada kesepakatan para sahabat dan tabiin bahwa membaca doa qunut adalah salah satu kebaikan yang dianjurkan.

Table Pendapat Ulama Tentang Doa Qunut

NoNama UlamaPendapat
1Imam AhmadWajib
2Imam Abu HanifahSunnah
3Imam MalikSunnah
4Imam Syafi’iTidak dianjurkan

FAQs

1. Apakah membaca doa qunut itu wajib?

Tidak, membaca doa qunut tidak wajib. Doa ini hanya dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk memohon perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT.

2. Apa hukum membaca doa qunut menurut ulama?

Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama, namun secara umum, membaca doa qunut adalah sunnah.

3. Kapan sebaiknya membaca doa qunut dilakukan?

Membaca doa qunut sebaiknya dilakukan pada saat melaksanakan shalat subuh. Namun, doa ini juga dapat dibaca pada saat menghadapi musibah atau bencana alam.

4. Apakah ada doa qunut yang lain selain yang dibaca pada shalat subuh?

Tidak, doa qunut hanya dibaca pada shalat subuh.

5. Apa isi dari doa qunut?

Isi doa qunut terdiri dari permohonan perlindungan, ampunan dan keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Membaca doa qunut adalah salah satu kebaikan yang dianjurkan dalam Islam. Meskipun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang hukum membaca doa qunut, namun secara umum, membaca doa qunut adalah sunnah. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa qunut pada saat melaksanakan shalat subuh.

Disclaimer

Artikel ini hanya sebagai referensi dan tidak dapat dijadikan sebagai patokan utama dalam menentukan hukum membaca doa qunut. Kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan yang terjadi akibat penggunaan informasi dari artikel ini.

Leave a Comment