Hadits Tentang Larangan: Penjelasan Lengkap

Sebagai umat muslim, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan hadits. Hadits adalah salah satu sumber ajaran Islam selain Al-Quran. Berbicara mengenai hadits, salah satu topik yang kerap dibahas adalah larangan. Dalam Islam, terdapat banyak hal yang dilarang agar kita bisa menjalani hidup dengan baik dan benar. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai hadits tentang larangan.

1. Larangan Makan Daging Babi

Hadits tentang larangan makan daging babi adalah hadits yang sangat terkenal di kalangan umat muslim. Hadits ini disebutkan dalam beberapa literatur hadits dengan redaksi yang berbeda-beda, namun intinya tetap sama. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan makan daging babi:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya mengharamkan jual beli dan konsumsi barang-barang yang diharamkan dan darah yang tumpah, daging babi dan binatang yang disembelih tanpa menyebut nama Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa makan daging babi sangatlah dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan daging babi dianggap sebagai makanan yang tidak baik dan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

2. Larangan Berzina

Berzina adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Berzina dapat membuat seseorang terjerumus dalam dosa besar yang dapat membuatnya terhalang untuk mendapatkan surga. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan berzina:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah ada zina di antara kalian, karena (perbuatan) itu akan menimbulkan timpaan (siksaan dari) Allah yang sangat pedih.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa berzina sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

3. Larangan Minum Khamr

Khamr atau minuman keras adalah salah satu hal yang sangat dilarang dalam Islam. Mengonsumsi minuman keras dapat membuat seseorang menjadi mabuk dan kehilangan akal sehatnya. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan minum khamr:

“Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Semua yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah haram.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, dapat disimpulkan bahwa minum khamr sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

4. Larangan Memakan Hewan Karnivora

Hewan karnivora seperti macan dan singa sangatlah dilarang untuk dikonsumsi dalam Islam. Hal ini dikarenakan hewan-hewan tersebut termasuk dalam kategori hewan pemakan daging yang masih hidup. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan memakan hewan karnivora:

“Dari Abu Thalhah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap hewan yang memiliki taring adalah haram.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa memakan hewan yang memiliki taring sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

5. Larangan Berbohong

Berbohong adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Berbohong dapat membuat seseorang merugikan orang lain dan merusak hubungan antara sesama manusia. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan berbohong:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jauhilah kebohongan, karena kebohongan akan mengantarkan kepada kefasikan dan kefasikan akan mengantarkan ke neraka. Dan seseorang tidak berbohong, kecuali dia dicatat sebagai pendusta di sisi Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa berbohong sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

6. Larangan Mengambil Harta Orang Lain

Mengambil harta orang lain tanpa seizin merupakan perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat merugikan orang lain dan termasuk dalam kategori perbuatan yang zalim. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan mengambil harta orang lain:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa mengambil harta seorang muslim dengan cara yang tidak benar, maka Allah akan memberikan api Neraka sebagai balasan baginya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa mengambil harta orang lain sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

7. Larangan Membunuh

Membunuh adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Membunuh orang lain tanpa alasan yang jelas dapat membuat seseorang terjerumus dalam dosa besar. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan membunuh:

“Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian membunuh diri sendiri, dan janganlah kalian membunuh orang lain, dan janganlah kalian merusak diri sendiri, dan janganlah kalian merusak orang lain.” (HR. Bukhari)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa membunuh sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

8. Larangan Berbuat Zalim

Berbuat zalim adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat merugikan orang lain dan termasuk dalam kategori perbuatan yang durhaka. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan berbuat zalim:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian berbuat zalim terhadap diri kalian sendiri dan janganlah kalian berbuat zalim terhadap orang lain.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa berbuat zalim sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

9. Larangan Membuat Kerusakan di Bumi

Membuat kerusakan di bumi adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat merusak bumi dan merugikan orang lain. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan membuat kerusakan di bumi:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membuat kerusakan di bumi, maka dia akan dijatuhi kutukan oleh Allah, para malaikat, dan manusia semua.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa membuat kerusakan di bumi sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

10. Larangan Memakan Harta Orang Lain dengan Bathil

Memakan harta orang lain dengan cara yang bathil atau tidak benar adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat merugikan orang lain secara finansial. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan memakan harta orang lain dengan bathil:

“Janganlah kamu merampas harta orang lain, janganlah kamu menganiaya orang lain dan janganlah kamu memukul orang lain.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa memakan harta orang lain dengan cara yang bathil sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

11. Larangan Menipu

Menipu adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat merugikan orang lain dan termasuk dalam kategori perbuatan yang zalim. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan menipu:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menipu, maka dia bukan bagian dari kami.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa menipu sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

12. Larangan Membunuh Hewan dengan Kejam

Membunuh hewan dengan kejam adalah perbuatan yang sangat dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat menyebabkan penderitaan yang tidak perlu pada hewan yang dibunuh. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan membunuh hewan dengan kejam:

“Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa membunuh seekor burung tanpa alasan yang benar, maka Allah akan menanyai dirinya tentang perbuatannya di akhirat kelak.” (HR. Abu Daud)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa membunuh hewan dengan kejam sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

13. Larangan Berhutang dengan Riba

Berhutang dengan riba atau bunga sangatlah dilarang dalam Islam. Hal ini dikarenakan perbuatan tersebut dapat merugikan orang yang berhutang dan termasuk dalam kategori perbuatan yang haram. Berikut adalah salah satu hadits tentang larangan berhutang dengan riba:

“Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berhutang dengan riba, maka dia akan bangkit pada hari kiamat dalam keadaan seperti orang yang dibangkitkan dari kubur dalam keadaan gila.” (HR. Ahmad)

Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa berhutang dengan riba sangatlah dilarang dalam Islam. Kita sebagai umat muslim harus selalu menjaga diri agar tidak terjerumus dalam perbuatan tersebut.

14. Larangan Merendahkan Orang Lain

Merendahkan orang lain adalah

Leave a Comment