Fikih Wanita Tentang Hijab: Memahami Pentingnya Berhijab dalam Islam

Hijab adalah salah satu kewajiban bagi perempuan muslim. Hal ini didasarkan pada ajaran Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW yang menunjukkan betapa pentingnya hijab bagi kaum wanita. Namun, seringkali kita masih banyak menemukan perempuan muslim yang belum sepenuhnya memahami arti dan makna dari hijab itu sendiri. Untuk itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang fikih wanita tentang hijab, mulai dari pengertian hijab, syarat-syarat hijab, hingga hukum dan manfaat dari berhijab.

Pengertian Hijab

Hijab berasal dari bahasa Arab yang berarti “penutup”. Secara umum, hijab dapat diartikan sebagai penutup atau perisai yang dipakai oleh perempuan muslim untuk menutupi auratnya. Aurat sendiri adalah bagian tubuh yang harus ditutupi oleh kaum muslimin dan muslimat ketika berinteraksi dengan orang lain, baik dalam keadaan wudhu maupun tidak.

Jenis-Jenis Hijab

Ada beberapa jenis hijab yang biasa dipakai oleh perempuan muslim, di antaranya:

  • Hijab Paris
  • Jilbab
  • Kerudung segi empat
  • Kerudung pashmina
  • Khimar
  • Niqab

Syarat-Syarat Hijab

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh perempuan muslim dalam memakai hijab, di antaranya:

Menutupi Seluruh Bagian Tubuh yang Harus Ditutupi

Perempuan muslim harus menutupi seluruh bagian tubuh yang harus ditutupi saat berinteraksi dengan orang lain. Aurat pada perempuan mencakup bagian tubuh dari kepala hingga ujung kaki, kecuali telapak tangan dan wajah.

Tidak Terlalu Ketat

Hijab yang dipakai oleh perempuan muslim tidak boleh terlalu ketat dan tidak boleh menampakkan lekuk tubuh.

Tidak Tembus Pandang

Hijab yang dipakai oleh perempuan muslim tidak boleh tembus pandang.

Hukum Berhijab

Menurut ajaran Islam, berhijab adalah wajib bagi perempuan muslim. Hal ini didasarkan pada beberapa ayat Al-Quran dan hadis Nabi Muhammad SAW yang mengatur tentang hijab.

Ayat Al-Quran tentang Hijab

Beberapa ayat Al-Quran yang mengatur tentang hijab, di antaranya:

  1. “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang yang beriman: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuhnya”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)
  2. “Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31)

Hadis Nabi Muhammad SAW tentang Hijab

Beberapa hadis Nabi Muhammad SAW yang mengatur tentang hijab, di antaranya:

  1. “Setiap wanita adalah aurat dan apabila ia keluar rumah maka syaitan akan merayunya.” (HR. Al-Tirmidzi)
  2. “Wanita yang berhijab lebih mulia dari pada wanita yang terbuka auratnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Manfaat Berhijab

Berhijab memiliki banyak manfaat bagi perempuan muslim, di antaranya:

Menjaga Kehormatan dan Martabat

Dengan berhijab, perempuan muslim dapat menjaga kehormatan dan martabat dirinya sebagai seorang muslimah. Ia juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menjadikan dirinya lebih dihargai oleh orang lain.

Menjaga Aurat

Dengan berhijab, perempuan muslim dapat menjaga auratnya dari pandangan orang lain yang tidak berhak melihatnya.

Menjaga Kesucian Jiwa

Dengan berhijab, perempuan muslim dapat menjaga kesucian jiwa dan menghindari godaan syaitan yang dapat merusak akhlak dan imannya.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

Dengan berhijab, perempuan muslim dapat menjaga kesehatan dan kebersihan tubuhnya dari paparan sinar matahari dan debu yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Kesimpulan

Setelah membahas tentang fikih wanita tentang hijab, dapat disimpulkan bahwa hijab adalah bagian dari kewajiban bagi perempuan muslim. Hijab memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi dan hukumnya adalah wajib. Berhijab juga memiliki banyak manfaat bagi perempuan muslim, baik dari segi kehormatan, kesucian jiwa, dan kesehatan. Oleh karena itu, sebagai seorang muslimah, mari kita berusaha untuk memahami pentingnya hijab dan melaksanakan kewajiban berhijab dengan baik dan benar.

FAQs

1. Apa itu hijab?

Hijab adalah salah satu kewajiban bagi perempuan muslim yang harus dipakai untuk menutupi auratnya.

2. Apa saja syarat-syarat hijab?

Beberapa syarat hijab, di antaranya adalah menutupi seluruh bagian tubuh yang harus ditutupi, tidak terlalu ketat, dan tidak tembus pandang.

3. Apa hukum berhijab dalam Islam?

Berhijab dalam Islam adalah wajib bagi perempuan muslim.

4. Apa manfaat dari berhijab?

Berhijab memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah menjaga kehormatan dan martabat, menjaga aurat, menjaga kesucian jiwa, dan menjaga kesehatan dan kebersihan.

5. Apa yang harus dilakukan jika masih sulit untuk memutuskan untuk berhijab?

Konsultasikanlah dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dan berilmu, seperti ustadzah atau guru agama, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang hijab dan manfaatnya bagi kehidupan sebagai seorang muslimah.

Disclaimer

Artikel ini hanya sebagai informasi dan referensi mengenai fikih wanita tentang hijab. Untuk lebih jelasnya, silakan berkonsultasi dengan ustadzah atau guru agama yang lebih berpengalaman dan berilmu. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau kerusakan yang terjadi akibat penggunaan informasi dalam artikel ini.

Leave a Comment