Doa untuk Menghadapi Masalah

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya, baik itu masalah kecil maupun besar. Saat menghadapi masalah, sebagian orang mungkin merasa putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun, sebagai seorang muslim, kita selalu diingatkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam menghadapi masalah. Berikut ini adalah beberapa doa yang dapat dipanjatkan saat mengalami masalah:

1. Doa ketika mengalami kesulitan

“Ya hayyu ya qayyum, bi rahmatika astagitsu, aslih li sha’ni kullah, wa la takilni ila nafsi tarfata ‘ainin.” (HR. Tirmidzi)

Artinya: Wahai Dzat yang Mahahidup dan Mahabertahan, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan serahkan aku kepada diriku sendiri walau sekejap mata.

2. Doa ketika merasa cemas dan gelisah

“Hasbiyallahu la ilaha illa huwa ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul ‘arsyil ‘adhim.” (QS. At-Taubah: 129)

Artinya: Allah mencukupi (keperluan)ku, tidak ada Tuhan selain Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung.

3. Doa ketika merasa sedih dan kecewa

“Ya Allah, hilangkanlah kesusahan hatiku dan lapangkanlah dadaku, serta mudahkanlah urusanku.” (HR. Ahmad)

4. Doa ketika mengalami kesulitan dalam rezeki

“Rabbi inni lima anzalta ilayya min khairin faqir.” (QS. Al-Qasas: 24)

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku membutuhkan segala kebaikan yang Engkau berikan kepadaku.

5. Doa ketika mengalami sakit

“A’udzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir.” (HR. Abu Dawud)

Artinya: Aku berlindung dengan keagungan dan kekuasaan Allah dari segala kejahatan yang kutemui dan kutakuti.

6. Doa ketika merasa lelah dan letih

“Allahumma inni as’aluka al-afiyah fiddunyaa wal-aakhirah.” (HR. Abu Dawud)

Artinya: Ya Allah, aku mohon keamanan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat.

7. Doa ketika menghadapi musibah

“Kullu nafsin tha-iqatul maut.” (QS. Ali Imran: 185)

Artinya: Setiap jiwa akan merasakan mati.

8. Doa ketika merasa putus asa

“La haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzhim.” (HR. Bukhari)

Artinya: Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.

9. Doa ketika merasa frustasi

“Allahumma inni a’udzu bika minal hammi walhuzni, wal’ajzi walkasali walbukhli waljubni, wa dala’id-dayni wa ghalabatir-rijal.” (HR. Bukhari)

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesedihan dan kesusahan, kelemahan dan kemalasan, kikir, takut dan keterbelakangan, serta dari hutang dan kekuatan orang lain.

10. Doa ketika merasa takut

“Allahu la ilaha illa huwa al-hayyul-qayyum, la ta’khudhuhu sinatun wa la nawm, lahu ma fis-samawati wa ma fil-‘ardh, man dhal-ladhi yashfa’u ‘indahu illa bi-idhnihi, ya’lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bi shai’im-min ‘ilmihi illa bima sha’a, wasi’a kursiyuhus-samawati wal’ardh, wa la ya’uduhu hifdhuhuma, wa huwal-‘aliyul-‘azhim.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Mahahidup dan Mahabertahan. Tidak mengantuk dan tidak tidur adalah milik-Nya. Kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberikan syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, sedangkan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi lagi Mahabesar.

11. Doa ketika mengalami kesulitan dalam menjalankan ibadah

“Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaytana wa hab lana milladunka rahmah, innaka antal wahhab.” (QS. Ali Imran: 8)

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami; dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau, hanya Engkau, Yang Maha Pemberi karunia.

12. Doa ketika merasa bersalah

“Astaghfirullahal ‘adzim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaih.” (HR. Tirmidzi)

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang Mahahidup dan Mahabertahan, dan aku bertaubat kepada-Nya.

13. Doa ketika merasa kecewa dengan diri sendiri

“Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.” (HR. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah)

Artinya: Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Dan Engkau bisa menjadikan kesedihan menjadi mudah jika Engkau menghendakinya.

14. Doa ketika merasa terlalu banyak dosa

“Allahumma inni as’aluka bihaqqi bismillahirrahmanirrahim, alladzi la yazlimu ma’a ismihi syai’un fi ardhhi walaa fis-samaa’i, wa huwas samii’ul ‘alim.” (HR. Abu Daud)

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan nama-Mu yang maha pengasih lagi maha penyayang, yang tidak akan dirugikan oleh sesuatu yang ada di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

15. Doa ketika sedang dalam perjalanan

“Subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa maa kunna lahu muqrinin wa inna ilaa Rabbina lamunqalibuun.” (QS. Az-Zukhruf: 13-14)

Artinya: Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini sedangkan sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Nya lah kami akan kembali.

16. Doa ketika mendapat ujian berat

“Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.” (QS. Al-Baqarah: 156)

Artinya: Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali.

17. Doa untuk minta kesabaran

“Ya Allah, berikanlah aku kesabaran untuk menerima apa yang tidak dapat diubah, keberanian untuk mengubah apa yang dapat diubah, dan kebijaksanaan untuk membedakan antara keduanya.”

18. Doa untuk memohon bantuan Allah SWT

“Ya Allah, Engkau Maha Pemberi Pertolongan, berikanlah hamba-Mu ini pertolongan-Mu dan bantuan-Mu dalam menghadapi masalah yang dihadapinya.”

19. Doa untuk memohon kelancaran rezeki

“Ya Allah, berikanlah hamba-Mu ini kelancaran rezeki, baik yang halal dan berkah, dan berikanlah kekuatan dan kemudahan dalam mendapatkan rezeki yang halal.”

20. Doa untuk kebahagiaan dalam kehidupan dunia dan akhirat

“Ya Allah, berikanlah kebahagiaan dan kesenangan dalam kehidupan dunia dan akhirat kepada hamba-Mu ini, dan janganlah Engkau berikan kesempatan baginya untuk merasakan kesedihan dan kesengsaraan dalam hidupnya.”

Table: Doa-doa untuk Menghadapi Masalah

<

Leave a Comment

No.Nama DoaArti
1Doa ketika mengalami kesulitan“Ya hayyu ya qayyum, bi rahmatika astagitsu, aslih li sha’ni kullah, wa la takilni ila nafsi tarfata ‘ainin.” (HR. Tirmidzi)
2Doa ketika merasa cemas dan gelisah“Hasbiyallahu la ilaha illa huwa ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul ‘arsyil ‘adhim.” (QS. At-Taubah: 129)
3Doa ketika merasa sedih dan kecewa“Ya Allah, hilangkanlah kesusahan hatiku dan lapangkanlah dadaku, serta mudahkanlah urusanku.” (HR. Ahmad)
4Doa ketika mengalami kesulitan dalam rezeki“Rabbi inni lima anzalta ilayya min khairin faqir.” (QS. Al-Qasas: 24)
5Doa ketika mengalami sakit“A’udzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadzir.” (HR. Abu Dawud)
6Doa ketika merasa lelah dan letih“Allahumma inni as’aluka al-afiyah fiddunyaa wal-aakhirah.” (HR. Abu Dawud)
7Doa ketika menghadapi musibah“Kullu nafsin tha-iqatul maut.” (QS. Ali Imran: 185)