Doa untuk Diangkat Penyakit: Cara Menghilangkan Penyakit dengan Doa

Penyakit seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahkan dapat menghambat produktivitas. Untuk itu, umat muslim sering memanfaatkan doa untuk diangkat penyakit sebagai alternatif dalam mengatasi masalah kesehatan. Berikut adalah beberapa doa yang dapat diucapkan untuk menghilangkan penyakit.

Doa Penyembuhan

Doa penyembuhan merupakan doa yang biasa diucapkan saat seseorang mengalami sakit atau penyakit. Berikut adalah doa penyembuhan yang dapat diucapkan:

“Allahumma Rabbannas, Adhhibil Ba’sa, Washfi Antasy-Syaafi, Laa Syifaa’a Illa Syifauka, Syifauka Lam Yughadiru Saqoman Walaa Aam.”

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakit dan berikanlah kesembuhan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan yang Engkau berikan, kesembuhan yang tidak meninggalkan suatu penyakit atau rasa sakit.”

“A’udzu bi’izzatillah wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru”

Artinya:

“Aku berlindung dengan kekuasaan dan kemampuan Allah dari segala kejahatan yang aku temukan dan aku hindari.”

Doa Khusus Untuk Menghilangkan Penyakit

Selain doa penyembuhan, terdapat doa khusus yang dapat diucapkan untuk menghilangkan penyakit. Berikut adalah doa khusus untuk menghilangkan penyakit:

“Bismillah, Laa yadurru ma’asmihi syai’un fil ardhi walaa fis samaa’i wa huwas sami’ul ‘alim.”

Artinya:

“Dengan nama Allah, yang tidak ada sesuatu pun yang dapat berbahaya dengan menyebut nama-Nya, baik di bumi maupun di langit, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

“Allahumma, inni as’aluka min fadhlika, wa rahmatika, fa inna hu laa yamlikuhunna ghairuka.”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu atas keutamaan dan rahmat-Mu. Karena tidak ada yang memiliki keutamaan dan rahmat selain Engkau.”

Doa Agar Terhindar dari Penyakit

Selain mengucapkan doa untuk penyembuhan dan doa untuk menghilangkan penyakit, terdapat juga doa yang dapat diucapkan untuk mencegah penyakit. Berikut adalah doa untuk terhindar dari penyakit:

“Allahumma inni a’udzu bika minal barosi, wal junuuni, wal judzaami, wa sayyil asqaami”

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kusta, kegilaan, lepra, dan penyakit yang buruk.”

Manfaat Mengucapkan Doa untuk Diangkat Penyakit

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh ketika seseorang mengucapkan doa untuk diangkat penyakit, di antaranya:

1. Memberikan ketenangan pikiran

Dalam kondisi sakit, seseorang seringkali merasa khawatir dan cemas. Dengan mengucapkan doa, seseorang dapat merasa tenang dan percaya bahwa Allah akan memberikan kesembuhan.

2. Meningkatkan kesabaran

Mengalami sakit membutuhkan kesabaran yang tinggi. Dalam Islam, kesabaran menjadi salah satu nilai yang penting. Dengan mengucapkan doa, seseorang dapat meningkatkan kesabaran dalam menghadapi penyakit.

3. Meningkatkan keimanan

Mengucapkan doa dapat membantu seseorang untuk lebih dekat dengan Allah. Dalam menghadapi penyakit, seseorang dapat memperkuat keimanan dengan mengucapkan doa dan memohon pertolongan kepada Allah.

Table: Doa untuk Diangkat Penyakit

NoDoaArti
1“Allahumma Rabbannas, Adhhibil Ba’sa, Washfi Antasy-Syaafi, Laa Syifaa’a Illa Syifauka, Syifauka Lam Yughadiru Saqoman Walaa Aam.”“Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakit dan berikanlah kesembuhan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan yang Engkau berikan, kesembuhan yang tidak meninggalkan suatu penyakit atau rasa sakit.”
2“A’udzu bi’izzatillah wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru”“Aku berlindung dengan kekuasaan dan kemampuan Allah dari segala kejahatan yang aku temukan dan aku hindari.”
3“Bismillah, Laa yadurru ma’asmihi syai’un fil ardhi walaa fis samaa’i wa huwas sami’ul ‘alim.”“Dengan nama Allah, yang tidak ada sesuatu pun yang dapat berbahaya dengan menyebut nama-Nya, baik di bumi maupun di langit, Dia Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”
4“Allahumma, inni as’aluka min fadhlika, wa rahmatika, fa inna hu laa yamlikuhunna ghairuka.”“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu atas keutamaan dan rahmat-Mu. Karena tidak ada yang memiliki keutamaan dan rahmat selain Engkau.”
5“Allahumma inni a’udzu bika minal barosi, wal junuuni, wal judzaami, wa sayyil asqaami”“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kusta, kegilaan, lepra, dan penyakit yang buruk.”

Catatan Penting

Perlu diingat bahwa mengucapkan doa tidak menggantikan pengobatan medis yang seharusnya dilakukan. Mengucapkan doa adalah cara untuk meminta pertolongan Allah dan memperkuat keimanan dalam menghadapi penyakit. Selanjutnya, pastikan untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit.

Kesimpulan

Doa untuk diangkat penyakit merupakan salah satu alternatif dalam mengatasi masalah kesehatan. Ada beberapa doa yang dapat diucapkan, seperti doa penyembuhan, doa untuk menghilangkan penyakit, dan doa untuk terhindar dari penyakit. Mengucapkan doa dapat memberikan manfaat, seperti memberikan ketenangan pikiran, meningkatkan kesabaran, dan meningkatkan keimanan. Namun, perlu diingat bahwa mengucapkan doa tidak menggantikan pengobatan medis yang seharusnya dilakukan.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Mengapa doa dapat membantu menghilangkan penyakit?

Doa dapat membantu menghilangkan penyakit karena seseorang yang mengucapkan doa akan merasa tenang dan percaya bahwa Allah akan memberikan kesembuhan.

2. Apakah mengucapkan doa dapat menggantikan pengobatan medis?

Tidak, mengucapkan doa tidak menggantikan pengobatan medis yang seharusnya dilakukan. Doa hanya bisa menjadi alternatif dalam mengatasi masalah kesehatan.

3. Apa saja manfaat mengucapkan doa untuk diangkat penyakit?

Manfaat mengucapkan doa untuk diangkat penyakit antara lain memberikan ketenangan pikiran, meningkatkan kesabaran, dan meningkatkan keimanan.

4. Apa saja doa yang dapat diucapkan untuk menghilangkan penyakit?

Beberapa doa yang dapat diucapkan untuk menghilangkan penyakit adalah doa penyembuhan dan doa khusus untuk menghilangkan penyakit.

5. Bagaimana cara mengucapkan doa untuk diangkat penyakit?

Cara mengucapkan doa untuk diangkat penyakit adalah dengan mengucapkannya dengan tulus dan khusyuk saat kondisi tenang dan santai.

Leave a Comment