Doa Sholat Sunnah Sebelum Ashar

Pengertian Sholat Sunnah Sebelum Ashar

Sholat sunnah sebelum ashar adalah sholat sunnah yang dilakukan sebelum waktu sholat ashar tiba. Sholat sunnah ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim yang melakukannya.

Keutamaan Sholat Sunnah Sebelum Ashar

Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan dengan melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar. Beberapa di antaranya adalah:

1. Membawa Berkah dan Keberkahan

Sholat sunnah sebelum ashar dapat membawa berkah dan keberkahan dalam hidup kita. Dengan melaksanakan sholat ini secara rutin, kita akan merasa lebih tenang dan damai.

2. Mendapatkan Pahala yang Besar

Melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar juga dapat memberikan pahala yang besar bagi kita. Ini adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dan memperbanyak amal ibadah.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Sholat sunnah sebelum ashar juga memiliki manfaat kesehatan. Dengan melaksanakan sholat ini secara rutin, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita.

Cara Melaksanakan Sholat Sunnah Sebelum Ashar

Berikut ini adalah cara melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar:

1. Mempersiapkan Dirimu

Sebelum melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar, pastikan kamu telah mempersiapkan dirimu secara fisik dan mental. Bersuci dan memakai pakaian yang bersih adalah hal yang penting dilakukan sebelum memulai sholat.

2. Menghadap ke Kiblat

Setelah mempersiapkan diri, langkah selanjutnya adalah menghadap ke kiblat. Pastikan kamu telah mengetahui arah kiblat sebelum melaksanakan sholat.

3. Membaca Niat

Setelah menghadap ke kiblat, bacalah niat untuk melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar.

4. Membaca Doa Iftitah

Setelah membaca niat, bacalah doa iftitah sebagai awal dari sholat. Doa iftitah bisa kamu temukan di banyak sumber.

5. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Pendek Lainnya

Setelah membaca doa iftitah, bacalah surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya, seperti surat Al-Ikhlas atau surat Al-Falaq.

6. Rukuk dan Sujud

Setelah membaca surat pendek, lakukanlah rukuk dan sujud seperti pada sholat biasa.

7. Membaca Tahiyyat Akhir dan Salam

Setelah melakukan rukuk dan sujud, bacalah tahiyyat akhir dan salam untuk menandakan bahwa sholat telah selesai dilaksanakan.

Doa Sholat Sunnah Sebelum Ashar

Berikut ini adalah doa sholat sunnah sebelum ashar yang bisa kamu baca setelah membaca surat Al-Fatihah:

Doa Setelah Membaca Surat Al-Fatihah

Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim.

Doa Setelah Rukuk

Subhana rabbiyal adzim.

Doa Setelah Sujud Pertama

Subhana rabbiyal a’la.

Doa Setelah Sujud Kedua

Subhana rabbiyal a’la.

Manfaat Sholat Sunnah Sebelum Ashar

Berikut ini adalah beberapa manfaat sholat sunnah sebelum ashar:

1. Meningkatkan Keimanan

Sholat sunnah sebelum ashar dapat membantu meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan sholat ini, kita dapat merasakan kehadiran Allah SWT dalam hidup kita.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ini karena sholat dapat membantu menenangkan pikiran dan merelaksasi tubuh.

3. Menjaga Kesehatan

Sholat sunnah sebelum ashar juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan jiwa kita. Ini karena sholat dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kekuatan mental.

Contoh Tabel Waktu Sholat Sunnah Sebelum Ashar

No.Waktu
110 Menit Setelah Dzuhur
230 Menit Sebelum Ashar
31 Jam Sebelum Ashar
42 Jam Sebelum Ashar

Kesimpulan

Sholat sunnah sebelum ashar adalah salah satu ibadah sunnah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi umat muslim. Dengan melaksanakan sholat ini secara rutin, kita dapat memperkuat iman, meraih pahala besar, dan menjaga kesehatan tubuh dan jiwa.

FAQs:

1. Apa itu sholat sunnah sebelum ashar?

Sholat sunnah sebelum ashar adalah sholat sunnah yang dilakukan sebelum waktu sholat ashar tiba.

2. Apa manfaat melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar?

Manfaat melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar antara lain meningkatkan keimanan, meningkatkan konsentrasi, dan menjaga kesehatan.

3. Apa saja bacaan doa sholat sunnah sebelum ashar?

Bacaan doa sholat sunnah sebelum ashar antara lain doa setelah membaca surat Al-Fatihah, doa setelah rukuk, doa setelah sujud pertama, dan doa setelah sujud kedua.

4. Apa saja waktu sholat sunnah sebelum ashar?

Waktu sholat sunnah sebelum ashar bisa dilakukan 10 menit setelah dzuhur, 30 menit sebelum ashar, 1 jam sebelum ashar, atau 2 jam sebelum ashar.

5. Bagaimana cara melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar?

Cara melaksanakan sholat sunnah sebelum ashar antara lain mempersiapkan diri, menghadap ke kiblat, membaca niat, membaca doa iftitah, membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek lainnya, melakukan rukuk dan sujud, dan membaca tahiyyat akhir dan salam.

Disclaimer

Artikel ini dibuat untuk tujuan informasi dan pendidikan saja. Kami tidak bertanggung jawab atas keputusan atau tindakan yang diambil berdasarkan informasi yang terdapat di dalam artikel ini. Sebelum mengambil keputusan atau tindakan, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli agama atau profesional terkait.

Leave a Comment