Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat

Sholat sunnah hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan untuk memohon hajat atau kebutuhan kepada Allah SWT. Setelah melaksanakan sholat sunnah hajat, kita disunahkan untuk membaca doa agar hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut adalah beberapa doa setelah sholat sunnah hajat yang dapat kita amalkan:

1. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Pertama

“Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaka minhu nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wa sallam, wa na’udzubika min syarri ma na’udzubika minhu nabiyyuka Muhammadun sallallahu ‘alaihi wa sallam, wa antal musta’anu wa ‘alai kal balagh wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kebaikan dari segala hal yang dimohonkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari segala hal yang dijauhkan oleh Nabi Muhammad SAW. Engkau lah yang memberikan pertolongan, Engkau lah yang memberikan kemudahan, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan dari Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

2. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kedua

“Allaahumma inni as’aluka min khairi ma sa’ala nabiyyuka Muhammadun sallallaahu ‘alaihi wa sallam, wa na’oodhu bika min sharri masta’aadha minhu nabiyyuka Muhammadun sallallaahu ‘alaihi wa sallam, wa antal-musta’aanu, wa ‘alai-kal-balaa’ghu, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaahi-l-‘aliyyil-‘adheem”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kebaikan dari segala hal yang dimohonkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari segala hal yang dijauhkan oleh Nabi Muhammad SAW. Engkau lah yang memberikan pertolongan, Engkau lah yang memberikan kemudahan, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan dari Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

3. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Ketiga

“Allaahumma inni as’aluka bi anna laka laa ilaaha illa anta al-ahad al-samad alladhi lam yalid wa lam yulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad an taghfirali”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karena tidak ada Tuhan selain Engkau yang Maha Esa lagi Maha Dzat yang mencukupi segala kebutuhan, tidak melahirkan dan tidak pula dilahirkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan-Nya. Mohonlah ampunan bagi diriku.”

4. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Keempat

“Allaahumma innaa na’lamu annaka ta’lamu wa na’lamu annaka ‘alaamu al-ghuyuub wa aktsir min’-ni maa ‘alamt wa’allimni min fadhlika ma laa ‘alam wa thabbitni ‘alaa qauli-ka wa ansurni ‘alaa man kadza-ba’adhaa, wa laa taj’al musii-bati fii dhiini, wa laa taj’alid-dunyaa akbara hammi-naa, wa laa mabla-gha ‘ilminna wa laa tashaddudhaa ‘alaynaa ilaa man laa yarhamunaa”

Artinya:

“Ya Allah, kami mengetahui bahwasanya Engkau mengetahui segala yang tersembunyi dan kami juga mengetahui bahwasanya Engkau mengetahui segala yang tersembunyi. Selalu tingkatkan pengetahuan kami dan ajarkanlah kami hal-hal yang belum kami ketahui. Berikanlah kekuatan untuk tetap berpegang pada kalimat-Mu dan tolonglah kami menghadapi orang-orang yang mendustakan kalimat-Mu. Janganlah Engkau masukkan kami dalam kesulitan dalam urusan agama kami dan janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan utama hidup kami. Janganlah Engkau jadikan ilmu kami sebagai tujuan yang sulit dijangkau dan janganlah Engkau tempatkan beban berat pada kami pada orang yang tidak memiliki belas kasihan kepada kami.”

5. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kelima

“Allaahumma innaa yaa ayyuhaa al-rabbu yaa ayyuhaa al-ra’uufu yaa ayyuhaa al-rahiimu aslih da’iranaa wa aslih daaa’ir al-muslimeen al-mu’mineen wa arham ummate Muhammadin sallallaahu ‘alaihi wa sallam”

Artinya:

“Ya Allah, ya Tuhan Yang Maha Pengasih, ya Tuhan Yang Maha Penyayang, perbaikilah keadaan kami dan perbaikilah keadaan seluruh kaum Muslimin dan berikanlah rahmat kepada umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

6. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Keenam

“Allaahumma ‘alaa qolbii haadzaa al-maqsuud waa taqabbal minnii haatha al-qolb al-ssaa’im fii sabilik”

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah hatiku ini lurus dan terarah pada tujuan yang Allah ridhoi, dan terimalah hati saya yang sedang berjuang di jalan-Mu.”

7. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Ketujuh

“Allaahumma innii as’aluka bi qalb al-mu’miin wa isma’il muhaimin wa al-mustakhfi minnaa was-sakinati fil-qulubi an tusalli ‘alaa Muhammad wa alihi wa ashabihi wa an taj’ala haadihi al-salaata hajjatam makbuulatan lii wa li ummati Muhammadin sallallaahu ‘alaihi wa sallam”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan hati orang yang beriman, telinga yang selalu mendengar yang benar, dan kesejukan di dalam hati, agar Engkau memberikan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya. Jadikanlah sholat ini sebagai hajat yang dikabulkan oleh-Mu untuk saya serta umat Nabi Muhammad SAW.”

8. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kesepuluh

“Allaahumma innii as’aluka al-huda wa al-tuqa wa al-‘afaa wa al-ghinaa”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, keamanan, kesehatan, dan kekayaan.”

9. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kesepuluh

“Allaahumma anta al-salaam wa minka al-salaam wa ilayka ya’uudu al-salaam fahayyinaa rabbanaa bi al-salaam wa adkhilnaa jannatak wa na’udhu bika min syaqaa’iq al-nar”

Artinya:

“Ya Allah, Engkau adalah Maha Sejahtera dan dari-Mu datangnya keselamatan. Kepada-Mu lah segala keselamatan kembali. Jadikanlah hidup kami dipenuhi dengan keselamatan. Masukkanlah kami ke dalam surga-Mu dan hindarkanlah kami dari api neraka.”

10. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kesepuluh

Bahasa ArabArtinya
“Allaahumma innii as’aluka ilman naafi’an wa rizqan wasi’an wa shifaa’an min kulli daa’in”“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang melimpah, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

11. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kesebelas

“Allaahumma laa mani’a limaa a’tayta wa laa mu’tiya limaa mani’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minka al-jadd”

Artinya:

“Ya Allah, tidak ada yang bisa mencegah apa yang Engkau berikan, dan tidak ada yang bisa memberi apa yang Engkau cegah. Dan kekuasaan itu tidaklah berguna (dalam memberikan apa-apa) dari sisi-Mu.”

12. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Keduabelas

“Allaahumma innanaa na’tawajjahu ilaika fi hawlinaa wa qawwatinnaa fatakabbal minnaa ma lam natawajjahu ilaika wa lam nasta’idzulaka fiihi”

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam keadaan kami yang lemah dan dalam kekuatan kami yang sedikit agar Engkau menerima dari kami apa yang kami niatkan dan kami tidak bisa melakukannya tanpa pertolongan-Mu.”

13. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Ketigabelas

“Allaahumma inni as’aluka minal khairi kullihi ajilihi wa ajilihi maa ‘alimtu minhu wa maa laa a’lam”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebaikan yang didapat dengan segera atau di masa depan, baik yang aku ketahui atau tidak aku ketahui.”

14. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Keempatbelas

“Allaahumma innii as’aluka al-jannah wa ma qaraba ilaiha min qawlin aw ‘amal”

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan segala amalan yang mendekatkanku kepadanya baik dalam perkataan atau perbuatan.”

15. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Kelima Belas

“Allaahumma aslih lii diinii alladzii huwa ismatu amri, wa aslih lii dunyaa allatii fiihaa ma’aasyii, wa aslih lii aakhirati allatii fiihaa ma’aadhi, wa ja’alil-hayaata ziyada-tan lii fii kulli khairin, wa ja’alil-maut raahatan lii min kulli syarrin”

Artinya:

“Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan pelindung dari segala urusanku. Perbaikilah dunia yang menjadi tempat aku hidup dan berbuat baik, dan perbaikilah akhirat yang menjadi tempat aku kembali. Berikanlah hidupku bertambah baik setiap harinya dan jadikanlah kematianku sebagai tempat berlindung dari segala kejahatan.”

16. Doa Setelah Sholat Sunnah Hajat Keenambelas

“Alla

Leave a Comment