Doa Setelah Qunut: Mengenal Doa Setelah Shalat Qunut dalam Islam

Shalat qunut merupakan bagian dari shalat yang dilakukan oleh umat muslim dalam mengerjakan shalat subuh, shalat witir, atau shalat dhuha. Shalat qunut memiliki doa yang dibaca setelah selesai membaca surat Al-Fatihah. Doa setelah qunut ini biasanya dibaca dengan suara yang pelan dan khidmat.

Apa Itu Doa Setelah Qunut?

Doa setelah qunut adalah doa yang dibaca setelah selesai melakukan shalat qunut. Doa ini memiliki makna yang dalam dan penuh dengan harapan serta permohonan kepada Allah SWT. Dalam doa ini, umat muslim memohon berbagai macam permohonan seperti meminta ampunan atas dosa-dosanya, memohon keselamatan, dan lain sebagainya.

Sejarah Doa Setelah Qunut

Doa setelah qunut telah dilakukan sejak zaman Rasulullah SAW. Ketika itu, Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat qunut di tengah-tengah perjuangan Islam. Doa setelah qunut ini juga dilakukan oleh para sahabat Nabi Muhammad SAW dan terus dilakukan hingga saat ini.

Bagaimana Cara Membaca Doa Setelah Qunut?

Doa setelah qunut dibaca setelah selesai membaca surat Al-Fatihah pada shalat qunut. Doa ini dibaca dengan suara yang pelan dan khidmat dan sebaiknya dihafal agar bisa dibaca dengan lancar. Berikut adalah doa setelah qunut yang biasa dibaca:

Doa Setelah Qunut

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka.”

Keutamaan Membaca Doa Setelah Qunut

Membaca doa setelah qunut memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Beberapa keutamaan dari doa ini antara lain:

1. Mendapatkan Ampunan atas Dosa-dosa

Dalam doa setelah qunut, umat muslim memohon ampunan atas dosa-dosanya. Dengan membaca doa ini secara rutin, umat muslim dapat memperbaiki diri dan mendapatkan pengampunan atas dosa-dosa yang pernah dilakukan.

2. Mendapatkan Rezeki yang Halal

Doa setelah qunut juga memohon kepada Allah SWT untuk diberikan rezeki yang halal dan baik. Dengan membaca doa ini, umat muslim diharapkan mendapatkan rejeki yang halal dan barokah.

3. Mendapatkan Perlindungan dari Bahaya

Di dalam doa setelah qunut, umat muslim juga memohon perlindungan dari bahaya dan kecelakaan. Dengan membaca doa ini, umat muslim diharapkan mendapatkan perlindungan dari segala macam bahaya dan kecelakaan yang ada di dunia.

Table: Keutamaan Membaca Doa Setelah Qunut

NoKeutamaan
1Mendapatkan Ampunan atas Dosa-dosa
2Mendapatkan Rezeki yang Halal
3Mendapatkan Perlindungan dari Bahaya

Bagaimana dengan Doa Setelah Qunut Shalat Witir?

Doa setelah qunut shalat witir memiliki bacaan yang berbeda dengan doa setelah qunut shalat subuh. Berikut adalah doa setelah qunut shalat witir yang biasa dibaca:

Doa Setelah Qunut Shalat Witir

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

“Ya Allah, kami memohon pertolongan dan ampunan kepadaMu, kami beriman kepadaMu, kami tawakkal kepadaMu, kami memujiMu atas kebaikanMu, kami bersyukur kepadaMu, kami tidak mengingkariMu, kami meninggalkan dan melepaskan orang-orang yang mengingkariMu. Ya Allah, hanya kepadaMu kami beribadah, hanya kepadaMu kami bershalawat, bersujud dan mengharapkan rahmatMu serta takut akan adzabMu. Sesungguhnya adzabMu sangat dekat bagi orang-orang yang kafir.”

FAQs

1. Apa itu shalat qunut?

Shalat qunut merupakan bagian dari shalat yang dilakukan oleh umat muslim dalam mengerjakan shalat subuh, shalat witir, atau shalat dhuha. Shalat qunut memiliki doa yang dibaca setelah selesai membaca surat Al-Fatihah.

2. Apa keutamaan membaca doa setelah qunut?

Membaca doa setelah qunut memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Beberapa keutamaan dari doa ini antara lain mendapatkan ampunan atas dosa-dosa, mendapatkan rezeki yang halal, dan mendapatkan perlindungan dari bahaya.

3. Bagaimana cara membaca doa setelah qunut?

Doa setelah qunut dibaca setelah selesai membaca surat Al-Fatihah pada shalat qunut. Doa ini dibaca dengan suara yang pelan dan khidmat dan sebaiknya dihafal agar bisa dibaca dengan lancar.

4. Kapan waktu shalat qunut dilakukan?

Shalat qunut dilakukan pada shalat subuh, shalat witir, atau shalat dhuha.

5. Apa makna dari doa setelah qunut?

Doa setelah qunut memiliki makna yang dalam dan penuh dengan harapan serta permohonan kepada Allah SWT. Dalam doa ini, umat muslim memohon berbagai macam permohonan seperti meminta ampunan atas dosa-dosanya, memohon keselamatan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Doa setelah qunut merupakan doa yang dibaca setelah selesai melakukan shalat qunut. Doa ini memiliki makna yang dalam dan penuh dengan harapan serta permohonan kepada Allah SWT. Dalam doa ini, umat muslim memohon berbagai macam permohonan seperti meminta ampunan atas dosa-dosanya, memohon keselamatan, dan lain sebagainya. Membaca doa setelah qunut memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim seperti mendapatkan ampunan atas dosa-dosa, mendapatkan rezeki yang halal, dan mendapatkan perlindungan dari bahaya.

Leave a Comment