DOA SETELAH ISTIKHARAH: Cara Berdoa yang Benar dan Membawa Manfaat

DOA SETELAH ISTIKHARAH: Cara Berdoa yang Benar dan Membawa Manfaat

Doa merupakan salah satu ibadah yang sangat penting bagi umat muslim. Dalam berbagai kegiatan, doa selalu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu doa yang banyak dilakukan oleh umat muslim adalah doa istikharah. Doa ini dilakukan ketika seseorang akan mengambil keputusan dalam suatu hal. Doa istikharah bisa dilakukan untuk berbagai hal, seperti menentukan jodoh, memilih pekerjaan, dan masih banyak lagi. Namun, banyak orang yang masih bingung tentang bagaimana cara berdoa istikharah yang benar dan membawa manfaat. Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang doa istikharah dan cara berdoa yang benar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Apa itu Doa Istikharah?

Doa istikharah adalah doa yang dilakukan ketika seseorang dalam keadaan bimbang atau bingung dalam mengambil suatu keputusan. Dalam doa istikharah, seseorang memohon petunjuk dari Allah SWT untuk memilih jalan yang terbaik bagi dirinya. Doa istikharah juga dilakukan untuk menghindari keputusan yang salah atau merugikan diri sendiri.

Keutamaan Doa Istikharah

Doa istikharah memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

1. Menghindari Keputusan yang Salah

Doa istikharah membantu seseorang untuk menghindari keputusan yang salah atau tidak sesuai dengan keinginannya. Dengan berdoa istikharah, seseorang memohon petunjuk dari Allah SWT untuk memilih jalan yang terbaik bagi dirinya.

2. Mendapatkan Keteduhan Hati

Seseorang yang melakukan doa istikharah akan merasa lebih tenang dan mendapatkan ketenangan hati. Hal ini karena ia yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi dirinya.

3. Meningkatkan Ketaqwaan

Doa istikharah juga dapat meningkatkan ketaqwaan seseorang. Dalam berdoa istikharah, seseorang memohon petunjuk dari Allah SWT dan menyerahkan segala urusannya kepada-Nya. Hal ini menunjukkan rasa tawakal kepada Allah SWT.

Cara Berdoa Istikharah yang Benar

Berikut ini adalah cara berdoa istikharah yang benar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW:

1. Waktu yang Tepat

Doa istikharah sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat, yaitu antara shalat Isya dan shalat subuh. Hal ini karena pada waktu tersebut, seseorang memiliki ketenangan dalam berdoa dan lebih mudah merasakan petunjuk dari Allah SWT.

2. Menentukan Keputusan yang Ingin Diambil

Sebelum berdoa istikharah, seseorang harus menentukan keputusan yang ingin diambil. Hal ini membantu seseorang dalam memfokuskan doanya pada pilihan yang ingin diambil.

3. Berwudhu dan Shalat Sunnah Istikharah

Sebelum berdoa istikharah, seseorang harus berwudhu terlebih dahulu. Setelah itu, seseorang dapat melakukan shalat sunnah istikharah. Shalat sunnah ini dilakukan dengan dua rakaat dan setelah salam, seseorang dapat langsung berdoa istikharah.

4. Membaca Doa Istikharah

Setelah shalat sunnah istikharah, seseorang dapat langsung membaca doa istikharah. Berikut ini adalah doa istikharah yang benar:

Bismillahirrahmanirrahim
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ ارْضِنِي بِهِ
Aku memohon keputusan dari-Mu dengan ilmu-Mu dan kemampuan-Mu, aku memohon dari karunia-Mu yang agung. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak berdaya dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui. Engkau-lah yang mengetahui segala hal yang gaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini lebih baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akibat urusanku, maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah jalannya, berilah keberkahan atasnya. Namun jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini membawa keburukan bagi agamaku, kehidupanku, dan akibat urusanku, maka jauhkanlah dari padaku dan jauhkanlah aku darinya serta takdirkanlah bagiku kebaikan di mana saja dan ridhai aku dengan pilihan-Mu.

5. Berdoa dengan Ikhlas

Setelah membaca doa istikharah, seseorang harus berdoa dengan ikhlas dan yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik bagi dirinya.

FAQs

1. Apa itu doa istikharah?

Doa istikharah adalah doa yang dilakukan ketika seseorang dalam keadaan bimbang atau bingung dalam mengambil suatu keputusan.

2. Apa keutamaan doa istikharah?

Beberapa keutamaan doa istikharah antara lain menghindari keputusan yang salah, mendapatkan ketenangan hati, dan meningkatkan ketaqwaan.

3. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan doa istikharah?

Doa istikharah sebaiknya dilakukan pada waktu antara shalat Isya dan shalat subuh.

4. Apa yang harus dilakukan sebelum berdoa istikharah?

Sebelum berdoa istikharah, seseorang harus menentukan keputusan yang ingin diambil, berwudhu, dan melakukan shalat sunnah istikharah.

5. Bagaimana cara membaca doa istikharah yang benar?

Doa istikharah dapat dibaca dengan mengikuti tata cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa tersebut dapat ditemukan dalam artikel ini.

Kesimpulan

Doa istikharah merupakan doa yang sangat penting bagi umat muslim. Dalam berbagai kegiatan, doa selalu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dalam doa istikharah, seseorang memohon petunjuk dari Allah SWT untuk memilih jalan yang terbaik bagi dirinya. Berdoa istikharah harus dilakukan dengan benar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Dengan berdoa istikharah, seseorang dapat menghindari keputusan yang salah atau merugikan diri sendiri. Selain itu, doa istikharah juga dapat meningkatkan ketaqwaan dan mendapatkan ketenangan hati.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang doa istikharah. Penulis tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi atau tindakan yang diambil berdasarkan informasi yang terdapat pada artikel ini. Pembaca diharapkan untuk melakukan pengecekan dan verifikasi ulang terhadap informasi yang diperoleh dari sumber lain sebelum mengambil sebuah keputusan.

Leave a Comment