Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk

Surat Al-Mulk adalah salah satu surat di dalam Al-Quran yang terdiri dari 30 ayat. Surat ini sering dibaca oleh umat muslim karena memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaannya adalah membaca surat Al-Mulk sebelum tidur dapat melindungi dari siksa kubur. Namun, setelah membaca surat Al-Mulk, ada baiknya kita membaca doa untuk memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut adalah doa setelah membaca surat Al-Mulk:

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk

Berikut adalah doa setelah membaca surat Al-Mulk:

  1. Doa Pertama

    اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

    “Allahumma inni a’udhu bika min ‘adhabi jahannama wa a’udhu bika min ‘adhabil-qabri wa a’udhu bika min fitnatil-mahya wal-mamat wa a’udhu bika min fitnatil-masihid-dajjal.”

    Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.

  2. Doa Kedua

    رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    “Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil ‘akhirati hasanatan waqina ‘adhaban-nar.”

    Artinya: Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa api neraka.”

  3. Doa Ketiga

    اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

    “Allahumma inni as’aluka al-jannata wa ma qarraba ilayha min qawlin aw ‘amalin wa a’udhu bika min an-nari wa ma qarraba ilayha min qawlin aw ‘amalin wa as’aluka an taj’al kulla qadha’in qadaytahu li khairan.”

    Artinya: Ya Allah, aku memohon kepadamu surga dan apa pun yang mendekatkan aku padanya dari ucapan atau perbuatan. Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa pun yang mendekatkan aku padanya dari ucapan atau perbuatan. Dan aku memohon kepadamu agar menjadikan setiap qadha’ (ketetapan-Mu) yang telah Engkau tetapkan untukku sebagai kebaikan.”

  4. Doa Keempat

    اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

    “Allahumma inni as’aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalan.”

    Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.”

  5. Doa Kelima

    اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

    “Allahumma inni a’udhu bika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qalbin la yakhsha’u wa min nafsin la tashba’u wa min da’watin la yustajabu laha.”

    Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak takut kepada-Mu, nafs yang tidak pernah merasa cukup, dan doa yang tidak pernah dijawab.”

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

Surat Al-Mulk memiliki banyak keutamaan bagi orang yang membacanya, di antaranya:

  1. Terhindar dari siksa kubur

    Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur dapat melindungi dari siksa kubur. Hal ini berdasarkan hadis dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

    عَنْ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “إِنَّ سُورَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلاَثِينَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا حَتْى غُفِرَ لَهُ، وَهِيَ سُورَةُ ‏”تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ”‏” (رواه الترمذي)

    Artinya: Dari Jabir, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Sesungguhnya ada satu surah dalam Al-Quran yang terdiri dari tiga puluh ayat, memberi syafaat kepada pembacanya hingga diampuni dosanya, yaitu surah Tabarakalladzi bi yadihil mulk” (HR. Tirmidzi).

  2. Memperoleh keberkahan

    Sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

    عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “إِنَّ اللَّهَ تَعَالَى لَيُؤْمِنُ عَلَى قَارِئِهَا تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ ثَلاَثًا وَيُفَرِّجُ عَنْهُ بِهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَيَجْعَلُهَا لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَيَجْعَلُ لَهُ بِهَا عِزًّا فِي الْجَنَّةِ” (رواه الترمذي)

    Artinya: Dari Abdullah bin Mas’ud, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Sesungguhnya Allah SWT memperkenankan tiga hal bagi orang yang membaca surat Tabarakalladzi bi yadihil mulk, yaitu: 1) melindungi dari siksa kubur, 2) menjadi cahaya baginya di hari kiamat, dan 3) menjadi kebanggaan baginya di surga” (HR. Tirmidzi).

  3. Memudahkan rezeki

    Sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

    عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “إِنَّ سُورَةً مِنَ الْقُرْآنِ ثَلاَثِينَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، فَهِيَ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ يَقُولُ: كَانَ فِيهِ رَجُلٌ اسْمُهُ عُمْرَانُ، فَلَمَّا نَزَلَتِ السُّورَةُ قَالَ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِهَا وَبِاسْمِكَ الأَعْظَمِ الَّذِي إِذَا دُعِيْتَ بِهِ أَجَبْتَ أَنْ تَجْعَلَنِي خَيْرَ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَأَنْ تَرْزُقَنِي مِنْهَا رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا” (رواه الترمذي)

    Artinya: Dari Jabir bin Abdullah, dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Sesungguhnya ada satu surah dalam Al-Quran yang terdiri dari tiga puluh ayat, memberi syafaat kepada seorang pria sehingga diampuni dosanya, yaitu surat Tabarakalladzi bi yadihil mulk. Ada seorang pria bernama Imran, ketika turun surat ini, dia berkata: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan surah ini dan dengan nama-Mu yang agung yang apabila aku memohon dengan nama itu

Leave a Comment