Doa Setelah Adzan Arab dan Latin

Adzan adalah panggilan bagi umat Islam untuk melakukan shalat lima waktu. Adzan dilakukan dengan tujuan agar orang-orang yang berada di sekitar tempat ibadah dapat mengetahui bahwa waktu shalat telah tiba. Setelah adzan dilakukan, sebaiknya kita mengucapkan doa setelah adzan yang disarankan oleh Rasulullah SAW.

Table of Contents

Doa Setelah Adzan dalam Bahasa Arab

Doa setelah adzan dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut:

1. Ashhadu allā ilāha illā-llāh wahdahu lā sharīka lah, wa-ashhadu anna muḥammadan ʿabduhu wa-rasūluh, raḍītu Billāhi rabban wa-bil-islāmi dīnan wa-bi-Muḥammadin ṣallā Allāhu ʿalayhi wa-sallama nabiyyan wa-rasūlan wa-bi-Muḥammadin ṣallā Allāhu ʿalayhi wa-sallama khātiman-nabiyyīn.

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Aku meridhai Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam atas Nabi Muhammad, Nabi dan Rasul terakhir.”

2. Allāhumma rabba hādhihi-d-da‘watit-tāmmah, wa-salāt-il-qā’imah, āti muḥammadan al-waṣīlah wa-l-faḍīlah, wa-b‘athhu maqāman maḥmūdan alladhī wa‘adtahu.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna ini dan shalat yang didirikan, berikanlah wasilah (kedudukan terhormat) dan fadhilah (kelebihan) kepada Nabi Muhammad, dan bangkitkanlah dia ke maqam terpuji yang engkau janjikan.”

Doa Setelah Adzan dalam Bahasa Latin

Doa setelah adzan dalam bahasa Latin adalah sebagai berikut:

1. Asyhadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu, rahdhitu billahi rabban, wa bi Muhammadin rasuulan wa nabiyyan.

Artinya:

“Aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Aku ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul.”

2. Allahumma rabba hadhihi-d-da‘watit-tāmmah, wa-salāt-il-qā’imah, āti Muhammadan al-wasilah wa-l-fadilah, wa-b‘athhu maqamam mahmudan alladhi wa‘adtahu.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna ini dan shalat yang didirikan, berikanlah wasilah (kedudukan terhormat) dan fadhilah (kelebihan) kepada Nabi Muhammad, dan bangkitkanlah dia ke maqam terpuji yang Engkau janjikan.”

Keutamaan Mengucapkan Doa Setelah Adzan

Ucapan doa setelah adzan memiliki keutamaan yang sangat besar. Berikut ini beberapa keutamaannya:

1. Mendapat Pahala

Dalam sebuah hadis, disebutkan bahwa orang yang mengucapkan doa setelah adzan akan mendapatkan pahala yang besar. Pahala tersebut setara dengan pahala seorang yang berpuasa dan berjihad di jalan Allah SWT.

2. Mendapatkan Syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Orang yang mengucapkan doa setelah adzan juga akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

3. Terhindar dari Sifat Kikir dan Rakus

Orang yang mengucapkan doa setelah adzan akan terhindar dari sifat kikir dan rakus dalam berbagai aspek kehidupan.

4. Meningkatkan Kualitas Iman

Dengan mengucapkan doa setelah adzan, seseorang akan semakin merasa dekat dengan Allah SWT. Hal ini akan membuat kualitas iman seseorang semakin meningkat.

Doa Setelah Adzan untuk Anak-Anak

Berikut ini doa setelah adzan yang mudah dihafalkan oleh anak-anak:

1. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama sholaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid, wabarak ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid.

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat ke atas Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberikan shalawat ke atas Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia. Berikanlah berkah kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberikan berkah ke atas Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia.”

2. Allahumma antal-haqqu wa wadu’uka haqqa wa wa’duka maa hiya ahluhu, fa a’fu ‘anna, ya gafurru ya ghafar.

Artinya:

“Ya Allah, Engkau yang Maha Benar dan janji-Mu pasti terjadi. Engkau memberikan janji kepada orang-orang yang berhak atasnya. Oleh karena itu, ampunilah dosa-dosa kami, wahai Yang Maha Pengampun dan Maha Pemaaf.”

Table: Doa Setelah Adzan dalam Bahasa Arab dan Latin

NoBahasa ArabBahasa Latin
1Ashhadu allā ilāha illā-llāh wahdahu lā sharīka lah, wa-ashhadu anna muḥammadan ʿabduhu wa-rasūluh, raḍītu Billāhi rabban wa-bil-islāmi dīnan wa-bi-Muḥammadin ṣallā Allāhu ʿalayhi wa-sallama nabiyyan wa-rasūlan wa-bi-Muḥammadin ṣallā Allāhu ʿalayhi wa-sallama khātiman-nabiyyīnAsyhadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu, rahdhitu billahi rabban, wa bi Muhammadin rasuulan wa nabiyyan
2Allāhumma rabba hādhihi-d-da‘watit-tāmmah, wa-salāt-il-qā’imah, āti muḥammadan al-waṣīlah wa-l-faḍīlah, wa-b‘athhu maqāman maḥmūdan alladhī wa‘adtahuAllahumma rabba hadhihi-d-da‘watit-tāmmah, wa-salāt-il-qā’imah, āti Muhammadan al-wasilah wa-l-fadilah, wa-b‘athhu maqamam mahmudan alladhi wa‘adtahu

FAQs

1. Apa itu adzan?

Adzan adalah panggilan bagi umat Islam untuk melakukan shalat lima waktu.

2. Apa tujuan dilakukannya adzan?

Tujuan dilakukannya adzan adalah agar orang-orang yang berada di sekitar tempat ibadah dapat mengetahui bahwa waktu shalat telah tiba.

3. Apa keutamaan mengucapkan doa setelah adzan?

Keutamaan mengucapkan doa setelah adzan antara lain mendapat pahala, mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW, terhindar dari sifat kikir dan rakus, dan meningkatkan kualitas iman.

4. Apa saja doa setelah adzan?

Doa setelah adzan adalah:

  • Ashhadu allā ilāha illā-llāh wahdahu lā sharīka lah, wa-ashhadu anna muḥammadan ʿabduhu wa-rasūluh, raḍītu Billāhi rabban wa-bil-islāmi dīnan wa-bi-Muḥammadin ṣallā Allāhu ʿalayhi wa-sallama nabiyyan wa-rasūlan wa-bi-Muḥammadin ṣallā Allāhu ʿalayhi wa-sallama khātiman-nabiyyīn
  • Allāhumma rabba hādhihi-d-da‘watit-tāmmah, wa-salāt-il-qā’imah, āti muḥammadan al-waṣīlah wa-l-faḍīlah, wa-b‘athhu maqāman maḥmūdan alladhī wa‘adtahu
  • Asyhadu an laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu, rahdhitu billahi rabban, wa bi Muhammadin rasuulan wa nabiyyan
  • Allahumma antal-haqqu wa wadu’uka haqqa wa wa’duka maa hiya ahluhu, fa a’fu ‘anna, ya gafurru ya ghafar

5. Apa doa setelah adzan untuk anak-anak?

Doa setelah adzan untuk anak-anak adalah:

  • Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama sholaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid, wabarak ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim, innaka hamidun majid
  • Allahumma antal-haqqu wa wadu’uka haqqa wa wa’duka maa hiya ahluhu, fa a’fu ‘anna, ya gafurru ya ghafar

Kesimpulan

Ucapan doa setelah adzan merupakan hal yang sangat penting bagi umat Islam. Dengan mengucapkan doa setelah adzan, kita akan mendapat keutamaan yang besar. Selain itu, doa setelah adzan juga akan meningkatkan kualitas iman kita dan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Oleh karena itu, marilah kita selalu mengucapkan doa setelah adzan dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.

Categories Doa

Leave a Comment