Doa Sebelum Sidang Skripsi: Panduan Lengkap

Menjelang sidang skripsi, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar segala sesuatunya berjalan lancar. Tidak hanya persiapan materi penelitian, tetapi juga persiapan spiritual yang tidak kalah pentingnya. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah berdoa sebelum sidang skripsi.

Kenapa Perlu Berdoa Sebelum Sidang Skripsi?

Sebagai seorang muslim, berdoa adalah salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dalam segala hal, termasuk menjalani sidang skripsi. Dalam Islam, berdoa juga dianggap sebagai tanda keimanan dan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT.

Selain itu, berdoa sebelum sidang skripsi juga bisa membantu mengurangi rasa gugup dan memperbaiki konsentrasi selama sidang berlangsung. Dengan berdoa, kita menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT dan memohon agar segala sesuatunya dipermudah.

Doa Sebelum Sidang Skripsi

Berikut ini adalah beberapa doa yang bisa dibaca sebelum menjalani sidang skripsi:

1. Doa Sebelum Mengerjakan Hal yang Penting

اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلًا

Allahumma laa sahla illa ma ja’altahu sahlan, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlan.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali yang Engkau mudahkan. Dan Engkau menjadikan kesedihan menjadi mudah apabila Engkau berkehendak.”

2. Doa Meminta Kemudahan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيوَيَسِّرْ لِي أَمْرِيوَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِييَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbi ishrah li sadri wa yassir li amri, waahlul ‘uqdatan min lisani yafqahu qawli.

Artinya: “Ya Allah, lapangkanlah dadaku dan memudahkanlah urusanku serta lepaskanlah simpul yang ada di lidahku agar mereka mengerti ucapanku.”

3. Doa Memohon Pertolongan

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaytana wa hab lana milladunka rahmah innaka antal wahhab.

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Pemberi karunia.”

Amalan Lain Sebelum Sidang Skripsi

Selain berdoa, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan menjelang sidang skripsi:

1. Membaca Surat Al-Fatihah dan Ayat Kursi

Membaca surat Al-Fatihah dan ayat Kursi adalah amalan yang sangat dianjurkan bagi umat muslim, karena keduanya memiliki banyak keutamaan. Selain itu, membaca ayat Kursi juga dipercaya dapat memberikan perlindungan dari segala jenis bahaya.

2. Tawakal kepada Allah SWT

Setelah berdoa dan melakukan amalan lain, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah tawakal kepada Allah SWT. Artinya, melepaskan segala urusan kepada Allah SWT dan percaya bahwa segala sesuatunya akan diatur oleh-Nya dengan sebaik-baiknya.

Table: Bacaan Doa Sebelum Sidang Skripsi

NoBacaan Doa
1Doa Sebelum Mengerjakan Hal yang Penting
2Doa Meminta Kemudahan
3Doa Memohon Pertolongan

Conclusion

Berdoa sebelum sidang skripsi adalah salah satu cara untuk memohon pertolongan Allah SWT dan mengurangi rasa gugup saat menjalani sidang. Selain berdoa, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan, seperti membaca surat Al-Fatihah dan ayat Kursi, serta tawakal kepada Allah SWT. Dengan persiapan spiritual yang baik, diharapkan segala sesuatunya bisa berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang maksimal.

FAQs

1. Apakah berdoa sebelum sidang skripsi penting?

Ya, berdoa sebelum sidang skripsi sangat penting karena dapat membantu mengurangi rasa gugup dan memperbaiki konsentrasi selama sidang berlangsung.

2. Apa saja doa yang bisa dibaca sebelum sidang skripsi?

Beberapa doa yang bisa dibaca sebelum sidang skripsi antara lain doa sebelum mengerjakan hal yang penting, doa meminta kemudahan, dan doa memohon pertolongan.

3. Apa saja amalan lain yang bisa dilakukan sebelum sidang skripsi?

Beberapa amalan lain yang bisa dilakukan sebelum sidang skripsi antara lain membaca surat Al-Fatihah dan ayat Kursi, serta tawakal kepada Allah SWT.

4. Apa manfaat dari membaca surat Al-Fatihah dan ayat Kursi?

Membaca surat Al-Fatihah dan ayat Kursi memiliki banyak manfaat, seperti memberikan keberkahan, membantu menghilangkan rasa takut dan gugup, serta memberikan perlindungan dari segala jenis bahaya.

5. Apa arti tawakal kepada Allah SWT?

Tawakal kepada Allah SWT artinya melepaskan segala urusan kepada Allah SWT dan percaya bahwa segala sesuatunya akan diatur oleh-Nya dengan sebaik-baiknya.

Disclaimer

Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat medis, hukum, atau keuangan profesional. Pembaca disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, pengacara, atau ahli keuangan yang kompeten sebelum mengambil tindakan yang berkaitan dengan kesehatan, hukum, atau keuangan.

Leave a Comment