Doa Melihat Orang Meninggal: Menyambut Kematian dengan Ikhlas

Doa melihat orang meninggal adalah sejenis doa yang dibaca ketika seseorang melihat orang yang sedang menghadapi ajalnya atau telah meninggal dunia. Doa ini memiliki tujuan untuk memberikan ketenangan dan keikhlasan bagi orang yang melihat dan bagi orang yang telah meninggal. Dalam agama Islam, ajal adalah suatu hal yang pasti dan kita harus siap menghadapinya kapan saja. Oleh karena itu, doa melihat orang meninggal sangat penting untuk dipelajari.

Bacaan Doa Melihat Orang Meninggal

Doa melihat orang meninggal biasanya dilafalkan dengan suara pelan dan tenang. Berikut ini adalah bacaan doa melihat orang meninggal:

Doa ketika melihat orang yang sedang sakaratul maut

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِلْمَيِّتِ وَلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ، اِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبٌ الدَّعْوَاتِ

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan orang yang sedang sakaratul maut, orang-orang muslim dan muslimah, orang-orang mukmin dan mukminah, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal. Sungguh Engkau Maha Dekat lagi Maha Mengabulkan doa.”

Doa ketika melihat jenazah

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِلْمَيِّتِ وَلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ الْجَنَّةِ، وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ الْجَنَّةِ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا مِمَّنْ يَرْثَ الْجَنَّةَ، وَمِنْ عَافِيَتِكَ وَرِضْوَانِكَ، وَمِنْ سَخَطِكَ وَعَذَابِكَ”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, dan shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad, ya Allah ampunilah aku, orang yang meninggal, serta kaum muslimin dan muslimat, kaum mukminin dan mukminat. Ya Allah, kami memohon kebaikan yang terdapat di surga-Mu dan kami berlindung dari keburukan yang ada di neraka-Mu. Ya Allah jadikanlah kami termasuk orang-orang yang mewarisi surga-Mu, mendapatkan rahmat dan keridhaan-Mu, dan terhindar dari kemurkaan dan siksa-Mu.”

Keutamaan Membaca Doa Melihat Orang Meninggal

Membaca doa melihat orang meninggal memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

1. Memberikan ketenangan

Ketika seseorang melihat orang yang sedang menghadapi ajalnya atau telah meninggal, perasaan cemas dan takut kerap menyelimuti. Dengan membaca doa melihat orang meninggal, seseorang akan merasa lebih tenang dan dapat menerima kenyataan dengan ikhlas.

2. Menyambut kematian dengan ikhlas

Karena ajal adalah suatu hal yang pasti, maka sebagai manusia kita harus siap menghadapinya kapan saja. Dengan membaca doa melihat orang meninggal, seseorang akan lebih mudah menerima kenyataan dan menyambut kematian dengan ikhlas.

3. Mendapatkan pahala

Membaca doa melihat orang meninggal merupakan suatu amal kebaikan yang akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Pahala ini akan terus mengalir bahkan setelah seseorang telah wafat.

Adab Membaca Doa Melihat Orang Meninggal

Untuk membaca doa melihat orang meninggal, seseorang harus memperhatikan beberapa adab, di antaranya:

1. Baca dengan hati yang ikhlas

Membaca doa melihat orang meninggal harus dilakukan dengan kesungguhan hati dan penuh keikhlasan. Jangan membaca doa hanya karena ingin mendapatkan pahala atau tampak religius.

2. Baca dengan tenang

Membaca doa melihat orang meninggal harus dilakukan dengan suara yang pelan dan tenang. Hal ini bertujuan agar orang yang sakaratul maut atau jenazah tidak terganggu.

3. Baca dengan tajwid yang benar

Membaca doa melihat orang meninggal harus dilakukan dengan tajwid yang benar. Hal ini penting untuk memastikan doa terdengar jelas dan dapat dipahami oleh semua orang.

Contoh Doa Melihat Orang Meninggal dalam Al-Quran

Doa melihat orang meninggal juga terdapat dalam Al-Quran, di antaranya:

SuratAyatArti
Al-Baqarah156“Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali”
Yunus56“Kepada Allah-lah kembali segala sesuatu”
Ali Imran185“Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati”

FAQs

1. Apa itu doa melihat orang meninggal?

Doa melihat orang meninggal adalah sejenis doa yang dibaca ketika seseorang melihat orang yang sedang menghadapi ajalnya atau telah meninggal dunia. Tujuannya adalah untuk memberikan ketenangan dan keikhlasan bagi orang yang melihat dan bagi orang yang telah meninggal.

2. Bagaimana cara membaca doa melihat orang meninggal?

Doa melihat orang meninggal biasanya dilafalkan dengan suara pelan dan tenang. Doa ini harus dibaca dengan hati yang ikhlas, tenang, dan tajwid yang benar.

3. Apa keutamaan membaca doa melihat orang meninggal?

Membaca doa melihat orang meninggal memiliki beberapa keutamaan, di antaranya memberikan ketenangan, menyambut kematian dengan ikhlas, dan mendapatkan pahala.

4. Apa saja adab membaca doa melihat orang meninggal?

Adab membaca doa melihat orang meninggal antara lain harus dilakukan dengan hati yang ikhlas, suara yang pelan dan tenang, serta tajwid yang benar.

5. Apakah doa melihat orang meninggal terdapat dalam Al-Quran?

Ya, terdapat beberapa ayat dalam Al-Quran yang berkaitan dengan doa melihat orang meninggal, di antaranya Surat Al-Baqarah ayat 156, Yunus ayat 56, dan Ali Imran ayat 185.

Kesimpulan

Doa melihat orang meninggal merupakan doa yang sangat penting untuk dipelajari bagi umat Islam. Dengan membaca doa ini, seseorang akan lebih mudah menerima kenyataan dan menyambut kematian dengan ikhlas. Adab membaca doa juga harus diperhatikan agar doa tersebut dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Leave a Comment