Doa Mau Tarawih – Cara Melaksanakan Sholat Tarawih dengan Doa yang Benar

Sholat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Tidak hanya sebagai sarana mendapatkan pahala, sholat tarawih juga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi para pelakunya. Namun, agar sholat tarawih menjadi lebih sempurna, ada baiknya untuk menyertakan doa mau tarawih. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai doa mau tarawih beserta cara melaksanakan sholat tarawih dengan benar.

Apa itu Doa Mau Tarawih?

Doa mau tarawih adalah doa yang dibaca sebelum melaksanakan sholat tarawih. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam melaksanakan sholat tarawih dan dikabulkan segala doa yang diucapkan. Selain itu, doa ini juga mengandung harapan untuk memperoleh keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Keutamaan Melaksanakan Sholat Tarawih

Ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika melaksanakan sholat tarawih, di antaranya:

  • Menambah pahala dan keberkahan dari Allah SWT
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental
  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
  • Menjalin silaturahmi dengan sesama muslim

Cara Melaksanakan Sholat Tarawih

Berikut adalah cara melaksanakan sholat tarawih yang benar:

1. Berwudhu

Sebelum melaksanakan sholat tarawih, lakukanlah wudhu terlebih dahulu. Wudhu adalah syarat sahnya sholat dan dapat membersihkan diri dari segala kotoran dan dosa.

2. Menunaikan Sholat Isya

Sholat tarawih dilakukan setelah sholat Isya. Oleh karena itu, pastikan untuk menunaikan sholat Isya terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat tarawih.

3. Memilih Tempat Sholat

Pilihlah tempat sholat yang nyaman dan tenang. Hindari tempat yang terlalu ramai atau berisik karena dapat mengganggu konsentrasi dalam melaksanakan sholat tarawih.

4. Membaca Niat Sholat Tarawih

Sebelum memulai sholat tarawih, bacalah niat sholat tarawih terlebih dahulu. Niat ini dapat mengukuhkan tekad dalam melaksanakan sholat tarawih.

5. Memulai Sholat Tarawih

Setelah membaca niat, mulailah melaksanakan sholat tarawih. Lakukanlah gerakan-gerakan sholat seperti sholat biasa, dengan jumlah rakaat yang bervariasi, tergantung dari kebiasaan masing-masing tempat.

6. Membaca Doa Mau Tarawih

Setelah membaca surat Al-Fatihah pada setiap rakaat, bacalah doa mau tarawih sebelum melanjutkan ayat-ayat selanjutnya. Doa ini dapat membantu dalam memperoleh keberkahan dan kemudahan dalam melaksanakan sholat tarawih.

7. Membaca Doa Setelah Sholat Tarawih

Setelah selesai melaksanakan sholat tarawih, bacalah doa yang dianjurkan setelah sholat tarawih. Doa ini dapat membantu dalam memperoleh keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Keutamaan Doa Mau Tarawih

Ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika membaca doa mau tarawih, di antaranya:

  • Doa ini dapat membantu dalam memperoleh kemudahan dan keberkahan dari Allah SWT ketika melaksanakan sholat tarawih.
  • Doa ini dapat membantu dalam memperoleh keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Bacaan doa ini dapat membantu dalam memperoleh ampunan dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Doa Mau Tarawih yang Benar

Berikut adalah doa mau tarawih yang dapat dibaca sebelum melaksanakan sholat tarawih:

ArabLatinArti
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ نَوَيْتُ أَنْ أُصَلِّيَ رَكْعَتَيْ اَلتَّرَاوِيْحِ مُتَوَجِّهًا إِلَيْكَ اَللَّهُ أَقْبَلْ مِنِّيْ هَذِهِ اَلصَّلَاةَ بِنِيَّاتِ الْخَالِصَةِ لِوَجْهِكَ اَلْكَرِيْمِAllahumma inni nawaitu an usalli rak’atain al-tarawih mutawajjihan ilaika Allah aqbal minni hadhihi al-salata bin niyyatil khaliṣati li wajhika al-karim“Ya Allah, sesungguhnya aku berniat untuk melaksanakan shalat tarawih dengan dua rakaat, menghadap kepada-Mu. Terimalah shalatku ini dengan niat yang suci karena Engkau, ya Allah.”

Cara Membaca Doa Mau Tarawih

Berikut adalah cara membaca doa mau tarawih yang benar:

  1. Baca doa ini saat berdiri setelah membaca Al-Fatihah pada setiap rakaat sholat tarawih.
  2. Bacalah doa ini dengan khusyuk dan penuh keikhlasan.
  3. Pastikan melafalkan doa ini dengan benar dan jelas agar tercapai maksud dan tujuan.

Kesimpulan

Sholat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Agar sholat tarawih menjadi lebih sempurna, ada baiknya untuk menyertakan doa mau tarawih. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam melaksanakan sholat tarawih dan dikabulkan segala doa yang diucapkan. Dalam melaksanakan sholat tarawih, pastikan untuk melakukannya dengan benar dan khusyuk. Bacalah doa mau tarawih dengan benar dan penuh keikhlasan agar tercapai maksud dan tujuan. Semoga kita selalu diberikan kemudahan dan keberkahan dalam menjalani ibadah di bulan Ramadhan. Amin.

FAQs

1. Apa itu sholat tarawih?

Sholat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Sholat ini dilakukan setelah sholat Isya dan dapat memberikan banyak keutamaan bagi pelakunya.

2. Apa itu doa mau tarawih?

Doa mau tarawih adalah doa yang dibaca sebelum melaksanakan sholat tarawih. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan dalam melaksanakan sholat tarawih dan dikabulkan segala doa yang diucapkan.

3. Bagaimana cara melaksanakan sholat tarawih?

Untuk melaksanakan sholat tarawih, pertama-tama lakukanlah wudhu terlebih dahulu. Selanjutnya, lakukan sholat Isya terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke sholat tarawih. Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang, kemudian bacalah niat sholat tarawih dan mulailah melaksanakan sholat tarawih dengan benar.

4. Apa saja keutamaan dari melaksanakan sholat tarawih?

Beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika melaksanakan sholat tarawih antara lain adalah menambah pahala dan keberkahan dari Allah SWT, menjaga kesehatan fisik dan mental, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta menjalin silaturahmi dengan sesama muslim.

5. Apa saja keutamaan dari membaca doa mau tarawih?

Beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika membaca doa mau tarawih antara lain adalah dapat membantu dalam memperoleh kemudahan dan keberkahan dari Allah SWT ketika melaksanakan sholat tarawih, dapat membantu dalam memperoleh keberkahan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta dapat membantu dalam memperoleh ampunan dari Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Disclaimer

Artikel ini dibuat semata-mata sebagai sarana pembelajaran dan meningkatkan pengetahuan mengenai doa mau tarawih. Segala informasi yang disajikan dalam artikel ini bersumber dari buku-buku dan referensi yang terpercaya. Namun, pembaca diharapkan untuk melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap informasi yang disajikan sebelum mengambil tindakan atau keputusan. Penulis dan website ini tidak bertanggung jawab atas segala tindakan atau keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang disajikan dalam artikel ini.

Leave a Comment