Doa Manasik Haji Arab dan Latin: Panduan Lengkap untuk Calon Jamaah Haji

Sebagai seorang muslim, haji merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Selain itu, haji juga menjadi salah satu momen paling berharga bagi umat muslim di seluruh dunia untuk bisa berkumpul dalam satu tempat dan menjalankan ibadah yang sama.

Namun, untuk bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar, setiap calon jamaah haji harus mempersiapkan diri dengan baik termasuk mempelajari doa-doa yang harus dibaca saat menjalankan ibadah haji. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang doa manasik haji arab dan latin yang harus diketahui oleh calon jamaah haji.

Apa itu Doa Manasik Haji?

Doa manasik haji adalah doa-doa yang harus dibaca oleh calon jamaah haji saat menjalankan ibadah haji. Doa-doa ini berkaitan dengan tahapan-tahapan dalam menjalankan ibadah haji seperti ihram, thawaf, sa’i, wukuf, serta tahallul.

Adapun tujuan dari membaca doa manasik haji adalah untuk memperkuat rasa taqwa dan menguatkan iman calon jamaah haji sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar.

Daftar Doa Manasik Haji Arab dan Latin

Berikut adalah daftar doa manasik haji yang harus diketahui oleh calon jamaah haji:

1. Doa Ihram

ArabLatinArti
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَLabbaikallahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, laa syarika lak.“Aku menyahut panggilan-Mu, ya Allah, aku menyahut panggilan-Mu. Aku menyahut panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sungguh, segala puji, kenikmatan, dan kerajaan hanyalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu.”

2. Doa Thawaf

Doa ini dibaca ketika akan memulai thawaf di sekitar Ka’bah.

a. Doa Pembuka Thawaf

ArabLatinArti
بِسْمِ اللهِ اللهُ أَكْبَرُBismillah, Allahu Akbar.“Dengan nama Allah, Allah Maha Besar.”

b. Doa Thawaf

ArabLatinArti
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِRabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaa ban naar.“Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa api neraka.”

3. Doa Sa’i

Doa ini dibaca ketika memulai sa’i antara bukit Safa dan Marwah.

ArabLatinArti
رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُRabbi ighfir warham wataub alayya innaka antattawwabur rahim.“Ya Allah, ampunilah dan sayangilah hamba-Mu ini, dan terimalah taubatku, karena sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

4. Doa Wukuf

Doa ini dibaca saat berada di Arafah.

ArabLatinArti
لا إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌLa ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir.“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya adalah kerajaan dan segala puji bagi-Nya. Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia berkuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa Tahallul

Doa ini dibaca ketika selesai menjalankan ibadah haji.

ArabLatinArti
لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَLabbaikallahumma labbaik, labbaika laa syarika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk, laa syarika lak.“Aku menyahut panggilan-Mu, ya Allah, aku menyahut panggilan-Mu. Aku menyahut panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu. Sungguh, segala puji, kenikmatan, dan kerajaan hanyalah milik-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu.”

FAQs

1. Apa itu doa manasik haji?

Doa manasik haji adalah doa-doa yang harus dibaca oleh calon jamaah haji saat menjalankan ibadah haji.

2. Apa tujuan dari membaca doa manasik haji?

Tujuan dari membaca doa manasik haji adalah untuk memperkuat rasa taqwa dan menguatkan iman calon jamaah haji sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar.

3. Apa saja doa manasik haji yang harus diketahui oleh calon jamaah haji?

Beberapa doa manasik haji yang harus diketahui antara lain doa ihram, thawaf, sa’i, wukuf, serta tahallul.

4. Apa yang harus dipersiapkan oleh calon jamaah haji sebelum menjalankan ibadah haji?

Calon jamaah haji harus mempersiapkan diri dengan baik termasuk mempelajari doa-doa yang harus dibaca saat menjalankan ibadah haji.

5. Apa pentingnya menjalankan ibadah haji?

Ibadah haji merupakan rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim yang mampu secara finansial dan fisik. Selain itu, haji juga menjadi salah satu momen paling berharga bagi umat muslim di seluruh dunia untuk bisa berkumpul dalam satu tempat dan menjalankan ibadah yang sama.

Kesimpulan

Doa manasik haji arab dan latin merupakan doa-doa penting yang harus diketahui oleh calon jamaah haji untuk bisa menjalankan ibadah haji dengan baik dan benar. Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang beberapa doa manasik haji yang harus diketahui oleh calon jamaah haji serta pengertian dan tujuannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan dapat menjadi panduan bagi calon jamaah haji dalam menjalankan ibadah hajinya.

Disclaimer: Artikel ini disusun sebagai panduan umum dan informatif saja. Pembaca diharapkan untuk memastikan kebenaran informasi ini dengan mengacu kepada sumber yang lebih resmi dan terpercaya.

Leave a Comment