Doa Makan Siang: Bacaan, Arti, dan Keutamaannya

Doa makan siang adalah salah satu doa yang dianjurkan bagi umat muslim untuk dibaca sebelum dan sesudah makan siang. Selain sebagai tanda syukur atas makanan yang diberikan, doa makan siang juga memiliki makna-makna yang mendalam bagi kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang doa makan siang, artinya, serta keutamaannya. Mari simak ulasannya.

Pengertian Doa Makan Siang

Doa makan siang merupakan salah satu doa yang dianjurkan dalam Agama Islam untuk dibaca sebelum dan setelah makan siang. Secara harfiah, doa makan siang artinya adalah doa yang dibaca sebelum dan setelah makan siang. Namun, dalam konteks agama, doa makan siang memiliki makna yang mendalam sebagai tanda syukur atas nikmat makanan yang diberikan oleh Allah.

Sejarah Doa Makan Siang

Doa makan siang menjadi salah satu doa yang dianjurkan dalam agama Islam sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Dalam kitab-kitab hadis, terdapat beberapa doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dibaca sebelum dan sesudah makan. Salah satunya adalah doa makan siang.

Bacaan Doa Makan Siang

Berikut adalah bacaan doa makan siang:

Sebelum Makan Siang

Bismillah. Allhumma bariklana fiima razakta naa waqina ‘adzaaban naar.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Kau berikan kepada kami dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka.

Sesudah Makan Siang

Alhamdulillahil ladzi at’amana wasaqonaa waja’alnaa minal muslimiin.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami sebagai orang-orang muslim.

Arti Doa Makan Siang

Doa makan siang memiliki makna yang sangat dalam bagi kehidupan sehari-hari. Secara umum, doa makan siang mengajarkan manusia untuk senantiasa bersyukur atas nikmat makanan yang diberikan oleh Allah. Selain itu, doa makan siang juga mengajarkan manusia untuk tidak sombong dan selalu berterima kasih kepada Allah atas setiap nikmat yang diberikan.

Berkah Dalam Makanan

Doa makan siang juga mengandung makna tentang berkah dalam makanan. Dengan membaca doa makan siang sebelum makan, maka makanan yang kita konsumsi akan diberkahi oleh Allah. Berkat inilah, makanan yang kita konsumsi akan memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Hindarkan Dari Siksa Api Neraka

Doa makan siang juga mengandung makna tentang perlindungan dari siksa api neraka. Dengan membaca doa makan siang sebelum makan, maka kita memohon perlindungan dari Allah agar tidak mendapatkan siksa api neraka. Hal ini mengajarkan kita untuk senantiasa menghindari perbuatan buruk yang dapat memperburuk akhirat kita.

Keutamaan Doa Makan Siang

Doa makan siang memiliki keutamaan yang sangat besar bagi umat muslim. Berikut adalah beberapa keutamaan doa makan siang:

Mendapatkan Pahala

Dengan membaca doa makan siang sebelum dan setelah makan, maka kita akan mendapatkan pahala dari Allah. Pahala ini akan semakin besar jika kita membaca doa dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan.

Mendapatkan Nutrisi Yang Baik

Doa makan siang yang dibaca sebelum makan dapat memberikan berkah dalam makanan yang kita konsumsi. Hal ini akan membuat makanan yang kita konsumsi memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh, sehingga tubuh kita akan sehat dan bugar.

Perlindungan Dari Siksa Api Neraka

Dengan membaca doa makan siang sebelum makan, kita memohon perlindungan dari Allah agar tidak mendapatkan siksa api neraka. Hal ini mengajarkan kita untuk menghindari perbuatan buruk yang dapat memperburuk akhirat kita.

Cara Mengajarkan Doa Makan Siang Pada Anak

Agar anak-anak kita terbiasa membaca doa makan siang, maka sebagai orang tua kita perlu mengajarkannya dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa cara mengajarkan doa makan siang pada anak:

Contohkan Sendiri

Sebagai orang tua, kita perlu menjadi contoh yang baik bagi anak-anak kita. Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri untuk membaca doa makan siang sebelum dan setelah makan. Dengan begitu, anak-anak kita akan meniru dan terbiasa membaca doa makan siang.

Ajarkan Dengan Cara yang Menarik

Anak-anak akan lebih tertarik untuk belajar jika disajikan dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah ajarkan doa makan siang dengan cara yang kreatif, seperti dengan bernyanyi atau membuat gambar tentang doa makan siang.

Berikan Pujian dan Hadiah

Setiap anak akan merasa senang dan bangga jika mendapatkan pujian dan hadiah dari orang tua. Oleh karena itu, cobalah memberikan pujian dan hadiah kecil setiap kali anak kita membaca doa makan siang dengan benar.

Doa Makan Siang Untuk Orang Sakit

Bagi orang yang sedang sakit, membaca doa makan siang sebelum dan sesudah makan juga dianjurkan. Berikut adalah doa makan siang untuk orang sakit:

Sebelum Makan Siang

Bismillah. Allhumma bariklana fiima razakta naa washfi anta syafi laa syifa’a illa syifa’uka syifa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Kau berikan kepada kami dan sembuhkanlah kami, Engkau adalah Penyembuh dan tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak akan meninggalkan penyakit lagi.

Sesudah Makan Siang

Alhamdulillahil ladzi at’amana wasaqonaa waja’alnaa minal muslimiin washfi mardhanaa yaa shafi.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami sebagai orang-orang muslim, sembuhkanlah penyakitku ya Allah yang Maha Menyembuhkan.

Contoh Kegiatan Setelah Membaca Doa Makan Siang

Membaca doa makan siang sebelum dan sesudah makan tidak cukup hanya sebatas membaca saja, tetapi juga harus diikuti dengan tindakan yang positif. Berikut adalah contoh kegiatan yang dapat dilakukan setelah membaca doa makan siang:

Bersedekah

Salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat makanan yang diberikan oleh Allah adalah dengan bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Kita dapat memberikan sedekah dalam bentuk uang atau makanan kepada orang yang membutuhkan.

Berbagi Makanan

Kita juga dapat berbagi makanan dengan orang lain sebagai tanda syukur dan kebaikan hati. Kita dapat membagikan makanan yang kita miliki kepada tetangga atau orang yang membutuhkan.

Berdoa Kembali

Setelah selesai makan dan membaca doa makan siang, kita dapat kembali berdoa dan memohon kepada Allah untuk memberikan keberkahan pada makanan yang telah kita konsumsi.

Conclusion

Doa makan siang adalah salah satu doa yang dianjurkan bagi umat muslim untuk dibaca sebelum dan sesudah makan siang. Dengan membaca doa makan siang, kita dapat mengajarkan diri sendiri untuk selalu bersyukur atas nikmat makanan yang diberikan oleh Allah. Selain itu, doa makan siang juga memiliki makna-makna yang mendalam bagi kehidupan sehari-hari, seperti tentang berkah dalam makanan dan perlindungan dari siksa api neraka. Kita juga dapat mengajarkan doa makan siang pada anak-anak dan melakukan berbagai kegiatan positif setelah membaca doa makan siang.

FAQs

1. Apa itu doa makan siang?

Doa makan siang adalah doa yang dianjurkan bagi umat muslim untuk dibaca sebelum dan sesudah makan siang, sebagai tanda syukur atas nikmat makanan yang diberikan oleh Allah.

2. Apa arti doa makan siang?

Doa makan siang secara harfiah berarti doa yang dibaca sebelum dan setelah makan siang. Namun, secara agama, doa makan siang memiliki makna yang mendalam sebagai tanda syukur atas nikmat makanan yang diberikan oleh Allah.

3. Apa keutamaan doa makan siang?

Beberapa keutamaan doa makan siang antara lain mendapatkan pahala, mendapatkan nutrisi yang baik, dan perlindungan dari siksa api neraka.

4. Apa saja contoh kegiatan yang dapat dilakukan setelah membaca doa makan siang?

Beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan setelah membaca doa makan siang antara lain bersedekah, berbagi makanan, dan berdoa kembali.

5. Bagaimana cara mengajarkan doa makan siang pada anak?

Beberapa cara mengajarkan doa makan siang pada anak antara lain dengan contohkan sendiri, ajarkan dengan cara yang menarik, dan berikan pujian dan hadiah.

Leave a Comment