Doa Ketika Naik Kendaraan: Memohon Perlindungan dan Keselamatan dari Allah SWT

Sebagai seorang muslim, doa adalah bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu doa yang sering dilafalkan ketika hendak menaiki kendaraan adalah doa naik kendaraan. Doa ini menjadi tanda kesadaran kita sebagai manusia bahwa segala tindakan yang kita lakukan tidaklah lepas dari bantuan-Nya. Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai doa ketika naik kendaraan.

Apa itu Doa Ketika Naik Kendaraan?

Doa ketika naik kendaraan merupakan salah satu doa sunnah yang sering dilafalkan oleh muslim ketika hendak menaiki kendaraan. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama perjalanan.

Kenapa Harus Membaca Doa Ketika Naik Kendaraan?

Membaca doa ketika naik kendaraan merupakan tanda kesadaran kita sebagai manusia bahwa segala tindakan yang kita lakukan tidaklah lepas dari bantuan-Nya. Selain itu, membaca doa ini juga dapat membuat kita lebih merasa tenang dan aman selama perjalanan.

Bagaimana Cara Membaca Doa Ketika Naik Kendaraan?

Doa ketika naik kendaraan dapat dibaca dengan cara:

1. Membaca Basmalah

Sebelum membaca doa ketika naik kendaraan, bacalah basmalah terlebih dahulu, yaitu:

Bismillahirrahmanirrahim

2. Membaca Doa Ketika Naik Kendaraan

Setelah membaca basmalah, bacalah doa ketika naik kendaraan dengan khusyuk dan tawakkal kepada Allah SWT. Berikut ini adalah doa ketika naik kendaraan yang dapat dibaca:

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّئُ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ وَنَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

3. Membaca Tasbih

Setelah membaca doa ketika naik kendaraan, sebaiknya disertai dengan membaca tasbih, yaitu:

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ

Manfaat Membaca Doa Ketika Naik Kendaraan

Membaca doa ketika naik kendaraan memiliki manfaat yang sangat baik bagi kita, yaitu:

1. Memohon Perlindungan dan Keselamatan

Membaca doa ketika naik kendaraan bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama perjalanan. Hal ini menjadi penting karena ketika kita berada di dalam kendaraan, kita tidak bisa mengendalikan segala sesuatunya.

2. Menenangkan Hati dan Pikiran

Membaca doa ini juga dapat membuat kita lebih merasa tenang dan aman selama perjalanan. Sehingga hati dan pikiran kita akan lebih tenang dan terjaga selama perjalanan.

3. Mengingat Allah SWT

Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali terlena dengan kesibukan dan lupa akan keberadaan Allah SWT. Membaca doa ketika naik kendaraan dapat mengingatkan kita kembali bahwa segala sesuatu yang kita lakukan tidaklah lepas dari bantuan-Nya.

Doa Lain yang Dapat Dibaca Ketika Naik Kendaraan

Selain doa ketika naik kendaraan, terdapat juga beberapa doa lain yang dapat dibaca ketika hendak menaiki kendaraan. Berikut ini adalah doa-doa tersebut:

1. Doa Naik Pesawat Terbang

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ طَيَّبَ الْمَنْزِلِ وَطَيَّبَ الْمَوْلَىَ وَطَيَّبَ الْمَصِيْرِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا فِي هَذِهِ السَّفِيْنَةِ وَخَيْرِ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ السَّفِيْنَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْمُعَافَاةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

2. Doa Naik Kapal Laut

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ طَيَّبَ الْمَنْزِلِ وَطَيَّبَ الْمَوْلَىَ وَطَيَّبَ الْمَصِيْرِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا فِي هَذِهِ السَّفِيْنَةِ وَخَيْرِ مَا بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ السَّفِيْنَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْمُعَافَاةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

3. Doa Naik Mobil

بِسْمِ اللهِ الَّذِي جَعَلَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ، وَإِنَّا إِلى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Contoh Tabel Doa Ketika Naik Kendaraan

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami doa ketika naik kendaraan, berikut ini adalah tabel yang berisi doa tersebut beserta artinya:

Doa Ketika Naik KendaraanArti
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَعِيْنُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ وَنَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّئُ وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ وَنَرْجُوْ رَحْمَتَكَ وَنَخْشَى عَذَابَكَ إِنَّ عَذَابَكَ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌYa Allah, kami memohon pertolongan dan ampunan dari-Mu, kami beriman kepada-Mu, kami bertawakkal kepada-Mu, kami memuji-Mu dan bersyukur kepada-Mu, kami tidak mengingkari-Mu. Kami melepaskan diri dan meninggalkan orang yang membuat-Mu marah. Ya Allah, hanya kepada-Mu kami ibadah, hanya kepada-Mu kami shalat, hanya kepada-Mu kami sujud, hanya kepada-Mu kami berusaha dan mencari perlindungan serta rahmat-Mu. Kami takut akan azab-Mu, azab-Mu akan menimpa orang-orang yang kafir.

Kesimpulan

Doa ketika naik kendaraan merupakan salah satu doa sunnah yang sering dilafalkan oleh muslim ketika hendak menaiki kendaraan. Doa ini bertujuan untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama perjalanan. Membaca doa ini harus dilakukan dengan khusyuk dan tawakkal kepada Allah SWT. Selain itu, membaca doa ini juga dapat membuat kita lebih merasa tenang dan aman selama perjalanan.

FAQs

1. Kapan sebaiknya membaca doa ketika naik kendaraan?

Doa ketika naik kendaraan sebaiknya dibaca saat hendak menaiki kendaraan, baik kendaraan bermotor, mobil, pesawat, kapal laut, dan lain-lain.

2. Apa manfaat dari membaca doa ketika naik kendaraan?

Membaca doa ketika naik kendaraan memiliki manfaat yang

Leave a Comment