Doa Ketika Gempa Sesuai Sunnah

Gempa bumi adalah fenomena alam yang sudah sering terjadi di Indonesia. Sebagai umat Muslim, kita diajarkan untuk selalu berdoa dan bergantung pada Allah SWT dalam segala hal, termasuk ketika terjadi gempa. Dalam artikel ini, kita akan membahas doa-doa yang sesuai sunnah untuk dilakukan ketika terjadi gempa.

Doa Sebelum Terjadi Gempa

Sebelum terjadi gempa, kita disarankan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dan perlindungan dari segala bencana. Berikut ini beberapa doa yang bisa dilakukan:

1. Doa Selamat

Doa selamat adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk membuka setiap pertemuan atau kegiatan. Doa ini sangat baik dilakukan sebelum terjadi gempa. Berikut ini bunyi doa selamat:

“اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ”

“Ya Allah, Engkau Maha Pemberi Kesejahteraan dan Kesejahteraan itu berasal dari-Mu. Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

2. Doa Sebelum Berangkat Keluar Rumah

Sebelum keluar rumah, kita juga disarankan untuk berdoa agar diberikan keselamatan dan perlindungan oleh Allah SWT. Berikut ini bunyi doa sebelum berangkat keluar rumah:

“بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ”

“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan selain dengan pertolongan Allah.”

Doa Ketika Terjadi Gempa

Ketika terjadi gempa, kita harus selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan. Berikut ini beberapa doa yang bisa dilakukan ketika terjadi gempa:

1. Doa Istighfar

Doa istighfar adalah doa untuk memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan. Ketika terjadi gempa, kita bisa berdoa istighfar untuk memohon ampunan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini bunyi doa istighfar:

“أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ”

“Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, yang tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Hidup dan Maha Terus Menerus, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Doa Khusus Ketika Terjadi Gempa

Doa khusus ini diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dilakukan ketika terjadi gempa. Berikut ini bunyi doa khusus ketika terjadi gempa:

“سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ”

“Maha Suci Allah yang petir mengagungkannya dengan memuji-Nya, dan para malaikat karena takut kepada-Nya.”

Doa Setelah Terjadi Gempa

Setelah terjadi gempa, kita disarankan untuk tetap melakukan doa-doa untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini beberapa doa yang bisa dilakukan setelah terjadi gempa:

1. Doa Syukur

Doa syukur adalah doa untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Kita bisa berdoa syukur ketika terjadi gempa dan kita masih diberikan keselamatan. Berikut ini bunyi doa syukur:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ”

“Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan sempurna.”

2. Doa Memohon Keselamatan

Doa ini bisa dilakukan untuk memohon keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. Berikut ini bunyi doa memohon keselamatan:

“رَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَاءَ كَفَّارَةً لِّذُنُوْبِيْ وَطَهُّرَةً لِّقَلْبِيْ”

“Ya Allah, jadikanlah bencana ini sebagai penghapus dosaku dan sebagai pembersih hatiku.”

Table: Doa-doa Ketika Terjadi Gempa

NoNama DoaBunyi Doa
1Doa Selamatاَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ”
2Doa Sebelum Berangkat Keluar Rumahبِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ”
3Doa Istighfarأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ”
4Doa Khusus Ketika Terjadi Gempaسُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ”
5Doa Syukurالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ”
6Doa Memohon Keselamatanرَبِّ اجْعَلْ هَذَا الْبَلَاءَ كَفَّارَةً لِّذُنُوْبِيْ وَطَهُّرَةً لِّقَلْبِيْ”

Conclusion

Ketika terjadi gempa, selalu ingat untuk selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Berdoa merupakan salah satu bentuk ibadah dan merupakan wujud ketundukan kita kepada Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

FAQs

1. Apa itu gempa bumi?

Gempa bumi adalah getaran atau goncangan yang terjadi di permukaan Bumi akibat aktivitas geologi. Gempa bumi dapat terjadi di berbagai tempat di dunia.

2. Apa yang harus dilakukan saat terjadi gempa?

Saat terjadi gempa, yang harus dilakukan adalah segera mencari tempat yang aman, seperti di bawah meja atau di luar rumah yang tidak ada benda yang bisa jatuh. Selain itu, selalu berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

3. Apa itu doa istighfar?

Doa istighfar adalah doa untuk memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan. Doa ini sangat baik dilakukan ketika terjadi gempa atau dalam situasi apapun.

4. Apa arti doa selamat?

Doa selamat adalah doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk membuka setiap pertemuan atau kegiatan. Doa ini sangat baik dilakukan sebelum terjadi gempa.

5. Apa itu doa syukur?

Doa syukur adalah doa untuk mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Doa ini bisa dilakukan setelah terjadi gempa dan kita masih diberikan keselamatan.

Disclaimer

Artikel ini bukanlah pengganti dari sumber informasi yang lebih lengkap dan terpercaya. Pembaca diharapkan untuk selalu berdoa dan mempelajari lebih lanjut mengenai ketentuan doa-doa yang sesuai sunnah. Penulis dan pihak terkait tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul akibat penggunaan informasi dari artikel ini.

Leave a Comment