Doa Duduk Diantara Dua Sujud Sesuai Sunnah

Doa duduk diantara dua sujud adalah doa yang dilakukan setelah melakukan sujud pertama dalam shalat. Doa ini sangat dianjurkan bagi setiap muslim yang ingin memperoleh keberkahan dalam hidupnya. Saat melaksanakan doa duduk diantara dua sujud, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Sunnah Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Doa duduk diantara dua sujud merupakan doa yang sangat dianjurkan dalam shalat. Rasulullah SAW sendiri telah mengajarkan doa ini dengan cara yang benar dan sesuai sunnah. Berikut ini adalah sunnah doa duduk diantara dua sujud yang harus diperhatikan:

1. Duduk dengan posisi yang benar

Setelah selesai melakukan sujud pertama, seorang muslim harus duduk dengan posisi yang benar. Posisi ini dikenal dengan sebutan tasyahud awal, yaitu duduk bersila dengan telapak tangan kiri di atas paha kiri dan telapak tangan kanan di atas lutut kanan.

2. Membaca doa tertentu

Setelah duduk dengan posisi yang benar, seorang muslim harus membaca doa tertentu. Doa yang harus dibaca adalah sebagai berikut:

ArabLatinArti
سُبْحَانَ رَبِّيَ الْأَعْلَىSubhanarabbial a’laMaha suci Tuhan yang Maha Tinggi

3. Duduk dengan posisi kedua

Setelah membaca doa, seorang muslim harus duduk dengan posisi kedua yang dikenal dengan tasyahud akhir. Posisi ini sama dengan tasyahud awal, yaitu duduk bersila dengan telapak tangan kiri di atas paha kiri dan telapak tangan kanan di atas lutut kanan.

4. Membaca doa tertentu

Setelah duduk dengan posisi kedua, seorang muslim harus membaca doa tertentu. Doa yang harus dibaca adalah sebagai berikut:

ArabLatinArti
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَارْزُقْنِيْAllahummaighfirli warhamniwajburni wahdini wa ‘afini warzuqniYa Allah, ampunilah dosaku, sayangilah aku, kuatkanlah aku, berilah petunjuk kepadaku, berilah aku kesehatan dan karuniai aku rezeki

Manfaat Doa Duduk Diantara Dua Sujud

Doa duduk diantara dua sujud memiliki banyak manfaat bagi setiap muslim yang melakukannya. Beberapa manfaat dari doa ini adalah sebagai berikut:

1. Mendekatkan diri kepada Allah

Doa duduk diantara dua sujud membantu setiap muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan membaca doa ini, seorang muslim akan merasa lebih dekat dengan Allah dan merasakan kehadiran-Nya di dalam hatinya.

2. Meningkatkan konsentrasi dalam shalat

Membaca doa duduk diantara dua sujud juga membantu meningkatkan konsentrasi dalam shalat. Dengan membaca doa ini, seorang muslim akan lebih fokus pada ibadahnya dan tidak mudah teralihkan oleh hal-hal yang tidak penting.

3. Memperoleh keberkahan dalam hidup

Doa duduk diantara dua sujud juga membantu setiap muslim untuk memperoleh keberkahan dalam hidupnya. Dengan membaca doa ini, seorang muslim akan merasa lebih tenang dan damai sehingga hidupnya akan lebih diberkahi oleh Allah.

Cara Melakukan Doa Duduk Diantara Dua Sujud yang Benar

Berikut ini adalah cara melakukan doa duduk diantara dua sujud yang benar:

1. Selesai melakukan sujud pertama, duduk dengan posisi tasyahud awal

Setelah selesai melakukan sujud pertama, seorang muslim harus duduk dengan posisi tasyahud awal. Posisi ini dikenal dengan duduk bersila dengan telapak tangan kiri di atas paha kiri dan telapak tangan kanan di atas lutut kanan.

2. Membaca doa tertentu

Setelah duduk dengan posisi yang benar, seorang muslim harus membaca doa tertentu yaitu: Subhanarabbial a’la yang artinya Maha suci Tuhan yang Maha Tinggi.

3. Duduk dengan posisi kedua

Setelah membaca doa, seorang muslim harus duduk dengan posisi kedua yang dikenal dengan tasyahud akhir. Posisi ini sama dengan tasyahud awal, yaitu duduk bersila dengan telapak tangan kiri di atas paha kiri dan telapak tangan kanan di atas lutut kanan.

4. Membaca doa tertentu

Setelah duduk dengan posisi kedua, seorang muslim harus membaca doa tertentu yaitu: Allahummaighfirli warhamniwajburni wahdini wa ‘afini warzuqni yang artinya Ya Allah, ampunilah dosaku, sayangilah aku, kuatkanlah aku, berilah petunjuk kepadaku, berilah aku kesehatan dan karuniai aku rezeki.

Kesimpulan

Doa duduk diantara dua sujud adalah doa yang sangat dianjurkan dalam shalat. Dalam melaksanakan doa ini, seorang muslim harus memperhatikan beberapa hal agar sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. Doa ini memiliki banyak manfaat bagi setiap muslim yang melakukannya, seperti mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan konsentrasi dalam shalat, dan memperoleh keberkahan dalam hidup. Oleh karena itu, setiap muslim harus melaksanakan doa duduk diantara dua sujud dengan benar dan khusyu.

FAQs

1. Apakah doa duduk diantara dua sujud harus dibaca dengan suara keras?

Tidak, doa duduk diantara dua sujud tidak harus dibaca dengan suara keras. Doa ini bisa dibaca secara pelan-pelan atau di dalam hati saja.

2. Apakah doa duduk diantara dua sujud sama dengan doa setelah salam?

Tidak, doa duduk diantara dua sujud berbeda dengan doa setelah salam. Doa duduk diantara dua sujud dilakukan setelah sujud pertama, sedangkan doa setelah salam dilakukan setelah selesai shalat.

3. Apa saja manfaat dari melaksanakan doa duduk diantara dua sujud?

Beberapa manfaat dari melaksanakan doa duduk diantara dua sujud adalah mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan konsentrasi dalam shalat, dan memperoleh keberkahan dalam hidup.

4. Apakah doa duduk diantara dua sujud wajib dilakukan dalam shalat?

Tidak, doa duduk diantara dua sujud tidak wajib dilakukan dalam shalat. Namun, doa ini sangat dianjurkan dan jika dilakukan dengan benar akan memberikan banyak manfaat bagi setiap muslim.

5. Apakah doa duduk diantara dua sujud harus dilakukan dalam setiap shalat?

Ya, doa duduk diantara dua sujud harus dilakukan dalam setiap shalat. Doa ini merupakan salah satu bagian dari shalat yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

Disclaimer

Artikel ini hanya dibuat untuk tujuan informasi dan edukasi. Kami tidak bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan oleh pembaca setelah membaca artikel ini. Untuk informasi lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan ahli agama terpercaya.

Leave a Comment