Doa Al Fatihah dan Artinya: Mengenal Doa Pembukaan dalam Shalat

Doa Al Fatihah adalah doa pembukaan dalam shalat, yang wajib dibaca oleh setiap muslim ketika memulai shalat. Doa ini memiliki makna yang dalam dan penting untuk dipahami oleh setiap muslim. Dalam artikel ini, kita akan membahas doa Al Fatihah dan artinya secara detail.

Pengertian Doa Al Fatihah

Doa Al Fatihah adalah salah satu doa yang paling sering dibaca oleh setiap muslim. Doa ini juga dikenal dengan sebutan Surah Al Fatihah, karena terdiri dari satu surah dalam Al Qur’an. Doa Al Fatihah memiliki arti yang dalam dan penting dalam ritual shalat. Doa ini menjadi doa pembukaan dan memulai segala sesuatu yang baik.

Sejarah Doa Al Fatihah

Doa Al Fatihah memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Doa ini pertama kali diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW saat beliau berada di Mekah. Ketika itu, Nabi Muhammad sedang berdoa di Gunung Hira ketika malaikat Jibril datang dan membacakan doa Al Fatihah kepadanya. Doa ini kemudian menjadi salah satu doa yang paling penting dalam Islam dan dibaca oleh setiap muslim di seluruh dunia.

Manfaat Membaca Doa Al Fatihah

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari membaca doa Al Fatihah. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Membuka shalat

Doa Al Fatihah merupakan doa pembukaan dalam shalat, sehingga sangat penting untuk membacanya saat memulai shalat. Dengan membaca doa ini, kita menyatakan bahwa kita memulai shalat dengan niat yang baik dan tulus.

2. Menyucikan hati

Membaca doa Al Fatihah juga dapat menyucikan hati kita dari segala dosa dan kesalahan. Dengan membaca doa ini, kita mengakui bahwa kita hanya menghadap kepada Allah SWT dan memohon ampunan-Nya.

3. Memperkuat iman

Membaca doa Al Fatihah setiap kali shalat juga dapat memperkuat iman kita sebagai seorang muslim. Doa ini mengandung makna yang mendalam tentang kekuasaan Allah SWT, sehingga dapat membantu kita menguatkan iman dan ketaqwaan kita kepada-Nya.

Tafsir Doa Al Fatihah

Doa Al Fatihah memiliki makna yang sangat dalam dan penting dalam kehidupan seorang muslim. Berikut adalah tafsir dari masing-masing ayat dalam doa Al Fatihah:

Ayat 1

Bismillahirrahmanirrahim.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Ayat pertama dalam doa Al Fatihah mengandung makna bahwa kita hanya menghadap kepada Allah SWT dalam segala hal. Dalam ayat ini, kita juga mengakui bahwa Allah SWT adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang selalu melindungi dan mengasihani hamba-Nya.

Ayat 2

Alhamdulillahi Rabbil ‘aalamin.

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Ayat kedua ini mengandung makna bahwa kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Kita juga mengakui bahwa Allah SWT adalah Tuhan dari seluruh alam semesta dan segala makhluk yang ada di dalamnya.

Ayat 3

Ar-Rahmanir-Rahim.

Artinya: Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Ayat ketiga dalam doa Al Fatihah mengulang kembali sifat Allah SWT sebagai Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dalam ayat ini, kita juga menyatakan bahwa kita hanya mengharapkan keridhaan Allah SWT dalam segala hal.

Ayat 4

Maliki yawmiddin.

Artinya: Yang menguasai hari pembalasan.

Ayat keempat dalam doa Al Fatihah mengandung makna bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang akan membalas segala amal baik dan buruk yang telah dilakukan oleh hamba-Nya di dunia. Kita juga mengakui bahwa hanya Allah SWT lah yang berkuasa atas segala sesuatu.

Ayat 5

Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in.

Artinya: Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

Ayat kelima dalam doa Al Fatihah mengandung makna bahwa kita hanya menyembah dan memohon pertolongan kepada Allah SWT. Kita juga menyatakan bahwa hanya Allah SWT lah yang dapat membantu kita dalam segala hal.

Ayat 6

Ihdinas siratal mustaqim.

Artinya: Tunjukilah kami jalan yang lurus.

Ayat keenam dalam doa Al Fatihah meminta petunjuk kepada Allah SWT untuk selalu berada pada jalan yang benar dan lurus. Kita juga mengakui bahwa hanya Allah SWT lah yang dapat memberikan petunjuk kepada kita dalam hidup ini.

Ayat 7

Siratal ladzina an’amta ‘alaihim, ghairil maghdubi ‘alaihim wa lad-dhallin.

Artinya: Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

Ayat ketujuh dalam doa Al Fatihah mengandung makna bahwa kita selalu memohon kepada Allah SWT untuk berada pada jalan yang benar dan mendapat nikmat-Nya. Kita juga mengakui bahwa kita tidak ingin berada pada jalan yang salah atau sesat.

Contoh Bacaan Doa Al Fatihah

Berikut ini adalah contoh bacaan doa Al Fatihah yang benar dan disarankan untuk dilakukan ketika memulai shalat:

BacaanArti
BismillahirrahmanirrahimDengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
Alhamdulillahi Rabbil ‘aalaminSegala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Ar-Rahmanir-RahimYang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
Maliki yawmiddin.Yang menguasai hari pembalasan.
Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in.Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.
Ihdinas siratal mustaqim.Tunjukilah kami jalan yang lurus.
Siratal ladzina an’amta ‘alaihim, ghairil maghdubi ‘alaihim wa lad-dhallin.Yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan jalan orang-orang yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat.

FAQs

1. Kenapa doa Al Fatihah penting dalam shalat?

Doa Al Fatihah penting dalam shalat karena menjadi doa pembukaan dan memulai segala sesuatu yang baik. Doa ini juga merupakan bentuk pengakuan kita sebagai hamba Allah SWT.

2. Berapa kali doa Al Fatihah harus dibaca saat shalat?

Doa Al Fatihah harus dibaca satu kali pada setiap rakaat shalat fardhu. Sedangkan pada shalat sunnah atau nafilah, doa Al Fatihah tidak diwajibkan.

3. Apa makna dari ayat-ayat dalam doa Al Fatihah?

Setiap ayat dalam doa Al Fatihah memiliki makna yang sangat penting. Ayat pertama mengandung makna tentang pengakuan kita sebagai hamba Allah SWT. Sedangkan ayat kedua sampai dengan ketujuh mengandung makna tentang sifat dan kekuasaan Allah SWT.

4. Apa manfaat dari membaca doa Al Fatihah setiap kali shalat?

Membaca doa Al Fatihah setiap kali shalat dapat memperkuat iman kita sebagai seorang muslim. Doa ini juga dapat menyucikan hati kita dari segala dosa dan kesalahan, serta membantu kita memulai segala sesuatu dengan niat yang baik dan tulus.

5. Apakah ada tafsir atau penafsiran yang berbeda mengenai doa Al Fatihah?

Ada beberapa tafsir atau penafsiran yang berbeda mengenai doa Al Fatihah, terutama dalam hal penggunaan kata-kata atau frasa yang digunakan. Namun, makna dan tujuan dari doa ini tetap sama dan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Kesimpulan

Doa Al Fatihah adalah doa yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Doa ini menjadi doa pembukaan dalam shalat dan memulai segala sesuatu dengan niat yang baik dan tulus. Selain itu, doa Al Fatihah juga mengandung makna yang mendalam tentang sifat dan kekuasaan Allah SWT. Oleh karena itu, setiap muslim diwajibkan untuk memahami dan membaca doa Al Fatihah dengan benar dan khusyuk dalam setiap shalatnya.

Leave a Comment