Doa Agar Diberi Keselamatan Dalam Perjalanan – Mendapat Perlindungan dari Allah SWT

Perjalanan memang menjadi bagian dari kehidupan manusia. Ada banyak alasan mengapa seseorang harus melakukan perjalanan jauh, baik itu untuk urusan bisnis, wisata, atau lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa perjalanan juga bisa menjadi momen yang penuh dengan risiko?

Sebagai manusia yang bertakwa, kita hanya bisa berusaha dan berdoa agar diberi keselamatan dalam perjalanan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar kita selamat dalam perjalanan. Mari simak lebih lanjut.

1. Doa Sebelum Berangkat

Doa sebelum berangkat menjadi doa yang paling penting dalam perjalanan. Doa ini biasanya dipanjatkan ketika kita hendak memulai perjalanan agar kita selamat sampai ke tujuan dengan selamat. Berikut adalah doa sebelum berangkat yang bisa dipanjatkan:

1.1. Bismillahirohmanirohim

Doa Bismillah seringkali diucapkan sebelum melakukan aktivitas apa pun, termasuk perjalanan. Doa ini berarti “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”.

1.2. Doa Sebelum Berangkat Menurut Sunnah

Doa sebelum berangkat menurut Sunnah adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini bisa dipanjatkan ketika hendak berangkat dan diharapkan bisa membawa keselamatan dalam perjalanan.

Berikut adalah doa sebelum berangkat menurut Sunnah:

“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaah wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah.”

Artinya: “Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah”.

2. Doa Saat Naik Kendaraan

Doa saat naik kendaraan juga menjadi doa yang penting dalam perjalanan. Saat kita sudah naik kendaraan, kita bisa mengucapkan doa ini agar selamat sampai ke tujuan. Berikut adalah doa saat naik kendaraan:

2.1. Doa Naik Kendaraan Menurut Sunnah

Rasulullah SAW juga mengajarkan doa saat naik kendaraan. Doa ini bisa dipanjatkan saat kita sudah naik kendaraan dan hendak berangkat. Berikut adalah doa naik kendaraan menurut Sunnah:

“Subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.”

Artinya: “Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini sedangkan sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan hanya kepada Rabb kami-lah kami akan kembali”.

3. Doa Agar Diberi Perlindungan dari Kecelakaan

Doa agar diberi perlindungan dari kecelakaan juga menjadi doa yang penting dalam perjalanan. Meskipun kita sudah berusaha sebaik mungkin, namun kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di jalan. Berikut adalah doa agar diberi perlindungan dari kecelakaan:

3.1. Doa Perlindungan dari Kecelakaan Menurut Sunnah

Doa perlindungan dari kecelakaan juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini bisa dipanjatkan saat kita merasa khawatir akan terjadi kecelakaan di jalan. Berikut adalah doa perlindungan dari kecelakaan menurut Sunnah:

“Allaahumma innee a’uudzu bika minal-khawfi wal-ajzi wal-kasali wal-bukhli wal-jubni wa dhala’id-dayni wa ghalabatir-rijaal.”

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa takut, kelemahan, kemalasan, kedekatan harta, ketakutan orang lain, sifat pelit, dan beban hutang.”

4. Doa Agar Diberi Ketenangan dalam Perjalanan

Selain doa untuk keselamatan, kita juga bisa memanjatkan doa agar diberi ketenangan dalam perjalanan. Doa ini bisa membantu kita untuk mengatasi rasa takut, khawatir, dan cemas selama melakukan perjalanan jauh. Berikut adalah doa agar diberi ketenangan dalam perjalanan:

4.1. Doa Agar Diberi Ketenangan dalam Perjalanan Menurut Sunnah

Doa agar diberi ketenangan dalam perjalanan juga bisa dipanjatkan menurut Sunnah. Doa ini bisa membuat hati kita tenang dan nyaman selama perjalanan jauh. Berikut adalah doa agar diberi ketenangan dalam perjalanan menurut Sunnah:

“Allaahu akbar, allaahu akbar, allaahu akbar. Subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini sedangkan sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan hanya kepada Rabb kami-lah kami akan kembali”.

5. Doa Agar Diberi Perlindungan dari Orang Jahat

Doa agar diberi perlindungan dari orang jahat juga menjadi doa yang penting dalam perjalanan. Kita tidak bisa memprediksi siapa saja yang akan kita temui dalam perjalanan, oleh karena itu kita harus selalu waspada dan memohon perlindungan dari Allah SWT. Berikut adalah doa agar diberi perlindungan dari orang jahat:

5.1. Doa Perlindungan dari Orang Jahat Menurut Sunnah

Doa perlindungan dari orang jahat juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini bisa dipanjatkan saat kita merasa khawatir akan bertemu dengan orang jahat di jalan. Berikut adalah doa perlindungan dari orang jahat menurut Sunnah:

“Allaahumma innaa naj’aluka fi nuhurihim, wa na’uzu bika min shuruurihim.”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon agar Engkau menghalangi mereka dariku, dan kami berlindung pada-Mu dari kejahatan mereka”.

6. Doa Agar Diberi Kemudahan Dalam Perjalanan

Doa agar diberi kemudahan dalam perjalanan juga bisa dipanjatkan. Perjalanan yang lancar dan mudah akan mempermudah kita dalam menyelesaikan urusan di tempat tujuan. Berikut adalah doa agar diberi kemudahan dalam perjalanan:

6.1. Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Perjalanan Menurut Sunnah

Doa agar diberi kemudahan dalam perjalanan bisa dipanjatkan menurut Sunnah. Doa ini bisa membuat perjalanan kita lancar dan mudah. Berikut adalah doa agar diberi kemudahan dalam perjalanan menurut Sunnah:

“Allahu akbar kabiran, wal-hamdu lillaahi katsiran, wa subhaanallahi bukratan wa aashiilan.”

Artinya: “Allah maha besar yang sangat besar, segala puji bagi Allah yang sangat banyak, serta maha suci Allah di waktu pagi dan sore”.

7. Doa Untuk Menghindari Gangguan Jin

Tidak selalu manusia yang mengganggu kita di jalan, kadang-kadang jin juga bisa mengganggu. Oleh karena itu, kita harus selalu memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari gangguan jin. Berikut adalah doa untuk menghindari gangguan jin:

7.1. Doa Menghindari Gangguan Jin Menurut Sunnah

Doa untuk menghindari gangguan jin juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini bisa dipanjatkan saat kita merasa khawatir akan bertemu dengan jin di jalan. Berikut adalah doa menghindari gangguan jin menurut Sunnah:

“A’udzu bikalimaatillaahit-taammaati min sharri maa khalaq.”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya”.

8. Doa Saat Tiba di Tempat Tujuan

Saat kita sudah tiba di tempat tujuan, kita bisa memanjatkan doa sebagai ungkapan syukur dan rasa terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberi keselamatan dalam perjalanan. Berikut adalah doa saat tiba di tempat tujuan:

8.1. Doa Saat Tiba di Tempat Tujuan Menurut Sunnah

Rasulullah SAW juga mengajarkan doa saat tiba di tempat tujuan. Doa ini bisa dipanjatkan sebagai bentuk syukur telah sampai di tempat tujuan dengan selamat. Berikut adalah doa saat tiba di tempat tujuan menurut Sunnah:

“Aaibun, taibun, ‘aabidun lirobbinaa hamidun.”

Artinya: “Aku kembali dengan bertaubat, beribadah, dan bersyukur kepada Rabbku”.

Table of Doa Agar Diberi Keselamatan dalam Perjalanan

No.Doa
1.Bismillahirohmanirohim
2.Doa Sebelum Berangkat Menurut Sunnah
3.Doa Naik Kendaraan Menurut Sunnah
4.Doa Perlindungan dari Kecelakaan Menurut Sunnah
5.Doa Perlindungan dari Orang Jahat Menurut Sunnah
6.Doa Agar Diberi Kemudahan dalam Perjalanan Menurut Sunnah
7.Doa Menghindari Gangguan Jin Menurut Sunnah
8.Doa Saat Tiba di Tempat Tujuan Menurut Sunnah

Conclusion

Dalam perjalanan, kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di jalan. Oleh karena itu, kita harus selalu berusaha sebaik mungkin dan memohon perlindungan dari Allah SWT agar selamat sampai ke tujuan. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa doa yang bisa dipanjatkan agar kita diberi keselamatan dalam perjalanan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kita semua.

FAQs

1. Apa itu doa agar diberi keselamatan dalam perjalanan?

Doa agar diberi keselamatan dalam perjalanan adalah doa yang dipanjatkan untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar selamat sampai ke tujuan.

2. Apa saja jenis doa untuk kes

Leave a Comment