Contoh Doa Berkah: Memohon Berkah dan Perlindungan dari Allah SWT

Doa adalah salah satu ibadah yang penting dalam Islam. Doa bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik ketika sedang senang maupun susah. Salah satu jenis doa yang sering dilakukan oleh umat muslim adalah doa berkat. Doa berkat adalah doa untuk memohon berkah dari Allah SWT agar segala yang dilakukan mendapat ridho dan keberkahan dari-Nya.

Mengenal Doa Berkah

Doa berkat termasuk dalam kategori doa yang mustajab, artinya doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Doa berkat juga memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Mendapat berkah dari Allah SWT dalam setiap langkah kehidupan
  • Mendapat perlindungan dari segala macam bahaya
  • Mendapat keberkahan dalam pekerjaan dan rezeki
  • Mendapat ketenangan jiwa dan kebahagiaan hidup

Untuk itu, mempelajari doa berkat sangat penting bagi setiap muslim agar selalu mendapat perlindungan dan berkah dari Allah SWT. Berikut ini adalah beberapa contoh doa berkat yang bisa diamalkan setiap hari:

Contoh Doa Berkah

1. Doa Berkah Pagi Hari

Doa berkaitan dengan pagi hari bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar memberikan keberkahan pada hari yang baru dimulai. Berikut ini adalah contoh doa berkaitan dengan pagi hari:

“Allahumma inni as’aluka khayra hadhal yawmi, fathahu wa nasrahu wa noorahu wa barakatahu, wa hudan wa ridhaan wa na’iman minash-sharri maa fihi wa sharri ma badahu.”Artinya: “Ya Allah, aku memohon kebaikan pada hari ini, keberhasilannya, kemenangannya, cahayanya, keberkahannya, petunjuk dan keridhaan-Mu serta kenikmatan dari segala keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang datang kemudian (HR. Abu Dawud).”

Doa ini bisa diamalkan setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

2. Doa Berkah Rumah

Setiap muslim pasti ingin rumahnya selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. Oleh karena itu, doa berikut ini bisa diamalkan untuk memohon berkah dan perlindungan pada rumah:

“Allahumma barik lana fi baytina, wa barik lana fi rezqina, wa barik lana fi auladina, wa qina ‘adhaban-nar.”Artinya: “Ya Allah, berkahilah rumah kami, berkahilah rejeki kami, berkahilah anak-anak kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka (HR. Muslim).”

Doa ini bisa diamalkan setiap kali selesai membersihkan rumah atau setiap kali masuk atau keluar rumah.

3. Doa Berkah Nikah

Setiap pasangan yang menikah pasti ingin memiliki rumah tangga yang harmonis dan penuh berkah. Oleh karena itu, doa berikut ini bisa diamalkan setelah menyelesaikan akad nikah:

“Allahumma inna nas’aluka khayraha wa khayra ma jabaltaha ‘alaihi, wa na’udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi.”Artinya: “Ya Allah, kami memohon kebaikan dalam pernikahan ini dan kebaikan dari segala sesuatu yang kau ridhai darinya, dan kami berlindung pada-Mu dari keburukan pernikahan ini dan keburukan dari segala sesuatu yang kau tidak ridhai darinya (HR. Bukhari dan Muslim).”

Doa ini bisa diamalkan setiap kali selesai menikah atau setiap kali menginginkan keberkahan rumah tangga.

4. Doa Berkah Rezeki

Rezeki adalah salah satu nikmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, doa berikut ini bisa diamalkan untuk memohon berkah dan kelancaran dalam rezeki:

“Allahumma rizquna wa rizqun man awhamana, wa hab lana min fadlika wa anzil ‘alaina baraka wa rizqa dariyataina.”Artinya: “Ya Allah, berilah kami rezeki dan berilah rezeki pada orang yang memikirkan kami, dan berikanlah kami keutamaan dari-Mu serta turunkanlah berkah dan rezeki pada keluarga kami (HR. Ahmad).”

Doa ini bisa diamalkan setiap kali selesai shalat atau setiap kali akan memulai mencari rezeki.

5. Doa Berkah Anak

Anak adalah anugerah dari Allah SWT. Oleh karena itu, doa berikut ini bisa diamalkan untuk memohon keberkahan pada anak:

“Allahumma j’alhu li qurrata ‘aini wa tharuhu fi, wa j’alhu lana sirota waqiya wa dhalilana syafan wa marhamah.”Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anakku ini sebagai penyejuk hatiku, kebahagiaan dalam hidupku, dan jadikanlah anakku ini sebagai pelindung dan penghibur kami serta jadikanlah ia sebagai penyembuh dan pemberi rahmat (HR. Thabrani).”

Doa ini bisa diamalkan setiap kali selesai melahirkan atau setiap kali ingin memohon keberkahan pada anak.

Table Contoh Doa Berkah

NoContoh Doa Berkah
1Doa Berkah Pagi Hari
2Doa Berkah Rumah
3Doa Berkah Nikah
4Doa Berkah Rezeki
5Doa Berkah Anak

Kesimpulan

Doa berkat adalah salah satu doa yang sangat penting dalam Islam. Doa berkat bisa diamalkan setiap hari untuk memohon berkah dan perlindungan dari Allah SWT. Beberapa contoh doa berkat yang bisa diamalkan antara lain doa berkaitan dengan pagi hari, rumah, nikah, rezeki, dan anak. Setiap muslim dianjurkan untuk senantiasa memohon berkah dan perlindungan pada Allah SWT melalui doa berkat.

FAQs

1. Apa itu doa berkat?

Doa berkat adalah doa untuk memohon berkah dari Allah SWT agar segala yang dilakukan mendapat ridho dan keberkahan dari-Nya.

2. Apa manfaat dari doa berkat?

Manfaat dari doa berkat antara lain: Mendapat berkah dari Allah SWT dalam setiap langkah kehidupan, mendapat perlindungan dari segala macam bahaya, mendapat keberkahan dalam pekerjaan dan rezeki, mendapat ketenangan jiwa dan kebahagiaan hidup.

3. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan doa berkat?

Doa berkat bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik ketika sedang senang maupun susah.

4. Contoh doa apa saja yang termasuk dalam doa berkat?

Contoh doa berkat antara lain: doa berkaitan dengan pagi hari, rumah, nikah, rezeki, dan anak.

5. Apakah doa berkat akan dikabulkan oleh Allah SWT?

Doa berkat termasuk dalam kategori doa yang mustajab, artinya doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Disclaimer

Artikel ini disusun sebagai bentuk informasi dan bukan sebagai pengganti nasihat dari para ulama atau ahli agama. Setiap pembaca diharapkan untuk selalu memperhatikan dan mengikuti ajaran yang benar dan sesuai dengan agama Islam. Penulis artikel ini tidak bertanggung jawab atas setiap penggunaan informasi yang disampaikan dalam artikel ini.

Leave a Comment