Cara Mewawancarai Orang: Tips dan Trik untuk Wawancara yang Sukses

Wawancara adalah salah satu proses penting dalam mencari pekerjaan, mendapatkan informasi, dan menjalin hubungan bisnis. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melakukan wawancara dengan baik. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk membantu Anda dalam melakukan wawancara yang sukses.

1. Persiapkan Pertanyaan-Pertanyaan yang Tepat

Saat melakukan wawancara, pastikan Anda memiliki pertanyaan yang tepat dan relevan dengan topik yang akan dibahas. Buatlah daftar pertanyaan yang spesifik dan terstruktur sehingga Anda dapat memastikan tidak ada topik yang terlewatkan. Selain itu, jangan terlalu banyak mengajukan pertanyaan terbuka atau tertutup yang dapat menimbulkan kebingungan bagi narasumber.

Contoh Pertanyaan yang Tepat:

  • Apa yang membuat Anda tertarik dengan posisi ini?
  • Bagaimana pengalaman Anda dalam bidang ini?
  • Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda?

2. Buatlah Hubungan dengan Narasumber

Cara termudah untuk membuat narasumber merasa nyaman adalah dengan memulai wawancara dengan sedikit obrolan ringan. Hal ini dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang baik dengan narasumber dan membuatnya merasa lebih terbuka dalam menjawab pertanyaan Anda. Namun, pastikan obrolan ringan tetap relevan dengan topik yang akan dibahas.

Contoh Obrolan Ringan:

“Apa kabar hari ini? Pernahkah Anda melakukan wawancara sebelumnya?”

3. Dengarkan dengan Seksama

Saat melakukan wawancara, pastikan Anda benar-benar mendengarkan narasumber dengan seksama. Jangan terburu-buru untuk mengajukan pertanyaan berikutnya jika narasumber belum selesai menjawab pertanyaan sebelumnya. Selain itu, jangan mengalihkan topik pembicaraan ke topik lain yang tidak relevan.

Contoh Pertanyaan Lanjutan:

“Bisa jelaskan lebih detail mengenai pengalaman Anda dalam bidang ini?”

4. Hindari Menilai Narasumber

Saat melakukan wawancara, hindari untuk menilai narasumber berdasarkan pendapat pribadi Anda. Hal ini dapat membuat narasumber merasa tidak nyaman dan bisa mempengaruhi hasil wawancara. Sebagai pewawancara, tugas Anda adalah mendapatkan informasi dari narasumber, bukan untuk menilai mereka.

Contoh Pertanyaan Netral:

“Bisa jelaskan bagaimana Anda mengatasi masalah dalam pekerjaan Anda?”

5. Catat Informasi yang Penting

Saat melakukan wawancara, pastikan Anda mencatat informasi yang penting. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengingat dan menganalisis informasi yang diperoleh dari narasumber. Selain itu, ini juga dapat menjadi referensi untuk wawancara berikutnya.

Contoh Informasi yang Penting:

  • Detail pengalaman kerja narasumber
  • Keahlian atau keterampilan narasumber
  • Rekomendasi atau saran dari narasumber

6. Jangan Lupa untuk Menyampaikan Terima Kasih

Setelah wawancara selesai, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada narasumber. Hal ini dapat menunjukkan apresiasi Anda terhadap waktu dan usaha yang telah disumbangkan oleh narasumber dalam memberikan informasi yang berharga.

Contoh Ungkapan Terima Kasih:

“Terima kasih banyak atas waktu dan informasi yang Anda berikan. Kami sangat menghargai bantuannya.”

7. Evaluasi Hasil Wawancara

Setelah wawancara selesai, pastikan Anda mengevaluasi hasil wawancara. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dari wawancara yang telah dilakukan. Selain itu, evaluasi ini juga dapat membantu Anda dalam mempersiapkan wawancara berikutnya.

Contoh Pertanyaan Evaluasi:

  • Apakah pertanyaan yang diajukan tepat?
  • Apakah narasumber merespon pertanyaan dengan baik?
  • Apakah informasi yang diperoleh relevan dan bermanfaat?

8. Tips Tambahan untuk Wawancara yang Sukses

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk membantu Anda dalam melakukan wawancara yang sukses:

  • Jangan terlalu banyak menggunakan bahasa jargon yang sulit dipahami oleh narasumber
  • Jangan mengambil terlalu banyak catatan saat wawancara
  • Jangan memperlihatkan ketidakpastian atau kebingungan saat melakukan wawancara

9. Kesimpulan

Wawancara adalah suatu proses yang penting dalam berbagai bidang, namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melakukannya dengan baik. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda dapat melakukan wawancara dengan lebih efektif dan efisien.

10. FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika narasumber tidak merespon pertanyaan saya dengan baik?

Anda dapat mencoba untuk memberikan pertanyaan yang lebih terstruktur atau meminta narasumber untuk memberikan contoh lebih spesifik yang dapat membantu narasumber memahami pertanyaan Anda dengan lebih baik.

2. Berapa lama sebaiknya durasi wawancara?

Durasi wawancara sebaiknya tidak terlalu lama atau terlalu pendek. Usahakan untuk menjaga durasi wawancara antara 30-60 menit.

3. Apa yang harus saya lakukan jika narasumber memberikan jawaban yang terlalu panjang atau terlalu singkat?

Jika narasumber memberikan jawaban yang terlalu panjang, Anda dapat mencoba untuk memotong pertanyaan Anda menjadi lebih spesifik. Jika narasumber memberikan jawaban yang terlalu singkat, Anda dapat mencoba untuk mengajukan pertanyaan lanjutan yang lebih spesifik.

4. Bagaimana saya dapat membuat narasumber merasa nyaman saat melakukan wawancara?

Anda dapat memulai wawancara dengan sedikit obrolan ringan atau memperkenalkan diri Anda terlebih dahulu sebelum memulai wawancara. Pastikan Anda juga memiliki kontak mata yang baik dan senyum yang ramah saat melakukan wawancara.

5. Bagaimana saya dapat mempersiapkan diri sebelum melakukan wawancara?

Anda dapat mempersiapkan diri dengan membaca dan mempelajari topik yang akan dibahas, mempersiapkan daftar pertanyaan yang spesifik dan terstruktur, serta mempelajari profil atau latar belakang narasumber sebelum melakukan wawancara.

Leave a Comment