Cara Meruqyah Diri Sendiri Menurut Islam

Meruqyah atau ruqyah adalah sebuah cara untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan cara membaca ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ruqyah diperbolehkan dalam Islam sebagai sarana pengobatan yang sah selama dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam. Ruqyah juga dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap individu, jika dirinya merasa terkena gangguan atau penyakit gaib.

Memahami Ruqyah Diri Sendiri

Sebelum melakukan ruqyah diri sendiri, penting untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ruqyah dan bagaimana cara melakukan ruqyah yang benar menurut ajaran Islam.

Definisi Ruqyah

Ruqyah adalah sebuah upaya untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan membaca ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa tertentu yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Ruqyah dapat dilakukan oleh seseorang yang memang memiliki kemampuan khusus dalam melakukan ruqyah, seperti seorang ahli ruqyah atau juga dapat dilakukan secara mandiri oleh setiap individu yang merasa terkena gangguan atau penyakit gaib.

Cara Melakukan Ruqyah Diri Sendiri

Untuk melakukan ruqyah diri sendiri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Bersihkan tubuh dan pikiran Anda dengan mandi atau wudhu
  2. Cari tempat yang tenang dan bebas dari gangguan
  3. Baca Surat Al-Fatihah sebanyak tiga kali
  4. Baca doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, seperti doa ketika mengantuk, doa untuk perlindungan dari setan, atau doa ketika sedang takut
  5. Jika merasa terkena gangguan dari jin atau setan, bacalah ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan perlindungan dari jin atau setan
  6. Ulangi proses ini setiap kali Anda merasa terkena gangguan atau penyakit gaib

Cara Menguji Apakah Anda Terkena Gangguan Gaib

Sebelum melakukan ruqyah diri sendiri, penting untuk memastikan apakah Anda benar-benar terkena gangguan gaib atau tidak. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menguji apakah seseorang terkena gangguan gaib atau tidak, di antaranya adalah:

Uji dengan Al-Quran

Uji dengan Al-Quran dilakukan dengan membaca ayat-ayat tertentu yang berkaitan dengan penyakit gaib atau gangguan jin. Jika merasa ada reaksi dari tubuh Anda seperti merinding, kesemutan, atau sakit, maka kemungkinan besar Anda terkena gangguan gaib.

Uji dengan Air

Uji dengan air dilakukan dengan memasukkan air ke dalam sebuah gelas kemudian membacakan ayat-ayat Al-Quran sebanyak tujuh kali. Kemudian, air tersebut diaduk dan diminum. Jika merasakan perubahan pada tubuh seperti mual atau pusing, maka kemungkinan besar Anda terkena gangguan gaib.

Uji dengan Mimpi

Uji dengan mimpi dilakukan dengan mencari tahu apakah Anda sering bermimpi buruk atau mimpi yang sering mengganggu. Jika sering bermimpi buruk atau mimpi yang sering mengganggu, maka kemungkinan besar Anda terkena gangguan gaib.

Doa Ruqyah Mandiri Menurut Islam

Doa ruqyah mandiri merupakan salah satu doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW untuk melindungi diri dari gangguan jin atau setan. Berikut adalah doa ruqyah mandiri yang dapat Anda baca:

Doa Ketika Mengantuk

Bismillahirrahmanirrahim. A’udzu bi kalimatillahit-tammati min ghadhabihi wa ‘iqabihi, wa min sharri ibadihi wa min hamazatish-shayatini wa an yahduroon.

Doa untuk Perlindungan dari Setan

Bismillahirrahmanirrahim. A’udzu billahi minasyaitanirrajim.

Doa Ketika Sedang Takut

Bismillahirrahmanirrahim. La ilaha illallahu al-azhimu al-halim. La ilaha illallahu rabbul ‘arsyil ‘azhim. La ilaha illallahu rabbus-samawati wa rabbul-ardi wa rabbul-‘arsyil-karim.

Cara Meruqyah Diri Sendiri dengan Sesama Muslim

Meruqyah diri sendiri juga dapat dilakukan bersama dengan sesama muslim. Berikut adalah cara meruqyah diri sendiri dengan cara bersama-sama:

Langkah Pertama

Buatlah sebuah meja yang terdiri dari tiga buah gelas air putih. Kemudian, bacakan ayat Al-Quran Al-Fatihah sebanyak tiga kali pada setiap gelas.

Langkah Kedua

Masing-masing orang yang ingin meruqyah diri sendiri berdiri di dekat gelas dan membaca bismillah sebanyak tiga kali.

Langkah Ketiga

Tiupkan nafas ke dalam gelas secara perlahan-lahan sampai timbul gelembung di dalam air.

Langkah Keempat

Ulangi langkah ini sebanyak tiga kali. Setelah selesai, air dalam gelas akan terlihat keruh dan berwarna hijau kekuningan.

Langkah Kelima

Air dalam gelas dapat diminum oleh setiap orang yang ada di sekitar meja secara bergantian.

Manfaat Melakukan Ruqyah Diri Sendiri di Tempat Kerja

Meruqyah diri sendiri juga dapat dilakukan saat bekerja di kantor atau tempat kerja. Berikut adalah manfaat melakukan ruqyah diri sendiri di tempat kerja:

Menjaga Konsentrasi

Melakukan ruqyah diri sendiri di tempat kerja dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Melindungi dari Gangguan Jin atau Setan

Melakukan ruqyah diri sendiri di tempat kerja juga dapat melindungi Anda dari gangguan jin atau setan yang mungkin merasuki lingkungan tempat kerja Anda.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Meruqyah diri sendiri di tempat kerja juga dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja Anda dengan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks dan tenang.

Bahaya Melakukan Ruqyah yang Salah

Meruqyah diri sendiri dapat membantu mengatasi berbagai jenis penyakit atau gangguan gaib, namun jika tidak dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam, maka dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan keselamatan diri sendiri. Berikut adalah bahaya melakukan ruqyah yang salah:

Menimbulkan Trauma

Melakukan ruqyah yang salah dapat menimbulkan trauma psikologis pada diri sendiri dan juga orang lain.

Mengganggu Kesehatan

Melakukan ruqyah yang salah juga dapat mengganggu kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Melanggar Ajaran Islam

Melakukan ruqyah yang salah juga dapat melanggar ajaran Islam dan membuat diri sendiri terkena dosa.

Conclusion

Meruqyah diri sendiri merupakan sebuah cara yang sah dalam Islam untuk mengobati berbagai jenis penyakit atau gangguan gaib. Namun, penting untuk melakukan ruqyah dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam. Dalam melakukan ruqyah diri sendiri, penting untuk memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ruqyah, melakukan uji apakah terkena gangguan gaib, memahami doa ruqyah mandiri, dan menghindari bahaya melakukan ruqyah yang salah.

FAQs

1. Apa itu ruqyah?

Ruqyah adalah sebuah cara untuk mengobati berbagai jenis penyakit dengan cara membaca ayat-ayat Al-Quran atau doa-doa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

2. Apa yang dimaksud dengan ruqyah mandiri?

Ruqyah mandiri adalah melakukan ruqyah secara mandiri oleh setiap individu, jika dirinya merasa terkena gangguan atau penyakit gaib.

3. Apa saja manfaat melakukan ruqyah diri sendiri di tempat kerja?

Manfaat melakukan ruqyah diri sendiri di tempat kerja antara lain adalah: menjaga konsentrasi, melindungi dari gangguan jin atau setan, dan meningkatkan produktivitas kerja.

4. Apakah melakukan ruqyah yang salah dapat menimbulkan bahaya?

Ya, melakukan ruqyah yang salah dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan keselamatan diri sendiri.

5. Apa saja bahaya melakukan ruqyah yang salah?

Bahaya melakukan ruqyah yang salah antara lain adalah: menimbulkan trauma, mengganggu kesehatan, dan melanggar ajaran Islam.

Disclaimer

Artikel ini hanya sebagai informasi dan tidak untuk menggantikan saran atau rekomendasi dari dokter atau ahli kesehatan. Jika Anda mengalami gejala penyakit atau gangguan gaib, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan yang terpercaya.

Leave a Comment