Cara Menyimpan Gambar dari Google

Google adalah mesin pencari yang paling populer di dunia. Selain digunakan untuk mencari informasi, Google juga bisa digunakan untuk mencari gambar. Namun, seringkali kita kesulitan ketika ingin menyimpan gambar dari Google. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara menyimpan gambar dari Google.

1. Buka Google

Langkah pertama adalah membuka Google. Untuk membuka Google, ketikkan “google.com” di url browser Anda dan tekan enter.

2. Pilih Gambar

Setelah membuka Google, Anda akan melihat tampilan yang berbeda-beda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Untuk mencari gambar, klik pada menu “Gambar” yang terletak di sebelah kanan menu “Semua”.

3. Ketik Kata Kunci

Setelah memilih menu “Gambar”, ketikkan kata kunci gambar yang ingin Anda cari pada kolom pencarian Google.

4. Pilih Gambar

Selanjutnya, pilih gambar yang ingin Anda simpan dengan mengklik gambar tersebut. Gambar yang Anda pilih akan muncul dalam ukuran yang lebih besar.

5. Klik Kanan pada Gambar

Setelah memilih gambar, klik kanan pada gambar tersebut. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan. Pilih “Simpan gambar sebagai” untuk menyimpan gambar.

6. Pilih Lokasi Penyimpanan

Setelah memilih “Simpan gambar sebagai”, Anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan gambar. Pilih lokasi penyimpanan yang Anda inginkan, lalu klik “Simpan”.

7. Cek Gambar yang Sudah Disimpan

Setelah menyimpan gambar, cek lokasi penyimpanan gambar untuk memastikan gambar sudah tersimpan dengan baik.

8. Gunakan Fitur “Download” pada Google Chrome

Jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda juga bisa menggunakan fitur “Download” pada browser tersebut untuk menyimpan gambar dari Google. Caranya, klik kanan pada gambar yang ingin Anda simpan, lalu pilih “Download gambar”.

9. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda kesulitan menyimpan gambar dari Google dengan cara manual, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain Save Image As, Image Downloader, dan Image Picker.

10. Perhatikan Hak Cipta Gambar

Saat menyimpan gambar dari Google, pastikan Anda memperhatikan hak cipta gambar tersebut. Jangan mengambil gambar yang memiliki hak cipta tanpa izin. Jika ingin menggunakan gambar tersebut, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik gambar.

11. Gunakan Gambar dengan Ukuran yang Sesuai

Pastikan juga untuk menggunakan gambar dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan menggunakan gambar dengan ukuran besar jika hanya digunakan untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Hal ini akan membuat website Anda menjadi lambat dan sulit diakses.

12. Gunakan Alt Text pada Gambar

Saat menggunakan gambar pada website, pastikan untuk menggunakan alt text pada gambar tersebut. Alt text adalah teks pengganti yang akan muncul jika gambar tidak dapat ditampilkan. Alt text sangat penting untuk SEO karena membantu mesin pencari memahami konten pada website Anda.

13. Gunakan Gambar yang Berkualitas Tinggi

Pastikan untuk menggunakan gambar yang berkualitas tinggi. Gambar yang berkualitas tinggi akan membuat website Anda terlihat lebih profesional dan menarik perhatian pengunjung.

14. Gunakan Gambar yang Relevan

Pastikan juga untuk menggunakan gambar yang relevan dengan konten pada website Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas konten pada website Anda dan membuat pengunjung lebih tertarik untuk membaca konten tersebut.

15. Gunakan Sumber Gambar yang Terpercaya

Jika Anda ingin menggunakan gambar pada website Anda, pastikan untuk menggunakan sumber gambar yang terpercaya. Gunakan gambar yang berasal dari situs-situs yang memperbolehkan penggunaannya secara gratis atau gambar yang Anda miliki sendiri.

16. Gunakan Watermark pada Gambar

Jika Anda memiliki gambar yang ingin digunakan oleh orang lain, pastikan untuk menggunakan watermark pada gambar tersebut. Watermark akan membantu melindungi gambar dari tindakan yang tidak diinginkan.

17. Jangan Meniru Gambar Orang Lain

Jangan meniru gambar orang lain. Jika Anda ingin menggunakan gambar yang sudah ada, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik gambar.

18. Pastikan Ukuran Gambar Tidak Terlalu Besar

Pastikan ukuran gambar tidak terlalu besar. Gambar yang terlalu besar akan membuat website Anda menjadi lambat dan sulit diakses.

19. Jangan Menggunakan Gambar yang Berbahaya

Jangan menggunakan gambar yang berbahaya atau tidak sesuai dengan nilai-nilai moral. Hal ini akan merusak citra website Anda dan membuat pengunjung tidak ingin berkunjung ke website Anda lagi.

20. Gunakan Gambar dengan Izin yang Jelas

Pastikan untuk menggunakan gambar dengan izin yang jelas. Jangan menggunakan gambar yang tidak memiliki izin atau melanggar hak cipta orang lain. Ini bisa berakibat buruk pada website Anda.

Kesimpulan

Menyimpan gambar dari Google memang mudah, tapi kita harus memperhatikan beberapa hal seperti hak cipta gambar, ukuran gambar, dan sumber gambar yang terpercaya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, kita bisa menggunakan gambar dengan aman dan membuat website kita lebih menarik dan profesional.

FAQs

1. Apakah saya bisa menyimpan gambar dari Google tanpa izin?

Tidak, Anda tidak bisa menyimpan gambar dari Google tanpa izin. Gambar yang memiliki hak cipta tidak boleh digunakan tanpa izin dari pemilik gambar.

2. Apakah saya bisa menggunakan gambar dari Google untuk keperluan komersial?

Tidak, Anda tidak boleh menggunakan gambar dari Google untuk keperluan komersial tanpa izin dari pemilik gambar.

3. Apa itu alt text pada gambar?

Alt text adalah teks pengganti yang akan muncul jika gambar tidak dapat ditampilkan. Alt text sangat penting untuk SEO karena membantu mesin pencari memahami konten pada website Anda.

4. Apa itu watermark pada gambar?

Watermark adalah tanda air pada gambar yang membantu melindungi gambar dari tindakan yang tidak diinginkan.

5. Apa yang harus dilakukan jika saya ingin menggunakan gambar orang lain?

Jika Anda ingin menggunakan gambar orang lain, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik gambar.

Leave a Comment