Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang paling populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Ada banyak fitur yang disediakan oleh Microsoft Word, namun terkadang pengguna mengalami masalah dalam mengedit dokumen, salah satunya adalah tampilan yang berubah. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, tidak perlu khawatir karena artikel berikut akan memberikan tips untuk mengubah tampilan Word menjadi normal.

Apa itu Tampilan Normal di Microsoft Word?

Tampilan Normal di Microsoft Word adalah tampilan bawaan yang digunakan ketika Anda membuka dokumen baru. Tampilan ini memudahkan pengguna dalam mengedit dokumen karena tidak ada elemen-elemen yang mengganggu seperti margin, header, atau footer. Namun, terkadang tampilan Normal bisa berubah karena kesalahan saat mengedit dokumen atau pengaturan yang tidak tepat.

Kenapa Tampilan Word Bisa Berubah?

Ada beberapa alasan mengapa tampilan Word bisa berubah, di antaranya:

1. Kesalahan Saat Mengedit Dokumen

Saat mengedit dokumen, terkadang pengguna tidak sengaja mengubah pengaturan seperti margin atau paragraf. Ini dapat menyebabkan tampilan dokumen berbeda dari tampilan Normal.

2. Virus

Virus atau malware dapat merusak file Word dan menyebabkan tampilan dokumen berubah. Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan untuk memindai komputer Anda dengan antivirus terbaru.

3. Pengaturan Printer

Pengaturan printer yang tidak tepat dapat menyebabkan tampilan dokumen yang berbeda. Pastikan printer Anda diatur dengan benar sebelum mencetak dokumen.

Cara Mengubah Tampilan Word Menjadi Normal

Berikut adalah beberapa cara untuk mengubah tampilan Word menjadi normal:

1. Resetting Margin

Margin yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat membuat tampilan dokumen tidak normal. Untuk mengubah margin, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih menu “Layout” di ribbon Microsoft Word
  2. Pilih “Margins” di bagian “Page Setup”
  3. Pilih “Normal” untuk mengatur margin menjadi ukuran standar

2. Menonaktifkan Mode Reading

Mode Reading adalah fitur yang berguna untuk melihat dokumen dalam mode layar penuh. Namun, fitur ini dapat membuat tampilan dokumen menjadi berbeda dari tampilan Normal. Untuk menonaktifkan Mode Reading, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol “View” di ribbon Microsoft Word
  2. Pilih “Print Layout” untuk kembali ke tampilan normal

3. Mengatur Paragraf

Paragraf yang tidak diatur dengan benar dapat membuat tampilan dokumen menjadi berbeda dari tampilan Normal. Untuk mengatur paragraf, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih menu “Home” di ribbon Microsoft Word
  2. Pilih “Paragraph” di bagian “Paragraph”
  3. Mengatur “Spacing Before” dan “Spacing After” menjadi “0”
  4. Mengatur “Line Spacing” menjadi “Single”
  5. Mengatur “Alignment” menjadi “Left”

4. Menggunakan Format Painter

Jika tampilan dokumen Anda berubah karena pengaturan yang tidak tepat di satu bagian dokumen, Anda dapat menggunakan Format Painter untuk menyalin format dari bagian yang benar ke bagian yang salah. Untuk menggunakan Format Painter, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih bagian dokumen yang benar
  2. Klik tombol “Format Painter” di ribbon Microsoft Word
  3. Pilih bagian dokumen yang salah

5. Menggunakan Fitur Reset

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan fitur Reset. Fitur ini akan mengembalikan pengaturan Word menjadi pengaturan bawaan yang normal. Untuk menggunakan fitur Reset, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol “File” di ribbon Microsoft Word
  2. Pilih “Options” di bagian “File”
  3. Pilih “Advanced” di bagian “Options”
  4. Scroll ke bawah dan cari “Reset”
  5. Klik “Reset All Settings” dan “OK”

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan cara mengubah tampilan Word menjadi normal. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, seperti mengatur margin, menonaktifkan Mode Reading, mengatur paragraf, menggunakan Format Painter, dan menggunakan fitur Reset. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengubah tampilan Word menjadi normal dan melanjutkan edit dokumen Anda.

FAQs

1. Apakah tampilan Normal sama dengan tampilan Default?

Tampilan Normal di Microsoft Word berbeda dengan tampilan Default. Tampilan Normal adalah tampilan bawaan ketika Anda membuka dokumen baru, sedangkan tampilan Default adalah pengaturan default Word. Anda dapat mengubah tampilan Default di menu “Options”.

2. Apakah semua versi Word memiliki tampilan Normal?

Ya, semua versi Microsoft Word memiliki tampilan Normal sebagai tampilan bawaan ketika Anda membuka dokumen baru. Namun, tampilan Normal dapat diubah oleh pengguna.

3. Apakah mengubah tampilan Word menjadi normal akan menghapus format yang sudah diatur?

Tidak, mengubah tampilan Word menjadi normal tidak akan menghapus format yang sudah diatur. Namun, Anda perlu memastikan bahwa format sudah diatur dengan benar agar tampilan dokumen tidak berubah kembali.

4. Bagaimana cara mengembalikan tampilan Word yang hilang?

Jika tampilan Word hilang, Anda dapat mencoba menggunakan fitur Reset seperti yang dijelaskan di atas. Jika itu tidak berhasil, pastikan untuk memeriksa pengaturan Word dan memastikan bahwa tampilan Normal diaktifkan.

5. Apa yang harus dilakukan jika tampilan Word berubah saat mencetak?

Jika tampilan Word berubah saat mencetak, pastikan printer Anda diatur dengan benar. Anda juga dapat mencoba menggunakan printer lain atau mencetak dokumen dalam format PDF.

Leave a Comment