Cara Mengubah Password IG

Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat saat ini. Dengan pengguna aktif lebih dari 1 miliar, Instagram menjadi salah satu platform yang paling diminati untuk berbagi momen dan informasi. Namun, seperti halnya media sosial lainnya, keamanan dan privasi menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan akun Instagram adalah dengan mengubah password secara berkala. Berikut adalah cara mengubah password IG yang dapat dilakukan.

Langkah 1: Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama untuk mengubah password IG adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda. Pastikan aplikasi Instagram sudah terpasang dan terupdate pada perangkat Anda.

Langkah 2: Masuk ke Profil

Setelah membuka aplikasi Instagram, selanjutnya masuklah ke akun Instagram Anda dengan memasukkan username dan password yang sudah terdaftar. Kemudian, masuklah ke profil Anda dengan menekan ikon profil pada pojok kanan bawah layar.

Langkah 3: Buka Pengaturan

Setelah masuk ke profil, selanjutnya masuklah ke bagian pengaturan. Untuk membuka pengaturan, tekan ikon tiga garis horizontal pada pojok kanan atas layar kemudian pilih opsi “Pengaturan”.

Langkah 4: Pilih Opsi “Keamanan”

Setelah membuka pengaturan, pilihlah opsi “Keamanan”. Opsi ini terletak di bawah opsi “Akun”. Setelah memilih opsi “Keamanan”, Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan keamanan akun Instagram.

Langkah 5: Pilih Opsi “Ubah Password”

Setelah masuk ke halaman pengaturan keamanan, selanjutnya pilihlah opsi “Ubah Password”. Opsi ini terletak di bawah opsi “Kami akan selalu melindungi akun Anda”.

Langkah 6: Masukkan Password Lama Anda

Setelah memilih opsi “Ubah Password”, Anda akan diminta untuk memasukkan password lama akun Instagram Anda. Masukkanlah password lama yang sudah terdaftar dengan benar.

Langkah 7: Masukkan Password Baru Anda

Setelah memasukkan password lama, selanjutnya masukkan password baru yang ingin Anda gunakan. Pastikan password baru yang Anda buat terdiri dari karakter yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain.

Langkah 8: Konfirmasi Password Baru Anda

Setelah memasukkan password baru, konfirmasi password baru Anda dengan memasukkannya kembali pada kolom yang tersedia.

Langkah 9: Tekan Simpan

Setelah memasukkan password baru dan konfirmasi password baru, selanjutnya tekan opsi “Simpan” untuk menyimpan perubahan password baru dan mengubah password IG Anda.

Langkah 10: Logout dari Aplikasi Instagram

Setelah mengubah password IG, pastikan untuk logout dari aplikasi Instagram pada perangkat Anda. Cara logout dari aplikasi Instagram dapat dilakukan dengan masuk ke halaman profil, kemudian tekan ikon tiga garis horizontal pada pojok kanan atas layar, lalu pilih opsi “Keluar”.

Tips Mengubah Password IG

Untuk menjaga keamanan dan privasi akun Instagram, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan dalam mengubah password IG. Berikut adalah tips mengubah password IG:

1. Buat Password yang Kuat

Pastikan password yang Anda buat untuk akun Instagram terdiri dari karakter yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Hindari menggunakan kombinasi password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama panggilan Anda.

2. Gunakan Kata Sandi yang Berbeda

Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk akun sosial media lainnya. Hal ini akan membuat akun Instagram Anda lebih rentan terhadap pencurian password dan keamanan akun.

3. Ubah Password Secara Berkala

Mengubah password secara berkala dapat membantu menjaga keamanan akun Instagram Anda. Lakukanlah perubahan password minimal setiap tiga bulan sekali untuk menghindari kerentanan akun.

4. Gunakan Autentikasi Dua Faktor

Gunakan opsi autentikasi dua faktor untuk menambahkan lapisan keamanan tambahan pada akun Instagram Anda. Dengan opsi ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi atau memberikan persetujuan untuk masuk ke akun Instagram dari perangkat lain.

Kesimpulan

Mengubah password IG secara berkala merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan dan privasi akun Instagram Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah password IG dan menjaga keamanan akun Instagram Anda. Selain itu, pastikan untuk mengikuti tips yang telah disebutkan di atas untuk menjaga keamanan akun Instagram dengan lebih baik.

FAQs

1. Apakah Saya Harus Mengubah Password IG Secara Berkala?

Ya, mengubah password IG secara berkala dapat membantu menjaga keamanan akun Instagram Anda dan menghindari kerentanan akun.

2. Bagaimana Cara Membuat Password yang Kuat?

Pastikan password yang Anda buat terdiri dari kombinasi karakter yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Hindari menggunakan kombinasi password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama panggilan Anda.

3. Apa itu Autentikasi Dua Faktor?

Autentikasi dua faktor adalah opsi keamanan tambahan yang dapat digunakan untuk melindungi akun Instagram Anda. Dengan opsi ini, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi atau memberikan persetujuan untuk masuk ke akun Instagram dari perangkat lain.

4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Password IG Saya Diretas?

Jika password IG Anda diretas, segera ganti password Anda dan pastikan untuk mengaktifkan opsi autentikasi dua faktor. Laporkan juga insiden ini ke Instagram dengan mengunjungi halaman bantuan Instagram.

5. Berapa Sering Saya Harus Mengubah Password IG?

Mengubah password IG minimal dilakukan setiap tiga bulan sekali untuk menghindari kerentanan akun Instagram Anda.

Leave a Comment