Cara Menentukan Periode dan Golongan: Panduan Lengkap

Periode dan golongan adalah dua hal penting dalam tabel periodik, yang memberikan informasi tentang sifat-sifat unsur kimia. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara menentukan periode dan golongan suatu unsur dalam tabel periodik. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menentukan periode dan golongan.

Apa Itu Periode dan Golongan?

Periode adalah baris horizontal pada tabel periodik yang menunjukkan jumlah kulit elektron yang dimiliki oleh unsur kimia. Setiap periode memiliki nomor yang berbeda, mulai dari 1 hingga 7. Unsur-unsur pada periode yang sama memiliki jumlah kulit elektron yang sama. Misalnya, unsur karbon dan nitrogen memiliki 2 kulit elektron karena keduanya terletak pada periode ke-2.

Sementara itu, golongan adalah kolom vertikal pada tabel periodik yang menunjukkan jumlah elektron valensi yang dimiliki oleh unsur kimia. Unsur-unsur pada golongan yang sama memiliki jumlah elektron valensi yang sama. Misalnya, unsur kalium dan rubidium terletak pada golongan ke-1, yang menunjukkan jumlah elektron valensi yang sama.

Cara Menentukan Periode

1. Identifikasi nomor atom unsur

Untuk menentukan periode suatu unsur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi nomor atom unsur tersebut. Nomor atom adalah jumlah proton pada inti atom, dan tercantum di sebelah kiri nama unsur pada tabel periodik.

2. Cari periode yang sesuai

Setelah mengetahui nomor atom unsur, cari baris horizontal pada tabel periodik yang sesuai dengan nomor atom tersebut. Misalnya, unsur karbon memiliki nomor atom 6, sehingga terletak pada periode ke-2.

Cara Menentukan Golongan

1. Identifikasi nomor atom unsur

Langkah pertama untuk menentukan golongan suatu unsur adalah mengidentifikasi nomor atom unsur tersebut, seperti pada cara menentukan periode.

2. Cari kolom golongan yang sesuai

Setelah mengetahui nomor atom unsur, cari kolom vertikal pada tabel periodik yang sesuai dengan nomor atom tersebut. Misalnya, unsur kalium memiliki nomor atom 19, sehingga terletak pada golongan ke-1.

Hubungan Antara Periode dan Golongan

Periode dan golongan saling terkait karena sifat-sifat unsur kimia dipengaruhi oleh jumlah kulit elektron dan jumlah elektron valensi. Unsur-unsur pada golongan yang sama memiliki sifat-sifat yang mirip karena jumlah elektron valensi yang sama. Sementara itu, unsur-unsur pada periode yang sama memiliki sifat-sifat yang mirip karena jumlah kulit elektron yang sama.

Kesimpulan

Menentukan periode dan golongan suatu unsur dalam tabel periodik sangatlah penting karena memberikan informasi tentang sifat-sifat unsur kimia. Cara menentukannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengidentifikasi nomor atom unsur dan mencari baris atau kolom yang sesuai pada tabel periodik.

Pertanyaan Umum

1. Apa itu periode dalam tabel periodik?

Periode adalah baris horizontal pada tabel periodik yang menunjukkan jumlah kulit elektron yang dimiliki oleh unsur kimia.

2. Apa itu golongan dalam tabel periodik?

Golongan adalah kolom vertikal pada tabel periodik yang menunjukkan jumlah elektron valensi yang dimiliki oleh unsur kimia.

3. Bagaimana cara menentukan periode suatu unsur?

Cara menentukan periode suatu unsur adalah dengan mengidentifikasi nomor atom unsur tersebut dan mencari baris horizontal pada tabel periodik yang sesuai dengan nomor atom tersebut.

4. Bagaimana cara menentukan golongan suatu unsur?

Cara menentukan golongan suatu unsur adalah dengan mengidentifikasi nomor atom unsur tersebut dan mencari kolom vertikal pada tabel periodik yang sesuai dengan nomor atom tersebut.

5. Apa hubungan antara periode dan golongan?

Periode dan golongan saling terkait karena sifat-sifat unsur kimia dipengaruhi oleh jumlah kulit elektron dan jumlah elektron valensi. Unsur-unsur pada golongan yang sama memiliki sifat-sifat yang mirip karena jumlah elektron valensi yang sama. Sementara itu, unsur-unsur pada periode yang sama memiliki sifat-sifat yang mirip karena jumlah kulit elektron yang sama.

Leave a Comment