Cara Membuat Shortcut di Desktop: Panduan Lengkap untuk Pemula

Shortcut di desktop adalah jalan pintas yang sangat berguna untuk membuka program atau file yang sering digunakan dengan cepat. Dengan membuat shortcut di desktop, pengguna tidak perlu lagi mencari file atau program yang tersembunyi dalam folder. Namun, banyak orang yang masih merasa kesulitan dalam membuat shortcut di desktop. Untuk itu, kami sudah merangkum panduan lengkap cara membuat shortcut di desktop untuk pemula.

Persiapan

Sebelum mulai membuat shortcut di desktop, pastikan kamu sudah mengetahui nama program atau file yang ingin kamu buat shortcut-nya. Selain itu, pastikan juga file atau program tersebut sudah terpasang di komputer kamu.

Cara Membuat Shortcut di Desktop pada Windows

Langkah 1: Buka menu Start

Untuk membuat shortcut di desktop pada Windows, pertama-tama buka menu Start dengan menekan tombol Windows pada keyboard atau klik logo Windows di pojok kiri bawah layar.

Langkah 2: Cari program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya

Cari program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya dengan mengetikkan nama program atau file tersebut pada kolom pencarian di menu Start.

Langkah 3: Klik kanan pada program atau file tersebut

Setelah menemukan program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya, klik kanan pada program atau file tersebut untuk membuka menu konteks.

Langkah 4: Pilih “Buat shortcut”

Pilih opsi “Buat shortcut” dari menu konteks yang muncul setelah kamu mengklik kanan pada program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya.

Langkah 5: Drag and drop shortcut ke desktop

Setelah kamu memilih opsi “Buat shortcut”, shortcut tersebut akan langsung terbentuk di folder yang sama dengan program atau file aslinya. Selanjutnya, drag and drop shortcut tersebut ke desktop.

Cara Membuat Shortcut di Desktop pada Mac

Langkah 1: Buka Finder

Untuk membuat shortcut di desktop pada Mac, buka Finder dengan menekan tombol Command + Space pada keyboard atau klik ikon Finder di dock.

Langkah 2: Cari program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya

Cari program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya dengan mengetikkan nama program atau file tersebut pada kolom pencarian di Finder.

Langkah 3: Klik dan tahan program atau file tersebut

Klik dan tahan program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya untuk membuka menu konteks.

Langkah 4: Pilih “Buat alias”

Pilih opsi “Buat alias” dari menu konteks yang muncul setelah kamu mengklik dan menahan program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya.

Langkah 5: Drag and drop alias ke desktop

Setelah kamu memilih opsi “Buat alias”, alias tersebut akan langsung terbentuk di folder yang sama dengan program atau file aslinya. Selanjutnya, drag and drop alias tersebut ke desktop.

Cara Mengedit Shortcut di Desktop

Langkah 1: Klik kanan pada shortcut yang ingin diubah

Klik kanan pada shortcut yang ingin diubah untuk membuka menu konteks.

Langkah 2: Pilih “Properties” (Windows) atau “Get Info” (Mac)

Pilih opsi “Properties” pada Windows atau “Get Info” pada Mac dari menu konteks yang muncul setelah kamu mengklik kanan pada shortcut yang ingin diubah.

Langkah 3: Ubah nama atau ikon shortcut

Pada jendela Properties atau Get Info, kamu bisa mengubah nama atau ikon shortcut sesuai dengan keinginan kamu.

Langkah 4: Klik “OK”

Setelah selesai mengubah nama atau ikon shortcut, klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Cara Menghapus Shortcut di Desktop

Langkah 1: Klik kanan pada shortcut yang ingin dihapus

Klik kanan pada shortcut yang ingin dihapus untuk membuka menu konteks.

Langkah 2: Pilih “Hapus”

Pilih opsi “Hapus” dari menu konteks yang muncul setelah kamu mengklik kanan pada shortcut yang ingin dihapus.

Langkah 3: Konfirmasi penghapusan

Konfirmasi penghapusan shortcut dengan mengklik “Ya” pada jendela konfirmasi yang muncul.

Keuntungan Menggunakan Shortcut di Desktop

Meningkatkan efisiensi kerja

Dengan menggunakan shortcut di desktop, kamu bisa membuka program atau file yang sering digunakan dengan cepat tanpa perlu mencarinya dalam folder.

Menghemat waktu

Dengan membuka program atau file yang sering digunakan dengan cepat, kamu bisa menghemat waktu yang sebelumnya dibutuhkan untuk mencari program atau file tersebut.

Meningkatkan produktivitas

Dengan efisiensi kerja yang meningkat dan waktu yang dihemat, kamu bisa lebih fokus pada pekerjaan yang sedang kamu kerjakan dan meningkatkan produktivitas kamu.

Kesimpulan

Shortcut di desktop adalah jalan pintas yang sangat berguna untuk membuka program atau file yang sering digunakan dengan cepat. Dalam panduan ini, kami sudah menjelaskan cara membuat shortcut di desktop pada Windows dan Mac, cara mengedit shortcut di desktop, cara menghapus shortcut di desktop, serta keuntungan menggunakan shortcut di desktop. Dengan mengikuti panduan ini, kamu bisa membuat shortcut di desktop dengan mudah dan meningkatkan efisiensi kerja kamu.

Frequently Asked Questions

1. Apa itu shortcut di desktop?

Shortcut di desktop adalah jalan pintas yang sangat berguna untuk membuka program atau file yang sering digunakan dengan cepat.

2. Apa saja keuntungan menggunakan shortcut di desktop?

Keuntungan menggunakan shortcut di desktop adalah meningkatkan efisiensi kerja, menghemat waktu, dan meningkatkan produktivitas.

3. Apa saja langkah-langkah untuk membuat shortcut di desktop pada Windows?

Langkah-langkah untuk membuat shortcut di desktop pada Windows adalah membuka menu Start, mencari program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya, mengklik kanan pada program atau file tersebut, memilih opsi “Buat shortcut”, dan drag and drop shortcut tersebut ke desktop.

4. Apa saja langkah-langkah untuk membuat shortcut di desktop pada Mac?

Langkah-langkah untuk membuat shortcut di desktop pada Mac adalah membuka Finder, mencari program atau file yang ingin dibuat shortcut-nya, mengklik dan menahan program atau file tersebut, memilih opsi “Buat alias”, dan drag and drop alias tersebut ke desktop.

5. Bagaimana cara mengedit atau menghapus shortcut di desktop?

Untuk mengedit shortcut di desktop, klik kanan pada shortcut yang ingin diubah, pilih opsi “Properties” pada Windows atau “Get Info” pada Mac, ubah nama atau ikon shortcut, dan klik “OK” untuk menyimpan perubahan. Untuk menghapus shortcut di desktop, klik kanan pada shortcut yang ingin dihapus, pilih opsi “Hapus”, dan konfirmasi penghapusan.

Leave a Comment