Cara Membuat Centang di Excel: Panduan Lengkap untuk Pemula

Jika Anda sering bekerja dengan Microsoft Excel, pasti sudah tidak asing lagi dengan simbol centang atau tanda ✓. Simbol ini biasanya digunakan untuk memeriksa suatu item dalam daftar atau menandai suatu tugas atau pekerjaan yang telah selesai dilakukan.

Namun, banyak pengguna Excel yang masih belum tahu bagaimana cara membuat centang di Excel. Jika Anda termasuk salah satunya, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat centang di Excel dengan mudah dan cepat. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Simbol Centang di Excel?

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat centang di Excel, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu simbol centang di Excel. Simbol ini biasanya disebut dengan tanda checklist, checkmark, atau tanda benar.

Simbol centang di Excel biasanya digunakan untuk menandai suatu item dalam daftar yang telah selesai dilakukan. Misalnya, kita ingin membuat daftar belanjaan di Excel dan menyelesaikan setiap item yang sudah dibeli dengan menandainya menggunakan simbol centang.

Cara Membuat Centang di Excel Menggunakan Simbol Wingdings

Langkah 1: Buka Excel dan Pilih Sel yang Ingin Diberi Centang

Langkah pertama untuk membuat centang di Excel adalah membuka program Excel dan memilih sel atau kolom yang ingin diberi centang. Anda dapat memilih sel atau kolom tersebut dengan mengkliknya menggunakan mouse.

Langkah 2: Ubah Format Font Menjadi Wingdings

Setelah memilih sel atau kolom, langkah berikutnya adalah mengubah format font menjadi Wingdings. Wingdings adalah salah satu jenis font yang telah disediakan oleh Microsoft Office dan mengandung berbagai macam simbol, termasuk simbol centang.

Untuk mengubah format font menjadi Wingdings, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan pada sel atau kolom yang ingin diberi centang dan pilih “Format Cells”.
  2. Pada jendela “Format Cells”, pilih tab “Font”.
  3. Pada opsi “Font”, pilih “Wingdings” dari daftar font yang tersedia.
  4. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Langkah 3: Ketik Karakter Centang pada Sel atau Kolom yang Dipilih

Setelah mengubah format font menjadi Wingdings, langkah selanjutnya adalah mengetik karakter centang pada sel atau kolom yang telah dipilih. Karakter centang dapat diketik dengan menekan tombol “P” pada keyboard.

Setelah mengetik karakter “P”, karakter tersebut akan berubah menjadi simbol centang pada sel atau kolom yang dipilih. Anda dapat mengulangi langkah ini untuk sel atau kolom lain yang ingin diberi centang.

Cara Membuat Centang di Excel Menggunakan Fungsi Jika

Langkah 1: Buka Excel dan Buat Daftar yang Akan Diberi Centang

Langkah pertama untuk membuat centang di Excel menggunakan fungsi Jika adalah membuka program Excel dan membuat daftar yang akan diberi centang. Daftar ini bisa berupa daftar belanjaan, daftar tugas, atau daftar apapun yang ingin Anda tandai dengan simbol centang.

Langkah 2: Tambahkan Kolom Baru untuk Centang

Setelah membuat daftar, langkah berikutnya adalah menambahkan kolom baru untuk centang. Kolom ini akan digunakan untuk menampilkan simbol centang jika suatu item dalam daftar telah selesai dilakukan.

Untuk menambahkan kolom baru, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada kolom yang berada di sebelah kanan daftar yang ingin Anda tandai.
  2. Pilih “Insert” pada menu atas Excel.
  3. Pilih opsi “Insert Sheet Columns”.

Langkah 3: Masukkan Fungsi Jika pada Sel Pertama Kolom Centang

Setelah menambahkan kolom baru, langkah berikutnya adalah memasukkan fungsi Jika pada sel pertama kolom centang. Fungsi ini akan menampilkan simbol centang jika suatu item dalam daftar telah selesai dilakukan.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk memasukkan fungsi Jika:

  1. Klik pada sel pertama kolom centang.
  2. Masukkan rumus =IF(sel daftar yang ingin ditandai=”selesai”,”✓”,””) pada baris Input Formula.
  3. Klik “Enter” pada keyboard untuk menyimpan rumus.

Dalam rumus di atas, sel daftar yang ingin ditandai adalah sel yang berisi nama item dalam daftar. Jika item tersebut telah selesai dilakukan, simbol centang akan muncul pada sel kolom centang. Jika belum, sel akan tetap kosong.

Langkah 4: Salin Fungsi Jika ke Sel Kolom Centang Lainnya

Setelah memasukkan fungsi Jika pada sel pertama kolom centang, langkah berikutnya adalah menyalin fungsi tersebut ke seluruh kolom centang lainnya. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada sel pertama kolom centang yang telah diisi dengan rumus Jika.
  2. Arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah sel tersebut hingga kursor berubah menjadi tanda plus (+).
  3. Klik dan tahan tombol mouse, lalu seret kursor ke sel lain di sebelah kanan kolom centang.
  4. Angkat jari dari mouse untuk menyalin rumus Jika ke sel lainnya.

Setelah menyalin rumus Jika ke sel lainnya, simbol centang akan muncul pada setiap item yang telah selesai dilakukan dalam daftar.

Cara Membuat Centang di Excel Menggunakan Add-In

Langkah 1: Buka Excel dan Pilih Sel yang Ingin Diberi Centang

Langkah pertama untuk membuat centang di Excel menggunakan Add-In adalah membuka program Excel dan memilih sel atau kolom yang ingin diberi centang. Anda dapat memilih sel atau kolom tersebut dengan mengkliknya menggunakan mouse.

Langkah 2: Unduh dan Instal Add-In “Symbol”

Setelah memilih sel atau kolom, langkah berikutnya adalah mengunduh dan menginstal Add-In “Symbol”. Add-In ini akan membantu Anda untuk menampilkan berbagai macam simbol, termasuk simbol centang, dengan lebih mudah dan cepat.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengunduh dan menginstal Add-In “Symbol”:

  1. Klik pada ikon “Insert” pada menu atas Excel.
  2. Pilih opsi “My Add-Ins”.
  3. Pilih “Get Add-Ins”.
  4. Cari Add-In “Symbol” dan klik “Add”.
  5. Ikuti instruksi untuk menginstal Add-In “Symbol”.

Langkah 3: Pilih Simbol Centang pada Add-In “Symbol”

Setelah menginstal Add-In “Symbol”, langkah berikutnya adalah memilih simbol centang pada Add-In tersebut. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada ikon “Insert” pada menu atas Excel.
  2. Pilih “My Add-Ins”.
  3. Pilih Add-In “Symbol”.
  4. Pilih kategori “Symbols” pada jendela “Symbol”.
  5. Cari simbol centang pada daftar simbol yang tersedia.
  6. Klik pada simbol centang untuk menambahkannya pada sel atau kolom yang telah dipilih.

Setelah menambahkan simbol centang, Anda dapat menyimpan perubahan dan menggunakan Add-In “Symbol” untuk menampilkan simbol lain yang dibutuhkan di Excel.

Cara Menyisipkan Gambar Centang di Excel

Langkah 1: Buka Excel dan Pilih Sel yang Ingin Diberi Centang

Langkah pertama untuk menyisipkan gambar centang di Excel adalah membuka program Excel dan memilih sel atau kolom yang ingin diberi centang. Anda dapat memilih sel atau kolom tersebut dengan mengkliknya menggunakan mouse.

Langkah 2: Sisipkan Gambar Centang pada Sel atau Kolom yang Dipilih

Setelah memilih sel atau kolom, langkah berikutnya adalah menyisipkan gambar centang pada sel atau kolom yang dipilih. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada ikon “Insert” pada menu atas Excel.
  2. Pilih opsi “Picture”.
  3. Pilih gambar centang yang ingin disisipkan pada jendela “Insert Picture”.
  4. Klik “Insert” untuk menyisipkan gambar centang pada sel atau kolom yang dipilih.

Setelah menyisipkan gambar centang, Anda dapat menyesuaikan ukuran atau posisi gambar tersebut dengan mengklik dan menyeret tepi gambar menggunakan mouse.

Penutup

Sekarang Anda telah mempelajari berbagai cara untuk membuat centang di Excel. Mulai dari menggunakan simbol Wingdings, fungsi Jika, Add-In Symbol, hingga menyisipkan gambar centang.

Dengan memahami cara membuat centang di Excel, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja dengan program ini. Selamat mencoba!

FAQs

1. Apa itu simbol centang di Excel?

Simbol centang di Excel adalah tanda checklist atau tanda benar yang digunakan untuk menandai suatu item dalam daftar yang telah selesai dilakukan.

2. Bagaimana cara membuat centang di Excel menggunakan simbol Wingdings?

Anda dapat mengubah format font menjadi Wingdings dan mengetik karakter “P” pada sel atau kolom yang ingin diberi centang.

3. Bagaimana cara membuat centang di Excel menggunakan fungsi Jika?

Anda dapat menambahkan kolom baru untuk centang, memasukkan fungsi Jika pada sel pertama kolom centang, dan menyalin fungsi tersebut ke seluruh kolom centang lainnya.

4. Apa itu Add-In “Symbol” di Excel?

Add-In “Symbol” adalah fitur tambahan di Excel yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai macam simbol, termasuk simbol centang, dengan lebih mudah dan cepat.

5. Bagaimana cara menyisipkan gambar centang di Excel?

Anda dapat memilih opsi “Picture” pada menu atas Excel, memilih gambar centang yang ingin disisipkan pada jendela “Insert Picture”, dan menyisipkannya pada sel atau kolom yang dipilih.

Leave a Comment