Cara Membuat Board di Telegram

Telegram menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain bisa digunakan untuk saling mengirim pesan, Telegram juga memiliki fitur grup dan channel yang bisa digunakan untuk berbagi informasi dengan banyak orang sekaligus. Namun, tahukah Anda bahwa di Telegram juga ada yang namanya board? Board di Telegram mirip seperti forum, di mana pengguna bisa saling berinteraksi dan berdiskusi tentang topik tertentu. Jika Anda tertarik untuk membuat board di Telegram, simak cara-cara berikut ini.

Apa itu Board di Telegram?

Board di Telegram adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat forum diskusi dengan topik tertentu. Dalam board, pengguna bisa memulai topik diskusi baru, menanggapi topik yang sudah ada, dan berinteraksi dengan pengguna lainnya. Board bisa dibuat menjadi publik atau privat, tergantung dari kebutuhan dan tujuan pembuatnya.

Cara Membuat Board di Telegram

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat board di Telegram:

1. Buka Aplikasi Telegram

Pertama-tama, buka aplikasi Telegram di smartphone Anda.

2. Buka Menu

Setelah aplikasi terbuka, buka menu dengan menekan ikon tiga garis di pojok kiri atas layar.

3. Pilih “New Group”

Di dalam menu, pilih opsi “New Group”.

4. Tambahkan Teman atau Pengguna Lainnya

Setelah itu, tambahkan teman atau pengguna lainnya yang ingin Anda ajak untuk bergabung di board. Anda juga bisa tidak menambahkan siapa pun, jika memang ingin membuat board sebagai tempat diskusi pribadi.

5. Beri Nama pada Board

Beri nama pada board. Pastikan nama yang Anda berikan sesuai dengan topik yang ingin dibahas di dalam board.

6. Pilih Tipe Board

Anda bisa memilih apakah board yang Anda buat adalah publik atau privat. Jika publik, siapa pun bisa bergabung di dalamnya. Jika privat, hanya pengguna yang sudah diundang oleh Anda yang bisa bergabung.

7. Selesai

Setelah semua pengaturan sudah selesai, board di Telegram pun sudah berhasil dibuat.

Cara Menggunakan Board di Telegram

Setelah board di Telegram berhasil dibuat, berikut adalah cara-cara untuk menggunakannya:

1. Mulai Topik Diskusi Baru

Untuk memulai topik diskusi baru, tekan ikon pena yang ada di pojok kanan bawah layar. Setelah itu, tulis judul dan isi pesan yang ingin Anda bagikan.

2. Tanggapi Topik yang Sudah Ada

Untuk menanggapi topik yang sudah ada, cukup tekan pesan yang ingin Anda tanggapi dan tuliskan komentar atau tanggapan Anda.

3. Gunakan Emoji dan Stiker

Telegram memiliki berbagai macam emoji dan stiker yang bisa digunakan untuk menambahkan ekspresi dalam pesan yang Anda tulis.

4. Undang Pengguna Lainnya

Anda bisa mengundang pengguna lainnya untuk bergabung di dalam board dengan mengirimkan link undangan yang ada di bagian atas layar.

5. Kirim Pesan Langsung ke Pengguna Lainnya

Jika ingin mengirim pesan langsung ke pengguna lainnya, cukup klik foto profil pengguna tersebut dan pilih “Send Message”.

Keuntungan Membuat Board di Telegram

Membuat board di Telegram memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

1. Mudah Digunakan

Telegram merupakan aplikasi yang mudah digunakan dan akrab bagi masyarakat Indonesia. Dengan membuat board di dalamnya, pengguna akan lebih mudah untuk bergabung dan berinteraksi.

2. Lebih Terorganisir

Dengan adanya board, diskusi akan lebih terorganisir dan mudah diikuti oleh pengguna lainnya.

3. Mempermudah Komunikasi

Board di Telegram mempermudah komunikasi antar pengguna yang memiliki minat yang sama. Pengguna bisa saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Board di Telegram adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat forum diskusi dengan topik tertentu. Board bisa dibuat menjadi publik atau privat, tergantung dari kebutuhan dan tujuan pembuatnya. Untuk menggunakan board di Telegram, pengguna bisa memulai topik diskusi baru, menanggapi topik yang sudah ada, menggunakan emoji dan stiker, mengundang pengguna lainnya, dan mengirim pesan langsung ke pengguna lainnya. Membuat board di Telegram memiliki beberapa keuntungan, di antaranya mudah digunakan, lebih terorganisir, dan mempermudah komunikasi antar pengguna yang memiliki minat yang sama.

FAQs

1. Apa itu board di Telegram?

Board di Telegram adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat forum diskusi dengan topik tertentu.

2. Bagaimana cara membuat board di Telegram?

Untuk membuat board di Telegram, buka aplikasi Telegram, buka menu, pilih “New Group”, tambahkan teman atau pengguna lainnya, beri nama pada board, pilih tipe board, dan selesai.

3. Apa keuntungan membuat board di Telegram?

Keuntungan membuat board di Telegram antara lain mudah digunakan, lebih terorganisir, dan mempermudah komunikasi antar pengguna yang memiliki minat yang sama.

4. Bagaimana cara mengundang pengguna lainnya ke dalam board di Telegram?

Untuk mengundang pengguna lainnya ke dalam board di Telegram, kirimkan link undangan yang ada di bagian atas layar.

5. Apakah board di Telegram bisa dibuat privat?

Ya, board di Telegram bisa dibuat menjadi publik atau privat, tergantung dari kebutuhan dan tujuan pembuatnya.

Leave a Comment