Cara Mematikan Suara Kamera Samsung

Ketika kita mengambil foto atau merekam video menggunakan kamera Samsung, biasanya terdapat suara “klik” yang muncul ketika kita menekan tombol shutter. Namun, terkadang kita memerlukan mode yang lebih tenang dan tidak mengeluarkan suara. Ada beberapa cara untuk mematikan suara kamera pada perangkat Samsung. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan hal tersebut.

1. Cara Mematikan Suara Kamera Melalui Settings

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mematikan suara kamera Samsung adalah melalui pengaturan pada perangkat tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Kamera

Pertama-tama, buka aplikasi kamera Samsung pada perangkat Anda.

2. Buka menu Pengaturan

Setelah itu, klik ikon roda gigi pada bagian atas kanan layar untuk membuka menu pengaturan.

3. Matikan suara kamera

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari opsi “Suara” dan klik untuk mematikannya.

2. Cara Mematikan Suara Kamera Dengan Menekan Tombol Volume Down

Cara kedua adalah dengan menekan tombol volume down ketika kita ingin mengambil foto atau merekam video. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Kamera

Buka aplikasi kamera Samsung pada perangkat Anda.

2. Tekan tombol volume down

Ketika kita ingin mengambil foto atau merekam video, tekan tombol volume down pada sisi perangkat untuk mematikan suara kamera.

3. Cara Mematikan Suara Kamera Dengan Mode Senyap

Cara ketiga adalah dengan menggunakan mode senyap pada perangkat Samsung. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Kamera

Buka aplikasi kamera Samsung pada perangkat Anda.

2. Tekan dan tahan tombol suara

Tekan dan tahan tombol suara pada sisi perangkat untuk masuk ke mode senyap.

3. Ambil foto atau video

Nah, kini perangkat Anda telah masuk ke mode senyap dan siap untuk mengambil foto atau merekam video tanpa mengeluarkan suara.

4. Cara Mematikan Suara Kamera Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mematikan suara kamera pada perangkat Samsung. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan:

1. Silent Camera

Merupakan aplikasi kamera yang memungkinkan kita mengambil foto atau merekam video tanpa mengeluarkan suara. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

2. Camera MX

Aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk mengambil foto atau merekam video tanpa suara. Selain itu, terdapat fitur-fitur menarik lainnya seperti efek-efek kamera dan pengeditan video. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

5. Cara Mematikan Suara Kamera Dengan Menutup Suara Media

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk mematikan suara kamera Samsung adalah dengan menutup suara media pada perangkat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Kamera

Buka aplikasi kamera Samsung pada perangkat Anda.

2. Matikan suara media

Tekan tombol volume pada sisi perangkat dan klik ikon suara untuk mematikan suara media. Dengan begitu, suara kamera juga akan mati.

6. Cara Mematikan Suara Kamera Dengan Modifikasi Sistem

Metode terakhir adalah dengan melakukan modifikasi pada sistem perangkat Samsung. Namun, cara ini memerlukan akses root dan dapat merusak garansi pada perangkat Anda. Oleh karena itu, langkah ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan risiko Anda sendiri.

1. Unduh aplikasi file manager

Pertama-tama, unduh aplikasi file manager seperti ES File Explorer.

2. Buka folder sistem

Buka folder sistem pada perangkat Samsung dengan menggunakan aplikasi file manager.

3. Cari file Media.xml

Cari file Media.xml pada folder sistem dan klik untuk membukanya.

4. Ubah nilai “true” menjadi “false”

Pada bagian “Require-sound”, ubah nilai “true” menjadi “false”. Simpan perubahan yang telah dilakukan.

5. Restart perangkat

Restart perangkat untuk melakukan perubahan yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang beberapa cara untuk mematikan suara kamera pada perangkat Samsung. Cara-cara tersebut antara lain dengan mengatur pengaturan pada perangkat, menekan tombol volume down, menggunakan mode senyap, menggunakan aplikasi pihak ketiga, menutup suara media, dan melakukan modifikasi pada sistem perangkat. Pilihlah cara yang paling cocok untuk Anda dan pastikan untuk tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

FAQs

1. Apakah mematikan suara kamera pada perangkat Samsung ilegal?

Tidak, mematikan suara kamera pada perangkat Samsung tidak ilegal. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

2. Apakah setiap perangkat Samsung memiliki cara yang sama untuk mematikan suara kamera?

Tidak, cara mematikan suara kamera pada perangkat Samsung dapat berbeda-beda tergantung pada model dan versi perangkat yang digunakan. Namun, umumnya terdapat beberapa cara yang dapat digunakan untuk mematikan suara kamera pada perangkat Samsung.

3. Apakah cara mematikan suara kamera melalui modifikasi sistem dapat merusak perangkat?

Ya, mengubah file sistem pada perangkat dapat merusak garansi dan bahkan merusak perangkat secara permanen. Oleh karena itu, cara ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati dan menggunakan risiko Anda sendiri.

4. Apakah aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mematikan suara kamera aman digunakan?

Ya, umumnya aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk mematikan suara kamera aman digunakan. Namun, pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menggunakannya.

5. Apakah semua negara memperbolehkan penggunaan kamera tanpa suara?

Tidak, beberapa negara memiliki peraturan yang mengharuskan suara “klik” muncul ketika kita mengambil foto atau merekam video. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui aturan yang berlaku sebelum menggunakan perangkat kamera tanpa suara.

Leave a Comment