Cara Izin Tidak Masuk Kerja Lewat WA

Banyak alasan yang membuat seseorang tidak bisa masuk kerja. Terkadang sakit, terjebak macet, atau ada urusan mendadak. Nah, untuk memberi tahu pimpinan atau atasan, biasanya menggunakan aplikasi WhatsApp. Tapi bagaimana sih cara izin tidak masuk kerja lewat WA?

Persiapan Sebelum Mengirim Pesan

Sebelum mengirim pesan izin tidak masuk kerja lewat WA, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Cek Kebutuhan Surat Izin

Sebelum mengirim pesan, pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan atau atasan Anda membutuhkan surat izin atau tidak. Jika perlu, maka Anda harus membuat surat izin terlebih dahulu.

2. Siapkan Alasan yang Jelas

Pastikan alasan yang Anda berikan cukup jelas dan bisa diterima. Sehingga, atasan tidak merasa ragu untuk memberikan persetujuan izin. Misalnya, sakit, ada urusan keluarga, atau ada keperluan penting lainnya.

Cara Izin Tidak Masuk Kerja Lewat WA

Setelah Anda mempersiapkan beberapa hal di atas, berikut ini adalah cara izin tidak masuk kerja lewat WA:

1. Sampaikan Pesan dengan Jelas dan Singkat

Sampaikan pesan izin dengan jelas dan singkat. Hindari menggunakan kalimat yang bertele-tele. Contohnya seperti, “Maaf, saya sedang tidak enak badan dan merasa tidak bisa masuk kerja hari ini. Mohon izin tidak masuk kerja pada hari ini.”

2. Sampaikan Pesan Secepat Mungkin

Sampaikan pesan secepat mungkin, terutama jika Anda baru mengetahui tidak bisa masuk kerja pada saat pagi hari. Jangan sampai atasan Anda menunggu tanpa tahu kabar.

3. Jangan Mengirim Pesan Terlalu Larut Malam

Sebaiknya, jangan mengirim pesan izin terlalu larut malam. Selain tidak sopan, hal ini juga bisa mengganggu waktu istirahat atasan Anda.

Tips untuk Mendapatkan Persetujuan Izin

Agar permintaan izin Anda diterima, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Berikan Alasan yang Jelas dan Masuk Akal

Agar atasan Anda bisa memahami alasan Anda tidak bisa masuk kerja, berikan alasan yang jelas dan masuk akal. Hindari memberikan alasan yang berlebihan, seperti sakit padahal sebenarnya Anda hanya ingin liburan.

2. Beri Tahu Secepat Mungkin

Jangan menunda-nunda memberitahu atasan Anda. Beritahu secepat mungkin agar atasan bisa mencari pengganti atau bisa menyesuaikan jadwal.

3. Berikan Solusi atau Usulan Alternatif

Untuk memudahkan atasan Anda, berikan solusi atau usulan alternatif. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan dari rumah atau mengganti hari libur.

Kesimpulan

Memberitahu atasan atau pimpinan mengenai izin tidak masuk kerja lewat WA bisa menjadi pilihan yang mudah dan praktis. Namun, tetaplah memperhatikan etika dan sopan santun dalam memberikan pesan izin tersebut. Persiapkan terlebih dahulu apa yang perlu dipersiapkan dan sampaikan pesan dengan jelas dan singkat. Jangan lupa untuk memberikan alasan yang masuk akal, memberitahu secepat mungkin, dan memberikan solusi atau usulan alternatif agar atasan Anda bisa mempertimbangkan permintaan izin.

FAQs

1. Apakah harus memberikan alasan secara detail?

Tidak harus memberikan alasan secara detail, yang penting alasan tersebut jelas dan masuk akal.

2. Apakah harus memberikan solusi atau usulan alternatif?

Tidak harus, tetapi memberikan solusi atau usulan alternatif bisa membantu atasan Anda untuk mempertimbangkan permintaan izin Anda.

3. Apakah bisa mengirim pesan izin terlalu malam?

Sebaiknya tidak, hindari mengirim pesan izin terlalu larut malam agar tidak mengganggu waktu istirahat atasan Anda.

4. Apakah bisa mengirim pesan izin hanya dengan emoji?

Tidak disarankan, hindari menggunakan emoji untuk mengirim pesan izin. Lebih baik menggunakan bahasa yang jelas dan formal.

5. Apakah harus menunggu persetujuan atasan?

Iya, sebaiknya menunggu persetujuan dari atasan sebelum meninggalkan pekerjaan atau tidak masuk kerja.

Leave a Comment