Cara Buat Bootable Windows 10

Bootable USB atau DVD Windows 10 sangat berguna untuk menginstal sistem operasi pada komputer atau laptop. Cara membuat bootable Windows 10 cukup mudah dilakukan dengan menggunakan beberapa perangkat lunak atau aplikasi tertentu. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara membuat bootable Windows 10.

Bagian 1: Persiapan

1.1. Download ISO Windows 10

Langkah pertama untuk membuat bootable Windows 10 adalah dengan mengunduh file ISO dari situs resmi Microsoft. Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. File ISO Windows 10 tersedia dalam beberapa edisi, seperti Home, Pro, Education, dan Enterprise.

1.2. USB atau DVD kosong

Untuk menyimpan file ISO Windows 10, Anda memerlukan perangkat kosong seperti USB flash drive atau DVD. Pastikan perangkat tersebut memiliki ruang kosong yang cukup untuk menyimpan file ISO.

1.3. Software Pembuat Bootable

Untuk membuat bootable Windows 10, Anda perlu menggunakan perangkat lunak atau aplikasi khusus. Beberapa aplikasi populer yang dapat digunakan antara lain Rufus, Windows USB/DVD Download Tool, atau Universal USB Installer.

Bagian 2: Pembuatan Bootable Windows 10 dengan Rufus

2.1. Download Rufus

Langkah pertama adalah mengunduh Rufus dari situs web resminya. And dapat mengunduh Rufus melalui tautan https://rufus.ie/. Pastikan untuk mengunduh versi Rufus yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan.

2.2. Persiapkan USB Kosong

Sambungkan USB flash drive pada komputer atau laptop Anda dan pastikan bahwa USB flash drive tersebut telah diformat ulang dengan benar sehingga dapat digunakan sebagai media penyimpanan bootable. Pastikan bahwa USB flash drive tersebut telah terhubung dengan benar ke komputer atau laptop Anda.

2.3. Buka Aplikasi Rufus

Setelah Rufus berhasil diunduh, buka aplikasi tersebut pada komputer atau laptop Anda. Sebagai alternatif, klik kanan pada file Rufus yang telah diunduh dan pilih “Run as administrator”.

2.4. Pilih ISO Windows 10

Pada aplikasi Rufus, pilih file ISO Windows 10 yang telah diunduh pada Bagian 1.1. Kemudian, pastikan bahwa tipe partisi dan sistem file telah diatur dengan benar.

2.5. Pilih USB Drive

Pada bagian Device, pilih USB flash drive yang sudah disiapkan pada Bagian 2.2.

2.6. Mulai Proses Pembuatan Bootable

Sekarang Anda dapat memulai proses pembuatan bootable dengan mengklik tombol “Start”. Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan bootable selesai.

2.7. Selesai

Setelah proses pembuatan bootable selesai, Anda dapat melepas USB flash drive dari komputer atau laptop dan gunakan USB tersebut untuk menginstal Windows 10 pada komputer atau laptop lain.

Bagian 3: Pembuatan Bootable Windows 10 dengan Windows USB/DVD Download Tool

3.1. Download Windows USB/DVD Download Tool

Unduh aplikasi Windows USB/DVD Download Tool dari situs web resminya. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan https://www.microsoft.com/en-us/download/windows-usb-dvd-download-tool.

3.2. Install Windows USB/DVD Download Tool

Setelah selesai diunduh, buka file installer dan ikuti langkah-langkah instalasinya sampai aplikasi tersebut terinstal dengan benar pada komputer atau laptop Anda.

3.3. Persiapkan USB atau DVD

Hubungkan USB flash drive atau DVD kosong pada komputer atau laptop Anda dan pastikan bahwa perangkat tersebut telah diformat ulang sehingga dapat digunakan untuk pembuatan bootable.

3.4. Buka Windows USB/DVD Download Tool

Buka aplikasi Windows USB/DVD Download Tool pada komputer atau laptop Anda.

3.5. Pilih File ISO Windows 10

Pada aplikasi Windows USB/DVD Download Tool, pilih file ISO Windows 10 yang telah diunduh pada Bagian 1.1.

3.6. Pilih Media USB atau DVD

Pada langkah ini, pilih jenis media yang akan digunakan sebagai bootable. Pilih USB flash drive atau DVD, tergantung pada jenis media yang telah dipersiapkan pada Bagian 3.3. Setelah itu, klik “Begin Copying”.

3.7. Selesai

Setelah proses pembuatan bootable selesai, Anda dapat melepas USB flash drive atau DVD dari komputer atau laptop. Gunakan media bootable tersebut untuk menginstal Windows 10 pada komputer atau laptop lain.

Bagian 4: Pembuatan Bootable Windows 10 dengan Universal USB Installer

4.1. Download Universal USB Installer

Unduh aplikasi Universal USB Installer dari situs web resminya. Anda dapat mengunduhnya melalui tautan https://www.pendrivelinux.com/universal-usb-installer-easy-as-1-2-3.

4.2. Persiapkan USB Kosong

Pastikan USB flash drive yang akan digunakan telah diformat ulang agar dapat digunakan sebagai media penyimpanan bootable.

4.3. Buka Universal USB Installer

Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi Universal USB Installer pada komputer atau laptop Anda.

4.4. Pilih ISO Windows 10

Pada aplikasi Universal USB Installer, pilih file ISO Windows 10 yang telah diunduh pada Bagian 1.1.

4.5. Pilih USB Flash Drive

Pada bagian “Step 1”, pilih USB flash drive yang ingin digunakan sebagai media penyimpanan bootable.

4.6. Mulai Proses Pembuatan Bootable

Klik tombol “Create” untuk memulai proses pembuatan bootable. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

4.7. Selesai

Setelah proses pembuatan bootable selesai, Anda dapat melepas USB flash drive dari komputer atau laptop dan menggunakan media bootable untuk menginstal Windows 10 pada komputer atau laptop lain.

Bagian 5: Kesimpulan

Membuat bootable Windows 10 sangatlah penting untuk menginstal sistem operasi pada komputer atau laptop. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi atau perangkat lunak tertentu untuk membuat bootable Windows 10 dengan mudah. Pastikan untuk mengikuti panduan ini dengan cermat sehingga proses pembuatan bootable dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

FAQ

1. Apakah bootable Windows 10 bisa dibuat dalam format DVD?

Ya, Anda dapat membuat bootable Windows 10 dalam format DVD dengan menggunakan aplikasi seperti Rufus atau Windows USB/DVD Download Tool.

2. Apakah bootable Windows 10 hanya dapat dibuat dengan menggunakan USB Flash drive?

Tidak, Anda juga dapat membuat bootable Windows 10 dengan DVD kosong yang telah diformat ulang. Namun, DVD kosong biasanya kurang cepat dibandingkan USB flash drive dalam proses pembacaan dan penulisan data.

3. Apakah proses pembuatan bootable Windows 10 memerlukan koneksi internet?

Tidak, proses pembuatan bootable Windows 10 tidak memerlukan koneksi internet kecuali Anda harus mengunduh file ISO Windows 10 dari situs resmi Microsoft.

4. Apa saja aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bootable Windows 10?

Beberapa aplikasi populer untuk membuat bootable Windows 10 antara lain Rufus, Windows USB/DVD Download Tool, dan Universal USB Installer.

5. Apa saja versi Windows 10 yang tersedia?

Windows 10 tersedia dalam beberapa edisi, seperti Home, Pro, Education, dan Enterprise. Pilih versi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Comment