Bacaan Doa Kedua Orang Tua: Doa untuk Kesejahteraan Keluarga

Sebagai seorang muslim, membaca doa merupakan tindakan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Doa merupakan cara untuk berkomunikasi dengan Allah SWT dan memohon pertolongan serta rahmat-Nya. Salah satu doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca oleh setiap muslim adalah doa kedua orang tua. Bagi sebagian orang, membaca doa ini mungkin sudah menjadi kebiasaan sejak kecil. Namun, bagi sebagian lainnya, mungkin masih belum terlalu familiar dengan doa ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai bacaan doa kedua orang tua.

Apa itu Doa Kedua Orang Tua?

Doa kedua orang tua adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap kali seseorang meninggalkan rumah. Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi dan memberikan kesejahteraan kepada keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, doa ini juga mengandung harapan agar setiap anggota keluarga selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.

Bacaan Doa Kedua Orang Tua

Berikut adalah bacaan doa kedua orang tua yang bisa dilafalkan setiap kali seseorang meninggalkan rumah:

Arab

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

Latin

Bismillahi tawakkaltu ‘alallah wala haula wala quwwata illa billah

Terjemahan

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah dan tidak ada daya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Arti dari Bacaan Doa Kedua Orang Tua

Bacaan doa kedua orang tua memiliki arti penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah penjelasan mengenai arti dari doa ini:

1. Menyebut Nama Allah

Doa ini dimulai dengan menyebut nama Allah sebagai bentuk pengakuan bahwa segala sesuatu berasal dari-Nya dan atas segala sesuatu hanya Allah yang berkuasa.

2. Bertawakal kepada Allah SWT

Setelah menyebut nama Allah, doa ini mengandung permohonan untuk bisa selalu bertawakal kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi. Bertawakal kepada Allah artinya kita menyerahkan segala urusan kita kepada-Nya dan percaya bahwa hanya Allah yang bisa memberikan pertolongan dan jalan keluar dari segala permasalahan.

3. Memohon Lindungan dan Kesejahteraan Keluarga

Doa ini juga mengandung permohonan kepada Allah untuk melindungi dan memberikan kesejahteraan kepada keluarga yang ditinggalkan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai seorang muslim, kita selalu merasa khawatir dan prihatin atas keamanan dan kesejahteraan keluarga kita. Namun, dengan membaca doa ini, kita percaya bahwa Allah akan senantiasa menjaga dan melindungi mereka.

4. Mengingatkan pada Kekuasaan Allah SWT

Doa kedua orang tua juga mengandung pengingat bahwa atas segala sesuatu hanya Allah yang berkuasa dan mengatur segalanya. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai seorang muslim, kita selalu merasa yakin dan percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita adalah atas kehendak Allah dan hanya Dia yang bisa memberikan solusi dan jalan keluar dari segala permasalahan.

5. Menunjukkan Kepedulian terhadap Keluarga

Terakhir, doa kedua orang tua juga menunjukkan betapa besar kepedulian dan perhatian seorang muslim terhadap keluarganya. Dengan membaca doa ini, kita selalu berdoa agar keluarga kita selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.

Kapan Harus Membaca Doa Kedua Orang Tua?

Doa kedua orang tua dianjurkan untuk dibaca setiap kali seseorang meninggalkan rumah, entah itu untuk pergi bekerja, berangkat sekolah, atau melakukan perjalanan jauh. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca kapan saja, terutama ketika kita merasa khawatir atau prihatin atas keadaan keluarga kita.

Keutamaan Membaca Doa Kedua Orang Tua

Setiap amalan yang dilakukan oleh seorang muslim pasti memiliki keutamaan dan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Begitu pula dengan membaca doa kedua orang tua. Berikut adalah beberapa keutamaan yang bisa didapatkan dengan rutin membaca doa ini:

1. Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Dengan membaca doa kedua orang tua, kita memohon perlindungan dari Allah SWT untuk diri sendiri dan keluarga. Allah SWT akan senantiasa menjaga dan melindungi kita dari segala bahaya dan bencana.

2. Menambah Keimanan dan Ketakwaan

Membaca doa kedua orang tua secara rutin juga bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Dengan membaca doa ini, kita selalu ingat bahwa segala sesuatu adalah atas kehendak Allah dan kita selalu bertawakal kepada-Nya.

3. Menjaga Kesejahteraan Keluarga

Doa kedua orang tua juga bisa menjadi sarana untuk menjaga kesejahteraan keluarga. Dengan membaca doa ini, kita selalu berdoa agar keluarga kita selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT.

4. Menenangkan Hati dan Pikiran

Terakhir, membaca doa kedua orang tua juga bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati dan pikiran kita. Dengan percaya bahwa Allah senantiasa menjaga dan melindungi kita, kita bisa merasa tenang dan yakin dalam menghadapi segala permasalahan hidup.

Contoh Penggunaan Doa Kedua Orang Tua dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan doa kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari:

1. Sebelum Berangkat Sekolah atau Bekerja

Sebelum berangkat sekolah atau bekerja, bacalah doa kedua orang tua. Dengan membaca doa ini, kamu memohon perlindungan dan kesejahteraan dari Allah SWT selama beraktivitas di luar rumah.

2. Sebelum Meninggalkan Rumah untuk Perjalanan Jauh

Jika kamu akan melakukan perjalanan jauh, bacalah doa kedua orang tua sebelum meninggalkan rumah. Hal ini bisa menjadi sarana untuk memohon perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT selama dalam perjalanan.

3. Ketika Merasa Khawatir atau Prihatin atas Keluarga

Jika kamu merasa khawatir atau prihatin atas keadaan keluarga, bacalah doa kedua orang tua sebagai bentuk penghiburan dan solusi atas segala permasalahan yang sedang dihadapi.

NoPoin
1Doa kedua orang tua dianjurkan untuk dibaca setiap kali meninggalkan rumah
2Bacaan doa kedua orang tua:
– Arab: بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ
– Latin: Bismillahi tawakkaltu ‘alallah wala haula wala quwwata illa billah
– Terjemahan: Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah dan tidak ada daya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.
3Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi dan memberikan kesejahteraan kepada keluarga yang ditinggalkan
4Membaca doa kedua orang tua bisa menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT
5Bacalah doa kedua orang tua sebelum berangkat sekolah atau bekerja

Kesimpulan

Doa kedua orang tua adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap kali seseorang meninggalkan rumah. Doa ini mengandung permohonan kepada Allah SWT untuk melindungi dan memberikan kesejahteraan kepada keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, doa ini juga bisa menjadi sarana untuk menambah keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT serta menjaga kesejahteraan keluarga. Dengan membaca doa kedua orang tua secara rutin, kita bisa merasa tenang dan yakin dalam menghadapi segala permasalahan hidup.

FAQs

1. Apakah doa kedua orang tua harus dibaca setiap kali meninggalkan rumah?

Ya, doa kedua orang tua dianjurkan untuk dibaca setiap kali seseorang meninggalkan rumah, baik untuk pergi bekerja, berangkat sekolah, atau melakukan perjalanan jauh.

2. Apa saja keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca doa kedua orang tua?

Beberapa keutamaan yang bisa didapatkan dengan membaca doa kedua orang tua antara lain mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, menambah keimanan dan ketakwaan, menjaga kesejahteraan keluarga, serta menenangkan hati dan pikiran.

3. Apakah doa kedua orang tua hanya untuk muslim saja?

Doa kedua orang tua adalah doa dalam agama Islam, namun prinsip yang terkandung dalam doa ini dapat diadopsi oleh siapa saja, tanpa memandang agama atau kepercayaan.

4. Apakah doa kedua orang tua hanya untuk anak-anak?

Tidak, doa kedua orang tua dapat dibaca oleh siapa saja, tidak hanya anak-anak. Doa ini sangat dianjurkan untuk dibaca oleh seluruh anggota keluarga sebagai bentuk perlindungan dan doa untuk kesejahteraan keluarga.

5. Apakah membaca doa kedua orang tua wajib dilakukan?

Membaca doa kedua orang tua tidak termasuk dalam ibadah yang wajib dilakukan oleh muslim. Namun, membaca doa ini sangat dianjurkan sebagai bentuk pengakuan bahwa segala urusan kita hanya bergantung pada kehendak Allah SWT.

Disclaimer

Artikel ini merupakan artikel yang dibuat untuk tujuan informasi dan pengetahuan saja. Pembaca diharapkan untuk tidak menganggap artikel ini sebagai sumber panduan dalam beribadah atau mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari. Segala tindakan yang dilakukan berdasarkan artikel ini merupakan

Leave a Comment