Ada Berapa Rukun Shalat?

Shalat adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Shalat memiliki banyak manfaat, baik itu untuk kesehatan fisik maupun mental, serta sebagai bentuk penghambaan kepada Allah SWT. Dalam melaksanakan shalat, terdapat beberapa komponen yang harus dikerjakan, salah satunya adalah rukun shalat. Lantas, ada berapa rukun shalat?

Apa Itu Rukun Shalat?

Rukun shalat merupakan bagian dari shalat yang tidak boleh ditinggalkan oleh seorang muslim dalam melaksanakan shalat. Jika seseorang meninggalkan salah satu rukun shalat, maka shalatnya tidak sah dan harus diulang kembali. Rukun shalat terdiri dari beberapa bagian, di antaranya:

1. Niat

Niat merupakan keinginan dalam hati untuk melaksanakan shalat dengan mengikuti tata cara yang benar, serta berniat karena Allah SWT semata. Niat biasanya dilakukan di awal sebelum melaksanakan shalat.

2. Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram adalah membaca kalimat Allahu Akbar saat memulai shalat. Takbiratul Ihram menandakan dimulainya shalat dan seorang muslim harus mengucapkannya dengan tegas dan jelas.

3. Berdiri

Setelah membaca Takbiratul Ihram, seorang muslim harus berdiri (Qiyam) untuk memulai shalat. Qiyam adalah posisi awal dalam shalat.

4. Membaca Al-Fatihah

Al-Fatihah adalah surat yang wajib dibaca dalam setiap rakaat shalat. Al-Fatihah biasanya dibaca di awal sebelum membaca surat lainnya.

5. Rukuk

Rukuk adalah posisi membungkukkan badan dengan kedua tangan di atas lutut. Pada saat rukuk, seorang muslim harus membaca dzikir yang dianjurkan.

6. I’tidal

Setelah rukuk, seorang muslim harus kembali ke posisi berdiri dengan tegak dan membaca dzikir I’tidal.

7. Sujud

Sujud adalah posisi bersujud dengan kedua tangan, lutut dan kepala di atas lantai. Posisi sujud harus dilakukan dengan benar dan bertahap.

8. Duduk Antara Dua Sujud

Setelah sujud, seorang muslim harus duduk sejenak sebelum melanjutkan sujud kedua kalinya.

9. Tasyahud Awal

Tasyahud awal merupakan tasyahud yang dibaca di antara dua sujud. Pada saat tasyahud awal, seorang muslim harus duduk dengan baik dan benar.

10. Sujud Kedua

Sujud kedua adalah sujud terakhir dalam shalat sebelum melakukan tahiyat awal.

11. Tahiyat Awal

Tahiyat awal merupakan bacaan doa setelah selesai melakukan dua rakaat shalat. Tahiyat awal dibaca dengan duduk bersila di atas kedua lutut.

12. Tasyahud Akhir

Setelah membaca tahiyat awal, seorang muslim harus membaca tasyahud akhir. Tasyahud akhir biasanya dibaca saat posisi duduk.

13. Salam

Setelah membaca tasyahud akhir, seorang muslim harus membaca salam di sebelah kanan dan kiri. Salam menandakan berakhirnya shalat.

Bagaimana Cara Melakukan Rukun Shalat dengan Benar?

Untuk melaksanakan rukun shalat dengan benar, seorang muslim harus memperhatikan beberapa hal. Berikut ini adalah cara melaksanakan rukun shalat dengan benar:

1. Niat yang Benar

Niat harus dilakukan dengan benar sebelum melaksanakan shalat. Seorang muslim harus memiliki niat yang tulus dan ikhlas untuk melaksanakan shalat karena Allah SWT semata.

2. Takbiratul Ihram yang Jelas

Takbiratul Ihram harus dilakukan secara jelas dan tegas agar shalat dapat dimulai dengan baik.

3. Berdiri dengan Tegak

Seorang muslim harus berdiri dengan tegak saat memulai shalat. Posisi kaki dan tangan harus disesuaikan agar tidak terjadi kesalahan dalam melaksanakan shalat.

4. Membaca Al-Fatihah dengan Khusyuk

Membaca Al-Fatihah harus dilakukan dengan khusyuk dan mengikuti tajwid yang benar. Al-Fatihah adalah rukun shalat yang sangat penting dan harus diperhatikan dengan baik.

5. Rukuk dengan Benar

Rukuk harus dilakukan dengan benar dan sempurna. Posisi badan harus membungkuk dengan baik dan mengucapkan dzikir rukuk dengan jelas.

6. Sujud dengan Tepat

Sujud harus dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi kesalahan. Posisi kepala, tangan dan lutut harus disesuaikan dengan baik agar sujud dapat dikerjakan dengan benar.

7. Duduk dengan Tegak

Setelah sujud, seorang muslim harus duduk dengan tegak sebelum melanjutkan sujud kedua kalinya. Duduk harus dilakukan dengan baik dan benar.

8. Membaca Tasyahud Awal dengan Jelas

Tasyahud awal harus dibaca dengan jelas dan tepat. Posisi duduk harus disesuaikan agar tasyahud dapat dikerjakan dengan benar.

9. Membaca Tasyahud Akhir dengan Lancar

Tasyahud akhir harus dibaca dengan lancar dan jelas. Posisi duduk harus disesuaikan agar tasyahud dapat dikerjakan dengan benar.

10. Membaca Salam dengan Tegas

Salam harus dibaca dengan tegas dan jelas agar shalat dapat berakhir dengan baik.

Table Rukun Shalat

NoRukun Shalat
1Niat
2Takbiratul Ihram
3Berdiri
4Membaca Al-Fatihah
5Rukuk
6I’tidal
7Sujud
8Duduk Antara Dua Sujud
9Tasyahud Awal
10Sujud Kedua
11Tahiyat Awal
12Tasyahud Akhir
13Salam

Kesimpulan

Rukun shalat merupakan bagian dari shalat yang harus dikerjakan dengan benar dan sempurna. Ada 13 rukun shalat yang harus diperhatikan oleh seorang muslim dalam melaksanakan shalat. Dalam melaksanakan rukun shalat, seorang muslim harus memperhatikan tata cara dan posisi yang benar agar shalat dapat dilakukan dengan baik dan sah.

FAQs

1. Berapa jumlah rukun shalat?

Ada 13 rukun shalat yang harus dilakukan oleh seorang muslim dalam melaksanakan shalat.

2. Apa akibatnya jika meninggalkan salah satu rukun shalat?

Jika meninggalkan salah satu rukun shalat, maka shalat tidak sah dan harus diulang kembali.

3. Apa itu Takbiratul Ihram?

Takbiratul Ihram adalah membaca kalimat Allahu Akbar saat memulai shalat. Takbiratul Ihram menandakan dimulainya shalat dan seorang muslim harus mengucapkannya dengan tegas dan jelas.

4. Apa itu Tasyahud Awal?

Tasyahud awal merupakan tasyahud yang dibaca di antara dua sujud. Pada saat tasyahud awal, seorang muslim harus duduk dengan baik dan benar.

5. Apa itu Salam?

Salam adalah kalimat yang dibaca di sebelah kanan dan kiri saat berakhirnya shalat.

Disclaimer

Artikel ini hanya bersifat informatif dan tidak dapat dijadikan sebagai rujukan utama dalam mengetahui rukun shalat. Seorang muslim sebaiknya memperdalam ilmu agamanya dengan mengikuti pengajian atau kursus agama yang terpercaya.

Leave a Comment