10 Doa Sehari-hari

Sebagai seorang muslim, doa sehari-hari sangatlah penting untuk kita amalkan. Selain sebagai bentuk ibadah yang sangat mudah dilakukan, doa juga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup kita. Berikut adalah 10 doa sehari-hari yang dapat kita amalkan:

1. Doa Bangun Tidur

Doa bangun tidur adalah doa yang sangat penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita memulai hari dengan penuh semangat dan keberkahan. Berikut adalah doa bangun tidur:

Bismillahilladzi laa ilaaha illaa huwa

Artinya: Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia.

Setelah itu, kita membaca doa:

Alhamdulillaahilladzi ahyanaa ba’da maa amatanaa wa ilaihin nushuur

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami akan kembali.

2. Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Berikut adalah doa masuk kamar mandi:

Bismillahilladzi laa ilaaha illaa huwa

Artinya: Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia.

Setelah itu, kita membaca doa:

Allahumma innii a’udzu bika minal khubutsi wal khabaaitsi

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan syetan yang terkutuk dan dari segala keburukan.

3. Doa Keluar Kamar Mandi

Doa keluar kamar mandi juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Berikut adalah doa keluar kamar mandi:

Ghofrannak

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku.

4. Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan sangat penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita menghargai nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Berikut adalah doa sebelum makan:

Bismillahirrahmanirrahim

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

5. Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita mengucapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Berikut adalah doa sesudah makan:

Alhamdulillahilladzi ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang beriman.

6. Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita menjaga keberkahan dalam rumah kita. Berikut adalah doa masuk rumah:

Bismillahi walajnaa, wa bismillahi kharajnaa, wa ‘alaa rabbinaa tawakkalnaa

Artinya: Dengan nama Allah kami masuk, dengan nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah kami bertawakkal.

7. Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita menjaga keselamatan dan keberkahan dalam perjalanan kita. Berikut adalah doa keluar rumah:

Bismillahi tawakkaltu ‘alaa Allah, wala haula wala quwwata illa billah

Artinya: Dengan nama Allah aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

8. Doa Masuk Masjid

Doa masuk masjid juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dalam ibadah kita. Berikut adalah doa masuk masjid:

Bismillah, wassalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, Allahumma iftah li abwaba rahmatik

Artinya: Dengan nama Allah, semoga shalawat dan salam terlimpah kepada Rasulullah. Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.

9. Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur sangat penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita mendapatkan tidur yang nyenyak dan bangun dengan penuh semangat. Berikut adalah doa sebelum tidur:

Bismika Allahumma ahya wa bismika amuutu

Artinya: Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati.

10. Doa Bangun Tengah Malam

Doa bangun tengah malam juga penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dalam ibadah kita. Berikut adalah doa bangun tengah malam:

La ilaha illallahul halimul kariim, la ilaha illallahul ‘aliyyul ‘adzim, subhanallahil kariim, subhanallahi rabbil ‘arshil ‘adzim

Artinya: Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia, tiada Tuhan selain Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung, Maha Suci Allah yang Maha Mulia, Maha Suci Allah Tuhan Pemilik Arsy yang Agung.

Tabel Doa Sehari-hari

No.Doa
1Doa Bangun Tidur
2Doa Masuk Kamar Mandi
3Doa Keluar Kamar Mandi
4Doa Sebelum Makan
5Doa Sesudah Makan
6Doa Masuk Rumah
7Doa Keluar Rumah
8Doa Masuk Masjid
9Doa Sebelum Tidur
10Doa Bangun Tengah Malam

Kesimpulan

Doa sehari-hari sangatlah penting untuk kita amalkan sebagai seorang muslim. Dalam artikel ini, telah dijelaskan 10 doa sehari-hari yang dapat kita amalkan, mulai dari doa bangun tidur hingga doa bangun tengah malam. Dengan mengamalkan doa sehari-hari tersebut, kita dapat memulai dan mengakhiri hari dengan penuh semangat dan keberkahan.

FAQs

1. Apa itu doa sehari-hari?

Doa sehari-hari adalah doa yang diamalkan setiap hari untuk mendapatkan keberkahan dan ketenangan dalam hidup kita.

2. Mengapa doa sehari-hari penting untuk diamalkan?

Doa sehari-hari penting untuk diamalkan karena dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dalam hidup kita dan mendapatkan ketenangan dalam hati.

3. Berapa banyak doa sehari-hari yang harus diamalkan?

Tidak ada jumlah pasti doa sehari-hari yang harus diamalkan. Namun, minimal kita dapat mengamalkan 10 doa sehari-hari yang telah dijelaskan dalam artikel ini.

4. Dapatkah doa sehari-hari membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh?

Ya, doa sehari-hari dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh karena banyak doa yang berkaitan dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita.

5. Apa manfaat dari mengamalkan doa sehari-hari?

Manfaat dari mengamalkan doa sehari-hari adalah dapat membantu kita mendapatkan keberkahan dalam hidup kita, menjaga kesehatan tubuh, dan mendapatkan ketenangan dalam hati.

Disclaimer

Informasi yang terdapat dalam artikel ini hanya bersifat informasional dan bukan merupakan nasihat medis atau keagamaan. Sebelum mengamalkan doa sehari-hari, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli agama atau dokter untuk mendapatkan nasihat yang lebih terperinci dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Leave a Comment